Indonesia

Belgia tangkap sejumlah terduga pelaku teror di Paris

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Belgia tangkap sejumlah terduga pelaku teror di Paris

EPA

Diyakini salah seorang dari orang-orang yang ditangkap di Brussels, Belgia, berada di Paris saat terjadi penyerangan

BRUSSELS, Belgia — Polisi Belgia menangkap beberapa tersangka di Brussels, Sabtu waktu setempat, 14 November, menyusul penggerebekan yang berkaitan dengan serangan teror di Paris, termasuk salah seorang yang berada di ibu kota Perancis itu sewaktu serangan teror terjadi.

Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengatakan kepada media bahwa penangkapan itu berkaitan dengan “dugaan kendaraan-kendaraan” yang teridentifikasi oleh investigasi polisi Perancis menyangkut serangan teror yang menewaskan sedikitnya 129 orang.

Kemungkinan kaitan ke serangan baru Paris ini membangkitkan kekhawatiran bahwa Belgia telah menjadi sarang militan, hanya beberapa bulan setelah serangan ke majalah Charlie Hebdo dan upaya serangan gagal Agustus silam ke kereta rute Amsterdam-Paris.

“Sebuah kasus segera dibuka berkaitan dengan dugaan kendaraan di Paris, untuk memeriksa orang-orang yang berkaitan dengan kendaraan-kendaraan itu. Sudah ada beberapa penangkapan,” kata Michel, seperti dikutip AFP.

“Diyakini atau diduga salah seorang dari orang-orang ini berada di Paris malam lalu.”

Menteri Hukum Belgia Koen Geens mengatakan kepada media bahwa penangkapan di kawasan Molenbeek itu “bisa dianggap ada kaitannya dengan sebuah mobil Polo abu-abu yang disewakan di Belgia” yang ditemukan berada dekat gedung konser Bataclan di Paris, di mana ratusan orang terbunuh.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh seorang jaksa di Paris, Francois Molins, yang mengatakan salah satu kendaraan yang digunakan dalam serangan teror Jumat malam waktu setempat itu terdaftar di Belgia dan disewa oleh seorang warga Perancis yang tinggal di Belgia.

Tiket parkir dari Molenbeek ditemukan di dalam mobil itu bersama pelat lisensi Belgia.

Di Paris, beberapa saksi mata menyatakan bahwa beberapa dari penyerang itu tiba dengan menumpang sebuah kendaraan dengan pelat nomor Belgia.

Media Belgia melaporkan bahwa tiga orang ditangkap dalam penggerebekan itu, namun jumlah pastinya belum diumumkan secara resmi. —Laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!