CESAFI

5 fakta tentang wali kota London Muslim pertama, Sadiq Khan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 fakta tentang wali kota London Muslim pertama, Sadiq Khan
Sadiq Khan terpilih sebagai wali kota Muslim pertama Kota London

JAKARTA, Indonesia — Untuk pertama kalinya Kota London, Inggris, memiliki wali kota seorang Muslim. Politisi Partai Buruh, Sadiq Khan, telah resmi terpilih sebagai wali kota London pada Sabtu, 7 Mei.

Dengan perolehan suara 57%, Khan berhasil mengalahkan kandidat dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith, dalam pemilihan umum putaran kedua.

Sebagai salah satu pemimpin Muslim di dunia Barat, sosok Khan menjadi sorotan dunia. Apalagi di Kota London, hanya 12% penduduknya yang beragama Islam.

Siapakah Sadiq Khan dan bagaimana kiprahnya di dunia politik? Berikut 5 hal tentangnya:

1. Harapan melawan rasa takut

Lewat kampanye #YesWeKhan (plesetan dari yes we can—ya, kita bisa—slogan kampanye Presiden AS Barack Obama), Khan berhasil mengalahkan kandidat Partai Konservatif Zac Goldsmith dengan memperoleh sebanyak 1.148.716 suara.

Kemenangan tersebut dianggap sebagai kemenangan harapan melawan rasa takut (hope vs fear), menyusul kampanye Goldsmith yang seringkali menghubungkan Khan dengan kelompok ekstrimis karena latar belakang agamanya.

Setelah lulus sebagai sarjana hukum, Khan bekerja sebagai pengacara yang kerap membela korban kasus pelanggaran HAM serta diskriminasi rasial.

2. Anak dari pasangan sopir bus dan penjahit

Kota London memiliki arti penting bagi Khan. London memberinya kesempatan untuk berkembang sangat besar dari sebelumnya.

Kakek dan neneknya berimigrasi dari India ke Pakistan, lalu orangtuanya hijrah dari Pakistan ke London. Khan lahir St. George Hospital di Tooting, London, 8 Oktober 1970, sebagai anak kelima dari delapan bersaudara.

Ayahnya, Amanullah, bekerja sebagai sopir bus selama dua tahun. Sementara ibunya, Sehrun, bekerja sebagai penjahit untuk menghidupi Khan serta tujuh orang saudaranya.

Saat ini Khan telah memiliki dua orang putri bernama Anisah dan Ammarah, buah pernikahannya dengan Saadiyah Ahmed yang juga seorang pengacara.

3. Setuju pernikahan sejenis 

Pemenang Politician of The Year dalam ajang penghargaan British Muslim Awards 2016 tersebut mengaku sempat dikirimi ancaman pembunuhan setelah memberikan persetujuan terhadap Undang-undang pernikahan sesama jenis pada tahun 2013.

Berbagai sumber tabloid lokal juga melaporkan bahwa imam masjid di Kota Bradford, Inggris, sempat memberikan fatwa agar ia menyatakan diri telah keluar dari agama Islam.

Akibat ancaman tersebut, pihak kepolisian pun sempat meminta Khan untuk melaporkan keamanannya dalam jangka waktu tertentu.

4. Menolak boikot atas Israel

Setelah sebelumnya sempat dikabarkan menyetujui pemboikotan terhadap perusahaan Israel, Sodastream, demi perdamaian, Khan merevisi pernyataannya tersebut.

Menurut Khan, boikot yang diberikan terhadap Israel tidak akan menyelesaikan masalah dan menciptakan perdamaian, namun justru hanya akan menyusahkan para buruh yang bekerja di perusahaan Sodastream International.

Lebih lanjut ia juga menyatakan akan melindungi hak seluruh warga London, termasuk para warga Yahudi.

5. Penggemar The Reds

Seperti jutaan warga Inggris lainnya, Khan juga merupakan penggemar berat olahraga. 

Uniknya, pria berusia 45 tahun tersebut tidak membela klub asal London, melainkan merupakan penggemar berat klub sepak bola Liverpool.

“Pengalaman pertama saya menonton sepakbola adalah saat menonton Chelsea di Stamford Bridge bersama dua kakak saya dan mendapatkan kekerasan diskriminatif di sana,” ujar Khan menjelaskan mengapa ia memilih The Merseyside daripada klub London.

Selain sepakbola, Khan juga merupakan penggemar klub kriket Surrey Country dan sering berlatih olahraga tinju dengan saudaranya. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!