Menlu: Jokowi dipastikan tak akan bertemu Freeport di Amerika Serikat

Rappler.com
Menlu: Jokowi dipastikan tak akan bertemu Freeport di Amerika Serikat
Jokowi memang akan bertemu pengusaha di AS, tapi perwakilan Freeport tak masuk di dalamnya

 

JAKARTA, Indonesia — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan pemerintah Indonesia tidak akan membahas isu terkait Freeport saat berkunjung ke Amerika Serikat.

“Dari Indonesia, kita tidak akan membahas soal itu,” kata Retno dalam konferensi pers di Washington DC, AS, Minggu malam, 25 Oktober.

Sebelumnya sempat berhembus kabar bahwa dalam kunjungan pertamanya ke AS, Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan melakukan pertemuan dengan perwakilan Freeport McMoran.

Isu ini ramai dibicarakan mengingat pemerintah Indonesia baru-baru ini memberi izin bagi PT Freeport Indonesia untuk melanjutkan operasi hingga 2021.

“Yang beredar selama ini di media adalah Presiden akan mengadakan makan pagi dengan Freeport, saya ingin sampaikan itu tidak benar,” kata Retno.

Ia menegaskan Jokowi memang akan melakukan pertemuan bisnis dengan ratusan pengusaha di AS, namun Freeport tidak termasuk di dalamnya.

“Intinya satu, kita datang ke sini sebagai negara besar, jadi kunjungan ke AS kita harapkan manfaatnya akan dirasakan tidak hanya bagi dua negara tapi untuk dunia,” katanya.

Ia mengakui bahwa soal ekonomi menjadi prioritas dalam kunjungan Presiden Jokowi ke AS yang dijadwalkan hingga 30 Oktober 2015. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.