Mixed Martial Arts

Grand Prix F1 Rusia: Mercedes pastikan raih gelar juara dunia konstruktor

Haryo Wisanggeni
Grand Prix F1 Rusia: Mercedes pastikan raih gelar juara dunia konstruktor
Balapan berakhir dengan kemenangan Hamilton (Mercedes), diikuti Vettel (Ferrari) di posisi kedua dan Perez (Force India) di tempat ketiga

JAKARTA, Indonesia — (UPDATED) Lewis Hamilton (Mercedes) sukses memenangi Grand Prix F1 Rusia yang berlangsung di Sirkuit Sochi Autodrom pada Minggu 11 Oktober. Selain itu, tim Mercedes juga berhasil memastikan diri meraih gelar juara dunia konstruktor musim ini. 

Sebelumnya syarat unggul tiga poin dari Ferrari tak terpenuhi. Justru Ferrrari yang unggul tiga poin atas Mercedes kali ini dengan menempatkan dua pembalapnya masing-masing di posisi dua dan lima. Hamilton sendiri menjadi satu-satunya kontributor poin Mercedes karena rekan setimnya Nico Rosberg harus keluar dari balapan pada lap ketujuh. 

Namun setelah Kimi Raikkonen (Ferrari) dijatuhi sanksi penalti dan harus turun dari posisi lima ke delapan, gelar juara dunia konstruktor musim dipastikan menjadi milik Mercedes.

Raikkonen dijatuhi sanksi karena dinilai sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam insiden kecelakaan dengan Valtterie Bottas (Williams). 


Baru dimulai, Grand Prix F1 Rusia langsung menyajikan “drama” saat Nico Hulkenberg (Force India) kehilangan kontrol dan memicu terjadinya tabrakan. Safety car pun masuk lintasan. 


Memasuki lap ketujuh, pimpinan balapan Rosberg mengalami masalah dengan pedal rem mobilnya dan terpaksa keluar dari balapan. Posisi Rosberg diambil alih rekan setimnya Hamilton. 

Di lap ke-53, lagi-lagi safety car harus masuk ke lintasan karena terjadi kecelakaan. Kali ini, Romain Grosjean (Lotus) yang mengalaminya.


Memasuki lap ke-25, Hamilton mulai mengamankan posisinya di urutan pertama. Duel seru justru tersaji di belakangnya.

Sebastian Vettel (Ferrari) di posisi ketiga terus menekan Valtteri Bottas (Williams) yang ada di posisi kedua hingga jarak keduanya tinggal 1,1 detik. Vettel akhirnya sukses merebut posisi kedua saat Bottas masuk ke pit di lap ke-31

Mendekati akhir balapan, persaingan di belakang Hamilton kian sengit. Sergio Perez (Force India) dan Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) ikut meramaikannya. Hingga lap ke-45, Vettel masih memimpin pertarungan perebutan tempat kedua ini sekaligus membuka peluang untuk menyalip Rosberg di klasemen pembalap.


Ricciardo terlempar dari persaingan di lap ke-50. Mobilnya mengalami masalah yang membuat pembalap berpaspor Australia ini harus meninggalkan balapan.

Balapan berakhir dengan kemenangan Hamilton, diikuti Vettel di posisi kedua dan Perez di tempat ketiga. Perez mengunci posisi podiumnya secara dramatis di saat-saat akhir balapan ketika naik dari posisi lima ke tiga dengan mendahului Bottas dan Kimi Raikkonen (Ferrari) yang saling berbenturan. 


— Rappler.com

Baca juga: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.