Polisi Belgia tangkap tersangka pembom bandara Najim Laachraoui?

Rappler.com
Polisi Belgia tangkap tersangka pembom bandara Najim Laachraoui?
Total korban tewas akibat serangan bom di dua lokasi di Brussel telah mencapai 31 orang. Angka itu bisa terus bertambah.

JAKARTA, Indonesia – Polisi Belgia pada Rabu, 23 Maret diduga telah menahan salah satu tersangka kunci aksi teror bom mematikan di Bandara Zaventem, Najim Laachraoui. Harian La Derniere Heure dan stasiun televisi RTL mengatakan pria berusia 25 tahun itu ditahan di Distrik Anderlecht, Belgia.

Laachraoui terekam kamera CCTV bersama dengan dua pria lainnya yang diduga menjadi pelaku bom bunuh diri pada Selasa pagi waktu setempat di salah satu bandara terpenting di Eropa. Namun, dia berhasil melarikan diri ketika bom meledak di bandara. Pejabat berwenang belum memberikan konfirmasi terkait penangkapan itu.

Namun, laporan dari kantor berita Reuters menyatakan hal berbeda. Individu yang sebelumnya ramai diberitakan ditahan bukanlah tersangka utama aksi pemboman pada Selasa kemarin. Harian Belgia, La Derniere Heure dan stasiun televisi RTL telah meralat isi pemberitaannya.

Laachraoui diburu polisi karena memiliki kaitan dalam serangan teror bom Paris. DNA nya ditemukan di hampir semua sabuk peledak dalam serangan tersebut dan di tempat persembunyian Salah Abdeslam di Brussel. Abdeslam merupakan salah satu pelaku bom bunuh diri Paris yang tak jadi melakukan aksinya dan ditangkap pada Jumat pekan lalu di Belgia.

Selain Laachraoui, polisi juga berhasil mengidentifikasi salah satu pelaku bom bunuh diri di bandara yakni Brahim El Bakraoui. Adiknya, Khalid El Bakraoui yang meledakan diri di stasiun bawah tanah di Maelbeek.

Menurut stasiun televisi RTBF, El Bakraoui menyewa apartemen dengan menggunakan identitas palsu di kota Forest. Dia juga diyakini menyewa sebuah rumah persembunyian di kot Charleroi sebelah selatan Belgia yang juga digunakan untuk merencanakan serangan teror ke Paris.

Jumlah korban tewas dalam serangan dua bom di Brussel hingga saat ini terus bertambah menjadi 31 orang. Sementara, 260 orang lainnya terluka.

Menteri Kesehatan Maggie De Block mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan bisa bertambah karena jenazah beberapa korban ledakan bom di Stasiun Maelbeek ditemukan dalam keadaan tidak utuh sehingga sulit dikenali. – laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.