PS TNI vs Persib Bandung: Lini belakang Maung Bandung sedang rawan

Mahmud Alexander
PS TNI vs Persib Bandung: Lini belakang Maung Bandung sedang rawan
Selisih poin kedua tim sangat tipis. Persib mengoleksi 4 angka dan PS TNI 3 angka. Kedua tim harus saling mengalahkan demi lolos dari fase grup sebagai runnerup

JAKARTA, Indonesia — Empat poin yang dibukukan oleh Persib Bandung harus segera ditambah. Sebab, posisi mereka sebagai peringkat kedua grup A Piala Bhayangkara bisa disalip oleh PS TNI. Saat ini, tim militer tersebut mengantongi poin tiga, hasil sekali menang dan sekali kalah.

Dalam laga antara kedua tim pada Kamis, 24 Maret, pukul 17:40 WIB, Persib dalam kondisi tak beruntung. Lini belakang mereka bakal sangat keropos tanpa Hermawan dan Vladimir Vujovic. 

Hermawan masih cedera, sementara Vlado terkena hukuman kartu merah setelah menerima dua kartu kuning di laga kontra Pusamania Borneo FC. Tapi, pelatih Persib Dejan Antonic sudah bisa mendampingi anak asuhnya setelah sebelumnya harus pulang ke Hong Kong karena istrinya sakit.

Mental pasukan Maung Bandung jelas berbeda dibanding tanpa pelatih asal Serbia tersebut. Instruksi Dejan bakal menambah rasa percaya diri para pemain di lapangan.

Melihat kondisi itu, kemungkinan besar Agung Pribadi dan Purwaka Yudhi bakal berduet di lini belakang. Alternatif lainnya, Tony Sucipto yang biasa berposisi sebagai bek sayap bisa digeser ke tengah. 

“Ini menjadi catatan kami, lini tengah harus kami maksimalkan untuk meredam serangan, sehingga tekanan di lini belakang tidak terlalu besar nanti,” kata Dejan.

Sementara itu, kapten Persib Atep Rizal menegaskan bahwa timnya harus tampil lebih ngotot dibanding laga sebelumnya. Apalagi, ada ribuan Bobotoh yang akan memenuhi Stadion Jalak Harupat demi mendukung tim kesayangannya.

Kemenangan atas PBFC, menurut Atep, mengangkat kepercayaan diri dan mental pemain untuk menghadapi laga selanjutnya. Dia yakin, racikan tim pelatih akan mampu memberikan permainan yang mumpuni.

Keyakinan serupa juga ditunjukkan Samsul Arif. Saat dihubungi, dia mengaku siap apakah nanti akan diturunkan dari menit awal, atau harus memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Bagi mantan striker Arema Cronus dan Persela Lamongan itu, yang terpenting baginya saat ini adalah meraih kemenangan, bukan apakah dirinya akan diturunkan atau tidak. 

“Yang terbaik untuk tim. Saya tidak masalah diturunkan atau tidak. Kalau ditampilkan saya akan maksimal berjuang dan bekerja keras untuk memberikan kemenangan,” ucapnya.

Di sisi lain, pelatih Edy Syahputra menegaskan, bahwa PS TNI dalam posisi diuntungkan secara mental. Meski bisa termotivasi dengan kehadiran ribuan Bobotoh, dia yakin Persib juga memiliki tekanan yang besar. Sebab, para pendukung Persib jelas memiliki ekspektasi besar terhadap timnya,

“Setiap tim pasti punya kelemahan. Itu harus bisa kami manfaatkan. Dalam kondisi seperti ini, anak-anak harusnya bisa lebih nyaman bermain,” katanya.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.