Jokowi hentikan pemberian izin konsesi perkebunan sawit

Rappler.com
Jokowi hentikan pemberian izin konsesi perkebunan sawit

EPA

'Tidak ada lagi pemberian izin konsesi membuka perkebunan sawit di lahan gambut. Pemerintah akan melakukan moratorium,' kata Jokowi

PALEMBANG, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan pemerintah telah menghentikan pemberian izin konsesi perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri di lahan gambut, menyusul kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

“Tidak ada lagi pemberian izin konsesi membuka perkebunan sawit di lahan gambut. Pemerintah akan melakukan moratorium,” kata Jokowi dalam pertemuan khusus dengan sejumlah pemimpin redaksi media cetak di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam, 29 Oktober.

Ia menjelaskan bahwa izin konsesi perkebunan di lahan gambut saat ini sudah mencapai 8,2 juta hektar, atau dalam sepuluh tahun terakhir ini terjadi penambahan 6,3 juta hektar.

Menurutnya, kalau pun ada pemberian izin konsesi perkebunan di lahan gambut itu sudah mendapat sertifikasi. Itu pun jenis tanaman, bukan komoditas kelapa sawit, tetapi kayu-kayuan seperti kayu ramin sebagai tanaman penghijauan.

Jokowi juga memerintahkan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya agar memperketat semua bentuk perizinan tentang kehutanan dan perkebunan dan merevisi izin-izin yang telah dikeluarkan.

“Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup saya minta untuk merevisi kembali izin-izin tentang kehutanan dan perkebunan, sehingga masalah kebakaran hutan dan lahan seperti yang terjadi saat ini tidak terulang lagi masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Siti mengatakan perusahaan perkebunan yang lahannya terbakar harus melakukan pemadaman hingga tuntas dan memperbanyak kanal-kanal sebagai sumber air, serta melengkapi peralatan pemadaman api.

“Mereka harus bertanggung jawab sendiri jika lahannya terbakar,” kata Siti.

Jokowi beserta sejumlah menteri tiba di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis pagi, setibanya dari Amerika Serikat setelah melakukan kunjungan bilateral. 

Dalam kunjungannya di Sumsel, ia meninjau kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Ilir dan Kayu Agung, sekitar 40 kilometer dari Kota Palembang.

Di Kayu Agung, Jokowi mengadakan pertemuan dengan pejabat pemerintah kabupaten setempat, dan meninjau rumah sakit, rumah singgah, dan korban akibat kabut asap. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.