World Cup

KPU: Pilkada serentak, warga desa lebih antusias dari pada kota

Sakinah Ummu Haniy
KPU: Pilkada serentak, warga desa lebih antusias dari pada kota
Proses pemungutan suara di pelbagai daerah relatif lancar.

JAKARTA, Indonesia—Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiansyah menyatakan pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 cenderung lancar.

“Dari aktivitas monitoring yang sudah dilakukan sejak pagi sampai siang tadi, proses pemungutan suara di seluruh daerah, terutama di Tangsel yang saya pantau secara langsung, Alhamdulillah berjalan lancar dan tidak ada gejolak apapun yang sangat prinsip,” kata Ferry di kantor KPU Pusat, Jakarta, Rabu, 9 Desember 2015.

Meskipun begitu, menurut Ferry, permasalahan utama yang dihadapi dalam pilkada kali ini adalah rendahnya tingkat partisipasi para pemilih, khususnya di daerah perkotaan.

“Sesuai dengan tipologi masyarakatnya, tadi saya kunjungan ke masyarakat pedesaan, hampir 70 persen lebih sudah memilih. Tapi di masyarakat perkotaan, di komplek-komplek, relatif sangat sedikit partisipasinya,” ujar Ferry, sambil menambahkan hal itu sudah biasa terjadi di tiap pilkada.

Ferry yang ditemui di kantor KPU Pusat, Jakarta, baru saja tiba dari pemantauan langsung di Tangerang Selatan. Ia bersama dengan 14 perwakilan dari KPU-KPU luar negeri, kedutaan besar, dan LSM internasional yang ingin melihat proses pilkada serentak di Indonesia.

“Mereka tampaknya apresiasi dan banyak yang mengucapkan selamat kepada saya terkait dengan aktivitas yang dilakukan oleh proses penyelenggaraan pilkada sekarang,” tutur Ferry.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.