10 berita yang menyita perhatian publik selama 2015

Rappler.com
Berita apa yang paling kamu ikuti sepanjang tahun?

JAKARTA, Indonesia — Dari penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi hingga pilkada serentak yang pertama dalam sejarah, berikut adalah 10 berita yang paling menghebohkan Indonesia sepanjang 2015.

KPK tetapkan Budi Gunawan jadi tersangka korupsi

Hanya beberapa hari setelah Presiden Joko “Jokowi” Widodo mencalonkan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Budi Gunawan sebagai tersangka, pada 13 Januari 2015.

Dalam konferensi pers Ketua KPK Abraham Samad menegaskan bahwa Budi dijadikan tersangka atas penerimaan dugaan suap saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir di Mabes Polri pada tahun 2003-2006.

Tak lama, kriminalisasi terhadap KPK pun terjadi beruntun. Mulai dari kasus dugaan kesaksian palsu oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, dokumen kartu keluarga palsu Samad, hingga penembakan terhadap pencuri sarang burung walet oleh penyidik KPK Novel Baswedan. 

Indonesia eksekusi mati 14 narapidana narkoba tahun ini

 

Jaksa Agung H.M. Prasetyo pada 15 Januari menyatakan bahwa Indonesia siap melaksanakan eksekusi kepada 6 terpidana hukuman mati pada 18 Januari. Lima dari 6 terpidana tersebut merupakan warga asing. Benang merah yang menyatukan mereka adalah terlibat perkara kasus narkoba.

Selang beberapa bulan kemudian, Indonesia kembali mengeksekusi delapan terpidana mati pada 29 April. Tujuh di antaranya adalah warga negara asing.

Warga negara Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso, batal dieksekusi malam itu karena pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian hukum di negara asalnya. 

Indonesia kena sanksi FIFA, Persib Bandung juara Piala Presiden

Sanksi federasi sepak bola dunia (FIFA) untuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya turun pada 30 Mei. Surat tersebut mengganjarkan 4 poin sanksi.

Di antaranya adalah PSSI kehilangan hak keanggotaan FIFA, semua tim dari Indonesia (timnas maupun klub) tidak boleh melakukan interaksi sepak bola apapun di level internasional, dan PSSI tidak bisa mengikuti program pengembangan FIFA dan AFC.

Namun, dahaga publik sepak bola Indonesia untuk menyaksikan kompetisi sedikit terobati. Per 30 Agustus, Piala Presiden digelar. Turnamen ini mendapat dukungan baik dari pemerintah maupun PSSI.

Persib Bandung keluar menjadi juara setelah melumat Sriwijaya FC 2-0 dalam laga final pada 18 Oktober. 

 

 

 

 

 

 

Musholla di Tolikara, Papua, dibakar saat Idul Fitri

 

 

 

 

Sebuah musala dan beberapa kios di Kabupaten Tolikara, Papua, diserang sekelompok orang dari gereja setempat yang diduga marah karena pengeras suara.

Kerusuhan bermula dengan dua acara keagamaan: salat Idulfitri di Musala Baitul Muttaqin dan pertemuan pimpinan Gereja Injil di Indonesia (GIDI). Pihak gereja ditengarai tidak nyaman dengan penggunaan pengeras suara. Satu orang meninggal dunia dan sepuluh lainnya dikabarkan terluka.

Musala yang terbakar akhirnya bisa digunakan kembali pada 23 September setelah diresmikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Pembakaran tempat ibadah bukan hanya terjadi di Papua, tapi juga di Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam. Warga setempat menuntut agar gereja atau bangunan tidak berizin ditertibkan. Akibatnya, satu orang menjadi korban tewas dalam insiden tersebut. 

Ratusan jemaah haji tewas terinjak-injak dalam Tragedi Mina

Lebih dari 700 jemaah haji meninggal dan 800 lainnya terluka karena terinjak-injak saat melakukan pelemparan jumrah di Mina, Arab Saudi, dalam rangkaian prosesi ibadah haji, pada 24 September. 126 jemaah haji asal Indonesia dilaporkan menjadi korban meninggal dalam tragedi tersebut.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Khaled al-Falih menilai tragedi Mina terjadi karena jemaah tak disiplin. Sementara Kementerian Agama RI menyatakan jemaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam tragedi Mina tidak melakukan lempar jumrah sesuai aturan. 

 

 

 

 

 

 

Indonesia melawan asap

 

 

 

 

Sudah sekitar dua dekade, bencana asap dari Indonesia meluas ke negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina. Seperti tahun-tahun sebelumnya, asap tebal menyelimuti langit, menutupi sinar matahari, dan membuat udara sesak. 

Bencana asap selalu terjadi setiap musim kemarau dan dalam waktu yang sama, perusahaan dan sebagian masyarakat diduga sengaja membakar apa saja yang tersisa di hutan-hutan di Pulau Sumatera dan Kalimantan untuk menjadi dalih perluasan lahan, khususnya lahan untuk sawit.

Kebakaran lahan dan hutan yang melanda Indonesia selama beberapa bulan ini telah menghancurkan lebih dari 2 juta hektar lahan. Dampak ekonomi akibat kebakaran hutan dan lahan pun diperkirakan mencapai lebih dari Rp 200 trilliun.

Belum lagi efek kabut asap terhadap ratusan warga yang terkena dampak infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan belasan yang meninggal dunia, beberapa di antaranya bayi dan anak-anak.

Ekonomi melemah, pemerintah Jokowi luncurkan paket ekonomi

Presiden Jokowi meluncurkan paket kebijakan ekonomi untuk menstabilisasi perekonomian domestik di tengah tekanan ekonomi global pada 9 September.

“Tujuan dari kebijakan ini tidak saja berupa stimulus bagi dunia usaha, tetapi juga dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat banyak terutama yang berpenghasilan rendah,” kata Jokowi.

Hingga kini, pemerintah telah mengeluarkan 8 paket ekonomi, yang terakhir dikeluarkan pada 21 Desember. Ada pesan yang jelas dari semua paket ini: Pemerintah ingin menjaga kepercayaan pasar dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi.

Semua komponen dalam “mesin” pertumbuhan mulai dari konsumsi, investasi, belanja pemerintah hingga performa neraca perdagangan, disentuh oleh berbagai kebijakan yang terangkum dalam paket-paket tersebut. 

Skandal ‘Papa minta saham’ PT Freeport Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said melaporkan Ketua DPR RI Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan atas dugaan pencatutan nama Jokowi dalam proses renegosiasi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Kasus ini turut melibatkan Direktur Utama PT FI Maroef Sjamsoedin dan pengusaha minyak Riza Chalid.  

Setya akhirnya mundur dari jabatannya sebagai ketua DPR, namun keberadaan Riza hingga kini masih misterius. Ia mangkir ketika dua kali dipanggil oleh MKD. Jokowi sendiri menerima putusan MKD, namun mengatakan bahwa kasus ini tetap harus diproses hukum.

Pilkada serentak pertama di ratusan daerah

Rabu, 9 Desember, merupakan saat yang bersejarah. Untuk pertama kalinya di Indonesia, diadakan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) secara bersamaan di 9 provinsi, 224 kabupaten, 36 kota, dan melibatkan 829 pasangan calon.

Secara umum, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak 2015 berjalan lancar. Masalahnya? Terletak di rendahnya tingkat partisipasi para pemilih, khususnya di daerah perkotaan.

Pengamat politik pun berpendapat demikian, bahwa masyarakat Indonesia telah siap untuk berdemokrasi. Menurut CEO lembaga survei politik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan, Pilkada 2015 bisa menjadi pembelajaran bahwa masyarakat kita sudah matang untuk berdemokrasi.

Indonesia berjaya di kontes kecantikan sejagad

 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia menorehkan prestasi yang cukup tinggi dalam kontes kecantikan internasional. Miss Indonesia Maria Harfanti meraih juara ketiga dalam ajang Miss World 2015 pada 19 Desember yang diselenggarakan di Sanya, Tiongkok.

Sementara itu, Puteri Indonesia Anindya Kusuma Putri menjadi salah satu peserta yang berhasil melaju ke 15 besar dalam malam puncak Miss Universe 2015, selang beberapa hari kemudian, pada 20 Desember, di Las Vegas, Amerika Serikat.

Nama Indonesia kembali harum dalam ajang Miss Intercontinental ketika Miss Earth Indonesia Air 2015 Yovita Iskandar berhasil mendapatkan penghargaan busana nasional terbaik di malam puncak yang berlangsung di Maritime Hotel Magdeburg, Jerman, pada 18 Desember.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.