MUI minta masyarakat tobat agar turun hujan

Rappler.com
MUI minta masyarakat tobat agar turun hujan
Salat Istisqo atau minta hujan digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta, atas inisiatif Wakil Presiden Jusuf Kalla

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin meminta masyarakat bertobat atau menyesali perbuatan dengan sungguh-sungguh agar hujan segera turun dan mengakhiri kekeringan yang melanda selama tiga bulan terakhir.

 

“Kami mengajak masyarakat untuk memohon ampun dengan sungguh-sungguh dan mengisi setiap kesempatan dengan amal agar cobaan kekeringan segera berakhir menjadi turunnya hujan sebagai rahmat,” kata Ma’ruf Amin dalam sambutannya setelah salat Istisqo, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu, 

 

Ketua MUI yang baru terpilih Agustus lalu tersebut mengungkapkan perilaku manusia yang banyak melanggar ketentuan Allah SWT ini bisa menjadi penyebab kekeringan berkepanjangan hingga terjadi krisis air.

 

Masyarakat dari berbagai latar belakang, kata Ma’ruf, contohnya pejabat belum maksimal melaksanakan tugas dalam memberi pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

 

“Contoh perbuatan yang melanggar ketentuan ini menjadi penyebab dicabutnya keberkahan yang diberikan Allah SWT,” kata Ma’ruf.

 

Kementerian Agama pun telah mengimbau Kantor Wilayah Kemenag dan Kantor Kabupaten Kemenag serta seluruh madrasah untuk menunaikan salat Istisqo meskipun beberapa tempat sudah mulai turun hujan yang sifatnya tidak tentu.

 

Kegiatan salat Istisqo di Masjid Istiqlal hari ini diinisiasi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Pelaksanaan salat Istisqo tersebut diinisiasi langsung oleh Wapres dengan harapan agar Allah segera menurunkan hujan dan mengakhiri musim kemarau yang panjang di Indonesia,” kata Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin melalui pernyataan pers.

Sejumlah menteri juga turut melaksanakan salat Istisqo, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, serta Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

“Semoga apa yang kita alami di bulan-bulan terakhir bisa diakhiri dan Allah menurunkan berkah dan anugerah dalam bentuk hujan di semua wilayah tanah air,” kata Lukman saat menyampaikan kata sambutan sebelum salat dilaksanakan. 

Ia mengatakan, salat Istisqo hari ini merupakan kali kedua di Masjid Istiqlal setelah yang pertama pada 11 September lalu. 

Meski hujan telah terjadi di sebagian wilayah Indonesia, Lukman mengatakan masyarakat harus tetap ikhtiar agar kekeringan dan bencana asap yang terjadi sejak beberapa waktu lalu segera berakhir. 

Salat Istisqo ini dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai kalangan, baik itu keluarga hingga murid dari madrasah-madrasah. 

Sebelumnya, sejumlah pimpinan DPR, anggota DPR, dan para pegawai Sekretariat Jenderal DPR melaksanakan salat Istisqo di lapangan area MPR/DPR RI, Jakarta, pada Jumat, 30 Oktober. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.