Dua fokus utama Jokowi dalam KTT AS-ASEAN di California

Santi Dewi
Dua fokus utama Jokowi dalam KTT AS-ASEAN di California
Indonesia akan fokus pada kerjasama ekonomi dan tantangan keamanan di kawasan Asia Tenggara


JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Amerika Serikat-ASEAN di Sunnylands, Rancho Mirage, California, pada 15-16 Februari 2016.

Konfirmasi itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir pada Rappler, Rabu malam, 3 Februari.

Arrmanatha mengatakan ada dua isu yang akan menjadi fokus Indonesia dalam forum itu. Pertama, kerjasama ekonomi di bidang kewirausahaan kecil dan menengah.

“Fokus kedua, tantangan keamanan di kawasan. Bagaimana AS bisa berkontribusi untuk membuat kawasan lebih damai dan sejahtera. Kami juga akan memfokuskan bagaimana bekerjasama dalam menghadapi isu Laut Cina Selatan (LCS),” kata Arrmanatha.

Terkait dengan isu LCS, Arrmanatha mengatakan, Indonesia akan berbicara secara umum untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif di LCS.

Indonesia juga meminta kepada negara-negara yang bersengketa di kawasan tersebut agar bisa menahan diri dan menyelesaikan isu tersebut secara damai. Negara-negara tersebut meliputi Tiongkok, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Lalu, siapa saja yang akan ditemui oleh Jokowi selama di California? Arrmanatha mengatakan jadwalnya masih disusun oleh Kementerian Luar Negeri.

“Ada kemungkinan kami akan mengadakan pertemuan dengan para pengusaha ekonomi digital, tetapi belum tahu dengan siapa saja,” kata diplomat yang pernah bertugas di New York dan Jenewa itu.

Sementara, pertemuan bilateral dengan kepala negara lainnya, ujar Arrmanatha, sulit diwujudkan karena waktunya yang sangat sempit.

KTT ASEAN-AS merupakan sebuah kemitraan baru antara dua kawasan. Kemitraan itu dirancang pada November 2015 di Kuala Lumpur ketika Malaysia menjadi Ketua ASEAN. KTT ini akan menjadi implementasi awal dari kemitraan tersebut.

Ini merupakan kunjungan kedua Jokowi ke AS selama menjadi Presiden. Sebelumnya, pada 2015 ia juga berkunjung ke Negeri Paman Sam untuk memenuhi undangan Presiden Barack Obama. —Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.