Belanda tak lolos ke putaran final Euro 2016

Rappler.com
Belanda tak lolos ke putaran final Euro 2016
Di laga penentuan melawan Ceko, target menang gagal diraih Tim Oranye. Sementara itu Turki menang atas Islandia

JAKARTA, Indonesia — Untuk pertama kalinya sejak 1984, tim nasional Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro). Impian Tim Oranye—julukan tim nasional Belanda—untuk berlaga di Perancis 2016 kandas usai kalah 2-3 dari Republik Ceko di pertandingan pamungkas babak kualifikasi Grup A.

Sementara itu, Turki berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Islandia.

Tadinya agar berpeluang lolos, Belanda wajib menang dalam pertandingan menjamu Ceko dan Turki harus kalah dari Islandia. Hasil tersebut akan menempatkan Belanda di peringkat ketiga sehingga berhak maju ke babak playoff bulan depan.

Datang dengan target menang, Belanda justru sudah tertinggal pada menit ke-24 saat Pavel Kaderabek mencetak gol untuk Ceko. Josef Sural menggandakan keunggulan tim tamu sebelas menit berselang. Belanda kian terpuruk saat penyerang mereka Robin Van Persie malah mencetak gol ke gawang sendiri di menit ke-66.

Klaas-Jan Huntelaar dan Van Persie belakangan berhasil mencetak masing-masing satu gol pada menit ke-70 dan 83 untuk mengubah kedudukan menjadi 2-3. Namun hingga peluit panjang berbunyi, Ceko berhasil mempertahankan keunggulan satu golnya. 

Merespon hasil negatif ini, pelatih Belanda Danny Blind menegaskan dirinya tak berniat untuk mengundurkan diri. 

Saya tidak berniat untuk mengundurkan diri. Saya akan membawanya dengan pekerjaan saya karena saya dikontrak sampai 2018 dan saya percaya pada tim ini,” kata Blind, yang menggantikan Guus Hiddink pada Juli. laporan Antara/Rappler.com

 

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.