Usai Natal, Jokowi akan kunjungi Papua

Rappler.com
Usai Natal, Jokowi akan kunjungi Papua
Presiden Jokowi akan berkunjung ke Papua pada 29 Desember 2015

JAYAPURA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Papua pada akhir Desember untuk memantau pembangunan di daerah tersebut.

“Dalam jadwal, Presiden Joko Widodo akan ke Papua pada akhir bulan ini, sekitar 29 Desember 2015,” kata Staf Khusus Kepresidenan Lenis Kogoya di Jayapura, Papua, pada Kamis, 24 Desember.

Menurut Lenis, kedatangan Jokowi ke Papua akan digunakan untuk meresmikan rumah percontohan bagi orang asli Papua di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Jokowi juga akan mengunjungi pedagang lokal di Pasar Youtefa sebelum beranjak ke Merauke.

“Presiden direncanakan ke Papua resmikan rumah percontohan dan kunjungi mama-mama pedagang asli Papua di Pasar Youtefa,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga akan menerima aspirasi dari para tokoh adat, pengusaha asli Papua, dan mama-mama Papua, yang bertujuan untuk percepatan pembangunan di Papua.

Namun Lenis mengatakan hingga kini belum ada pembicaraan mengenai pembebasan tahanan politik.

“Karena pembebasan lima tapol beberapa waktu lalu saja belum mendapat pembinaan, jadi itu dulu yang harus diperjuangkan. Kalau nama-namanya ada sih, tapi saya belum ajukan,” kata Lenis.

Sebelumnya tahun ini, Jokowi memberikan grasi kepada lima tahanan politik Papua pada 9 Mei. 

Tahun lalu Jokowi mengunjungi Papua pada Desember untuk merayakan Natal Bersama Nasional.

Jokowi akan merayakan Natal tahun ini di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 28 Desember, sebelum berangkat ke Papua. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.