Pasangan sesama jenis menikah di Boyolali, belum terdaftar resmi

Rappler.com
Pasangan sesama jenis menikah di Boyolali, belum terdaftar resmi
Perangkat desa setempat: Tidak mungkin diberi izin, nantinya melegalkan pernikahan sesama jenis

JAKARTA, Indonesia — Sebuah pernikahan sesama jenis dilaporkan berlangsung di Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, antara Ratu Airin Karla dan Dumani. Keduanya berjenis kelamin laki-laki.

Meski telah melangsungkan resepsi, Airin dan Dumani belum memperoleh surat pengantar nikah dari Desa Cluntang sebagai syarat untuk mengurus surat nikah, paling tidak berdasarkan keterangan Suryati, seorang perangkat Desa.

“Tidak mungkin diberi izin, kan nantinya melegalkan pernikahan sesama jenis,” kata Suryati, Minggu, 11 Oktober, sebagaimana dikutip oleh media.  

Suryati juga menjelaskan bahwa pihak keluarga sebenarnya sudah menentang rencana pernikahan ini, tetapi Airin tetap bersikukuh untuk melaksanakannya.

Lepas dari legalitas pernikahan mereka dan tentangan pihak keluarga, salah seorang rekan mempelai yang bernama Ratno menjelaskan bahwa tujuan diadakannya resepsi adalah sebagai ekspresi rasa syukur pasangan Airin-Dumani. 

“Tasyakuran saja, cuma jelasin-nya juga gimana ya,” katanya. 

Pernikahan sesama jenis memang belum mungkin untuk dilangsungkan di Indonesia berdasarkan regulasi yang berlaku di tanah air. Bagaimanapun, Airin dan Dumani bukan pasangan sesama jenis pertama yang diketahui telah menikah di Indonesia. 

September lalu, sempat beredar foto pasangan sejenis Joe Tully dan Tiko Mulya yang diduga tengah menggelar resepsi pernikahan di Bali.

Belakangan berdasarkan penelusuran Rappler, Tully dan Tiko sebelumnya telah menggelar resepsi pernikahan di Old Daley on Crooked Lake di Averill Park, New York, Amerika Serikat, pada 26 Juni 2015. Amerika Serikat memang telah resmi melegalkan pernikahan sesama jenis pada 26 Juni.  — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.