Indonesia

Hasil GP Rusia: Nico Rosberg tercepat, Rio Haryanto urung ‘finish’

Aswin Prasetyo
Hasil GP Rusia: Nico Rosberg tercepat, Rio Haryanto urung ‘finish’
Nico Rosberg cetak kemenangan keempat berturut-turut di musim 2016. Rio Haryanto terhenti di lap pertama

JAKARTA, Indonesia — Grand Prix (GP) Rusia 2016 di Sochi Autodrom Circuit kembali menampilkan Nico Rosberg sebagai pemenang.

Rosberg mencetak kemenangan keempat berturut-turut di musim balap F1 2016 setelah menjalani 53 lap di sirkuit sepanjang 5.848 km tersebut.

Posisi kedua dihuni oleh rekan satu timnya, Lewis Hamilton. Hamilton sempat mendapatkan permasalahan water pressure sehingga tak bisa mendekati Rosberg. Ia tertinggal 25.022 detik di belakang Rosberg. 

Kimi Raikkonen berada di podium ketiga, dan menjadi satu-satunya pembalap Ferrari yang finis di GP Rusia 2016. Raikkonen memberikan podium ke-700 bagi tim Scuderia Ferrari. 

Valterri Bottas dan Felipe Massa melengkapi lima besar.

Pembalap Ferrari lainnya, Sebastian Vettel, keluar dari balapan setelah tertabrak dua kali oleh Daniil Kvyat di tikungan kedua dan ketiga. 

Mobil Vettel mengalami pecah ban kiri belakang di tikungan kedua, dan kembali ditabrak oleh Kvyat di tikungan ketiga sehingga melintir menabrak pembatas sirkuit. 

Balapan di Rusia ini juga diwarnai kecelakaan yang membuat pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, gagal menyelesaikan balapan.

Rio ketiban sial karena terjebak dari tabrakan yang terjadi antara Esteban Gutierrez dan Nico Hulkenberg.

Memulai balapan dari P21, ia tersenggol mobil Hulkenberg yang melintir setelah “disundul” Gutierrez, dan mengalami kerusakan pada sidepod, ban, dan suspensi kanan belakangnya. 

Alhasil Rio tak dapat melanjutkan balapan.

 

“Benar-benar start yang sangat bagus (bagi saya) tapi menuju tikungan kedua saya sudah menyalip dua atau tiga mobil. Sayangnya ada mobil Force India yang melintir, dan saya tak bisa menghindari, dan mengenai sidepod mobil saya,” ujar Rio saat sesi wawancara pasca insiden.

Di antara mobil yang finish, rekan Rio di Manor Racing, Pascal Wehrlein, berada di posisi terakhir.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.