3 amunisi Go-Jek tembus ranah gaya hidup: Go-Glam, Go-Clean, Go-Massage

Pradipta Nugrahanto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

3 amunisi Go-Jek tembus ranah gaya hidup: Go-Glam, Go-Clean, Go-Massage
Go-Jek ekspansi ke reservasi layanan personal: Go-Glam, Go-Clean, Go-Massage, dan Go-Box

JAKARTA, Indonesia — Bila kamu sudah mengunduh update aplikasi Go-Jek per 5 Oktober 2015, pasti kamu melihat ada perbedaan tampilan pada aplikasinya. Ada Go-Glam, Go-Clean, dan Go-Massage. 

Apakah ini artinya predikat Go-Jek akan bergeser dari layanan booking transportasi ke reservasi layanan personal?

Yovita Liwanuru, staf humas dari ketiga layanan tersebut, mengatakan bila langkah ini ditempuh sebagai bentuk inisiatif CEO Go-Jek Nadiem Makarim untuk mengembangkan bisnis Go-Jek.

“Selama ini kebanyakan orang tahunya Go-Jek, ya buat booking ojek. Tapi di belakang itu Nadiem punya misi mengembangkan bisnisnya dan akhirnya lahir ekspansi ini,” kata Yovita.

Apa perbedaan ketiganya?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang diusung oleh Go-Glam, Go-Clean, dan Go-Massage. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Go-Glam
    Layanan ini menyasar kaum hawa yang kerap membutuhkan perawatan dan layanan dari salon, tapi tidak memiliki waktu karena kesibukan beraktivitas. Layanan yang disediakan mulai dari pangkas rambut, manicure-pedicure, sampai make-up. Cocok juga untuk kamu yang akan menghadiri pernikahan atau event penting lain seperti wisuda.
  • Go-Clean
    Sesuai namanya, layanan ini merupakan jasa bersih-bersih baik hunian pribadi maupun kantor. Paket yang disediakan pun beragam, mulai dari sekadar menyapu dan mengepel, membersihkan kamar mandi, mencuci perabotan dapur, sampai membersihkan kamar mandi. Bila kamu baru saja menggelar pesta atau acara kumpul-kumpul di rumah dan tidak sempat bersih-bersih, layanan ini cukup menarik untuk dicoba.
  • Go-Massage
    Hanya dengan membaca sekilas namanya, pasti kamu sudah menebak bila layanan ini merupakan layanan pijat by request. Kamu bisa memilih beragam jenis pijat, mulai dari refleksi sampai beragam pijat kesehatan lainnya.

Merekrut dua dara

Saat ini, tiga layanan Go-Jek berbau gaya hidup ini berada di bawah Co-Head Windy Natriavi dan Dayu Dara Permata. “Mereka adalah konseptor yang melahirkan ide-ide dari layanan baru Go-Jek,” kata Yovita.

Salah satu alasan dipilihnya wanita sebagai pemimpin yang menggawangi tiga layanan ini adalah karena sebagian produk yang dihadirkan Go-Jek membidik pasar kaum hawa sebagai konsumen utama mereka.

Bidik pengguna kelas atas

Berbeda dengan Go-Ride (booking ojek) yang membidik segala kalangan pengguna smartphone, Go-Clean, Go Glam, dan Go-Massage justru membidik pengguna kelas atas. 

“Tarif yang dikenakan untuk tiap-tiap layanan berkisar dari Rp 60.000 sampai Rp 200.000,” ujar Yovita.

Untuk menarik pengguna dari segmen yang berbeda ini, Go-Jek jelas harus menerapkan sejumlah strategi. 

“Salah satunya dengan pendekatan ke komunitas, juga sejumlah event offline yang cocok,” katanya.

Terkait keamanan dan kualitas service, layaknya Go-Ride, untuk bisa bergabung menjadi staf ketiga layanan baru ini juga harus melalui sejumlah tes. 

“Kami tidak sembarangan merekrut orang. Kesemuanya sudah diketahui latar belakangnya, pengalaman, dan tingkat kompetensinya,” ucap Yovita.

Pihak Go-Jek sendiri menjamin privasi pengguna akan tetap terjaga dengan adanya evaluasi dan layanan konseling secara berkala bagi setiap stafnya. Saat ini, ketiga layanan ini baru memiliki 750 staf dan baru beroperasi di Jabodetabek saja. 

“Karena masih soft launching, kami baru memiliki 750 staf. Namun di awal tahun 2016 kami menargetkan ada 5.000 staf,” ujar Yovita.

Satu lagi, Go-Box

Berbarengan dengan soft launching ketiga layanan yang berhubungan dengan gaya hidup ini, Go-Jek juga meluncurkan Go-Box, layanan untuk memesan mobil pickup, mobil boks, truk engkel, dan truk engkel boks untuk antar maupun kirim barang dalam jumlah besar. 

Bila kamu menggunakan layanan Go-Box, saat ini kamu bisa menikmati potongan harga sebesar 20 persen hingga 5 November 2015 mendatang.

Bagaimanapun, ekspansi layanan Go-Jek di ranah gaya hidup ini akan menghadapi sejumlah kompetitor seperti Seekmi dan Tukang Bersih yang juga menyediakan layanan bersih-bersih. Sementara kedua layanan lain dari Go-Jek yaitu Go-Massage dan Go-Glam hampir bisa dibilang belum memiliki kompetitor langsung. 

Jadi, layanan baru apa yang paling menarik untuk kamu gunakan? —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia.

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!