Jadwal dan hasil lengkap babak penyisihan grup Piala Bhayangkara

Rappler.com
Jadwal dan hasil lengkap babak penyisihan grup Piala Bhayangkara
Pertandingan antara Mitra Kukar dan Persib Bandung akan menjadi pembuka Piala Bhayangkara pada 17 Maret

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Menyambut Hari Bhayangkara yang ke-70 tahun ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Piala Bhayangkara pada 17 Maret hingga 3 April mendatang.

Sepuluh tim terpilih dibagi menjadi dua grup. Grup A diisi oleh Pusamania Borneo FC (PBFC), Persib Bandung, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PS TNI.

Sementara Grup B dihuni oleh Persija Jakarta, Arema Cronus, Bali United, Persipura, dan PS Polri. 

Piala Bhayangkara dibuka dengan pertandingan antara pemenang Piala Presiden, Persib Bandung, dan pemenang Piala Jenderal Sudirman, Mitra Kukar, pada Kamis, 17 Maret, pukul 20:00 WIB.

Berikut jadwal lengkap babak penyisihan grup yang akan berlangsung hingga 27 Maret mendatang.

Seluruh pertandingan disiarkan secara langsung di Net TV.

Berikut hasil lengkap pertandingan babak penyisihan grup Piala Bhayangkara 2016:

Minggu, 27 Maret

Grup B: Persipura Jayapura vs Arema Cronus

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandinganArema Cronus menuntaskan kiprahnya di fase grup Piala Bhayangkara. Tim berjuluk Singo Edan itu hanya bermain seri 0-0 atas Persipura Jayapura.

Arema yang sudah dipastikan lolos sebelum laga berlangsung kini mengoleksi total angka 8 poin hasil dari 2 kemenangan dan 2 kali seri dan tak pernah kalah. Mereka duduk sebagai penguasa klasemen diikuti Bali United dengan 6 angka. 

Tim asal Malang, Jawa Timur, itu kini tinggal menyiapkan laga semifinal yang akan digelar pada 30 Maret di Stadion Kanjuruhan, Malang. Arema menjadi tuan rumah karena mereka lolos ronde kedua Piala Bhayangkara tersebut dengan status juara grup B. 

Minggu, 27 Maret

Grup B: Bali United vs PS Polri

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Bali United akhirnya lolos ke babak semifinal usai mengalahkan PS Polri 1-0 di stadion I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.  Gol semata wayang tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut dicetak Yabes Roni di menit ke-23. 

Dengan demikian, maka slot empat tim di semifinal Piala Bhayangkara sudah komplit. Mereka adalah Arema Cronus melawan Sriwijaya FC yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, dan Persib Bandung melawan Bali United yang digelar di Si Jalak Harupat, Bandung. Laga semifinal hanya digelar di satu tempat di kandang juara grup. 

Sabtu, 26 Maret

Grup A: Persib Bandung vs Sriwijaya FC

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Persib Bandung akhirnya menjadi juara grup A Piala Bhayangkara setelah mengalahkan Sriwijaya FC 2-0. Dua gol Persib dicetak oleh Samsul Arif di menit ke-10 dan Juan Belencoso di menit ke-75. 

Tambahan tiga poin membuat tim asuhan Dejan Antonic itu mengoleksi 10 angka diikuti Sriwijaya di posisi runner up dengan 7 poin.

Pertandingan itu juga menandai gol perdana striker anyar Persib, Juan Belencoso. Gol yang dia cetak via skema tendangan bebas menandai kiprahnya sebagai pencetak gol impor yang didatangkan khusus untuk Piala Bhayangkara.

Persib kini tinggal menunggu calon lawan di semifinal, yakni runner up grup B.

Sabtu, 26 Maret

Grup A: Mitra Kukar vs PS TNI

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Mitra Kukar mengakhiri Piala Bhayangkara dengan jeblok. Mereka tak hanya gagal lolos dari fase grup. Tapi juga menjadi juru kunci grup A setelah hanya bermain seri 1-1 di laga pemungkas melawan PS TNI, Sabtu, 26 Maret. Mitra Kukar unggul lebih dulu via David Maulana di menit ketiga. PS TNI menyamakan kedudukan di menit ke-80 via Tambun Naibaho.

Ini berarti Mitra Kukar tak pernah menang dalam empat pertandingan mereka di turnamen tersebut. Koleksi poin mereka hanya 3 angka dari 3 kali seri dan 1 kali kalah. Sebaliknya, PS TNI yang turun sebagai tim amatir di ajang ini lebih baik dibanding tim asal Kutai Kartanegara tersebut. Pasukan Edy Syahputra duduk di posisi ketiga dengan koleksi 4 angka hasil sekali menang, sekali seri, dan dua kali kalah.

Jumat, 25 Maret

Grup B: Bali United vs Persipura Jayapura

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Arema menjadi tim pertama di grup B yang memastikan lolos dari fase grup Piala Bhayangkara. Itu setelah klub berjuluk Singo Edan itu mengalahkan Persija Jakarta 1-0. 

Gol semata wayang Arema dicetak oleh Sunarto di menit ke-85. Tambahan tiga poin membuat mereka memimpin klasemen sementara grup B dengan koleksi 7 angka dari 3 laga. Arema dikuntit PS Polri (5 poin) dan Persija (4 poin). 

Jumat, 25 Maret

Grup B: Bali United vs Persipura Jayapura

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Bali United menjaga peluangnya untuk lolos ke babak semifinal. Setelah dalam dua laga kalah, mereka akhirnya meraih kemenangan perdana di Piala Bhayangkara. 

Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor tipi 1-0. Gol semata wayang Bali United dicetak Yabes Roni di menit ke-55. 

Hasil tersebut membuat Bali United mengoleksi 3 angka. Mereka masih membutuhkan satu kemenangan lagi melawan PS Polri untuk memastikan peluangnya ke babak selanjutnya.

Kamis, 24 Maret

Grup A: Persib Bandung vs PS TNI

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Persib Bandung akhirnya mampu menunjukkan kelasnya sebagai jawara Piala Presiden. Tim berjuluk Maung Bandung itu menghajar PS TNI 2-0. 

Dua gol Persib dicetak Samsul Arif di menit ke-45 dan tendangan keras Atep di menit pertama babak kedua. Hasil tersebut membuat skuat asuhan Dejan Antonic itu menempel ketat Sriwijaya FC dengan poin sama-sama 7 angka. 

Grup A: Pusamania Borneo FC vs Mitra Kukar

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Pusamania Borneo FC akhirnya mampu meraih poin. Setelah tiga kali kalah beruntun, tim berjuluk Pesut Etam itu berhasil mengalahkan Mitra Kukar 2-1.

Dua gol PBFC dicetak Ponaryo Astaman di menit ke-19 dan Sultan Samma 74’. Gol balasan Mitra Kukar dicetak oleh Hendra Bayauw di menit ke-66.  

Rabu, 23 Maret

Grup B: PS Polri vs Arema Cronus

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: PS Polri menjaga dominasinya di grup B Piala Bhayangkara. Arema Cronus tak mampu mengalahkan mereka dalam laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Rabu 23 Maret setelah pertandingan berakhir imbang tanpa gol.

 

Selasa, 22 Maret

Grup A: Sriwijaya FC vs Mitra Kukar

Skor akhir: 2-2

Jalannya pertandingan: Sriwijaya FC gagal meraih kemenangan ketiga beruntun di Piala Bhayangkara. Tim asal Palembang tersebut ditahan Mitra Kukar 2-2. 

Dua gol Sriwijaya dicetak Achmad Jufriyanto di menit ke-14 dan Ichsan Kurniawan 34′. 

Sementara itu, dua gol Mitra Kukar dicetak Rodrigo Dos Santos di menit ke-31 dan Hendra Bayauw 59′.

Grup A: PS TNI vs Pusamania Borneo FC

Skor akhir: 3-1

Jalannya pertandingan: PS TNI menjaga harapan di Piala Bhayangkara. Setelah di laga perdana kalah dari Sriwijaya FC 1-2, kali ini mereka melampiaskannya kepada Pusamania Borneo FC. 

Mereka membantai tim berjuluk Pesut Etam itu 3-1. Tiga gol PS TNI dicetak oleh Wawan Febrianto di menit ke-14 dan 71′ kemudian Tambun Naibaho di menit ke-24. Gol balasan PBFC dicetak oleh Ponaryo Astaman di menit ke-88.

Senin, 21 Maret

Grup B: PS Polri vs Persipura

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: PS Polri tertahan di laga keduanya di Piala Bhayangkara. Skuat asuhan Bambang Nurdiansyah itu ditahan seri 1-1 oleh Persipura Jayapura. 

PS Polri sejatinya sudah unggul sejak babak pertama via gol Hargianto di menit ke-19. Namun, gol balasan Nerius Alom di menit ke-83 membuyarkan kemenangan di depan mata.  

Hasil seri tersebut membuat PS Polri meraih 4 angka. 

Senin, 21 Maret

Grup B: Bali United vs Persija Jakarta

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Persija Jakarta akhirnya meraih kemenangan perdana di Piala Bhayangkara. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu mengalahkan Bali United 2-1. 

Dua gol Persija diborong Ramdani Lestaluhu di menit ke-42 dan 69. Gol semata wayang Bali United dicetak Gede Sukadana di menit ke-23. 

Hasil ini membuat Persija meraih tiga angka dari dua pertandingan.

Minggu, 20 Maret

Grup A: Persib Bandung vs Pusamania Borneo FC 

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdananya di Piala Bhayangkara. 

Tim berjuluk Maung Bandung itu mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor tipis 1-0. 

Gol Persib dicetak oleh striker anyar Samsul Arif di menit ke-72. 

Kemenangan itu membawa Persib menempel Sriwijaya FC di peringkat kedua grup A dengan 4 angka. 

Minggu, 20 Maret

Grup A: Sriwijaya FC vs PS TNI

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Sriwijaya FC menjalani laga kedua di Piala Bhayangkara dengan sempurna. Setelah membekuk Pusamania Borneo FC (PBFC) 3-1, Jumat, 18 Maret, mereka membekuk PS TNI 2-1, Minggu 20 Maret. 

Dua gol Sriwijaya dicetak Anis Nabar di menit ke-64 dan Beto Goncalves di menit ke-78. Dua kemenangan itu membawa tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut memimpin grup A dengan 6 poin. 

Sabtu, 19 Maret

Grup B: Arema Cronus vs Bali United

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Arema Cronus mengalahkan tuan rumah Bali United dengan skor 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Gol pertama tercipta dari pemain depan Arema, Cristian Gonzales, pada menit ke-30 melalui tendangan di area titik putih, karena penjaga gawang Bali United Dicky Indrayana menjatuhkan pemain naturalisasi asal Uruguay itu di area kotak penalti. Satu kartu merah untuk Dicky.

Gonzales menambah keunggulan melalui sundulan pada menit ke-44.

Bali United berhasil mengejar ketertinggalan skor dan mencetak gol melalui tendangan keras Fadil Sausu pada menit ke-53.

Sabtu, 19 Maret

Grup B: Persija Jakarta vs PS Polri

Skor akhir: 0-3

Jalannya pertandingan: PS Polri berhasil menundukkan Persija Jakarta dengan skor 3-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

M. Hargianto mencetak gol pertama pada menit ke-5, sedangkan Bio Paulin menyarangkan gol pada menit ke-23.

Kemenangan PS Polri digenapkan oleh Robertino Gabriel Pangliara pada dua menit jelang peluit akhir ditiup. 

Pelatih PS Polri Bambang Nurdiansyah mengatakan, kemenangan ini patut disyukuri sebab PS Polri hanya melakukan seleksi tim ini hampir satu bulan. 

“Pembentukan tim memang ini cukup singkat, namun untuk menjadi satu kesatuan membutuhkan kesabaran dalam membentuk tim yang solid,” katanya.

Hal ini diakui dari kubu lawan. “Permainan tim PS Polri sangat bagus sehingga membuat pemain belakang Persija sedikit lengah,” kata Pelatih Persija Jakarta Paulo Camargo. 

Jumat, 18 Maret 

Grup A: Pusamania Borneo FC vs Sriwijaya FC

Skor akhir: 3-1

Jalannya pertandingan: Sriwijaya FC memenangi pertandingan ini dengan skor 3-1.

Hilton Moreira membawa Sriwijaya FC unggul 1-0 pada menit ke-12. Selang 11 menit kemudian, Beto Goncalves menambah keunggulan menjadi 2-0.

PBFC memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 pada menit ke-32 melalui gol Pepito Sanusi.

Namun tak bertahan lama karena Bayu Gatra memperbesar kemenangan Sriwijaya menjadi 3-1.

Kamis, 17 Maret

Grup A: Mitra Kukar vs Persib Bandung

Skor akhir: 1-1

Jalannya pertandingan: Pertandingan pembuka Piala Bhayangkara berakhir imbang dengan skor 1-1.

Gol tunggal Mitra Kukar dicetak oleh Marlon Da Silva di menit ke-27. Sedangkan gol Persib dicetak di menit ke-88 melalui eksekusi tendangan penalti Vladimir Vujovic.

 —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.