Di mana netizen saat kerusuhan Mei 1998 terjadi?

Rappler.com
Di mana netizen saat kerusuhan Mei 1998 terjadi?
Rappler bertanya kepada netizen: apa yang mereka ingat dari kerusuhan Mei 1998?

Delapan belas tahun yang lalu, Indonesia. Lengsernya Presiden Soeharto didahului protes, terkadang bentrok berdarah antara kelompok pro reformasi, terutama mahasiswa, dan aparat kepolisian dan tentara.

Kematian 4 mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta Barat pada 12 Mei seolah membuka kotak pandora kemarahan masyarakat yang semakin terhimpit krisis ekonomi. Kerusuhan melanda Indonesia. Toko-toko, mal-mal, apartemen, dan perumahan tertentu dijarah dan dibakar oleh warga yang sampai sekarang belum diketahui identita mereka.

Anggota polisi dan tentara yang biasanya sigap mengamankan demo damai para mahasiswa dan kelompok pro demokrasi lain seolah-olah tidak berdaya di hadapan ‘segelintir’ warga yang beringas.  

Mereka tidak hanya menjarah dan membakar tempat binis dan pusat ekonomi. Mereka juga menyerang warga Indonesia lain. Menurut Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), korban yang disasar perusuh mayoritas warga Indonesia dari etnis Tionghoa. Rumah mereka dijarah dan dibakar, dan kaum perempuan diperkosa. 

Kami bertanya kepada netizen di Twitter: Di manakah kamu ketika kerusuhan Mei 1998 terjadi? Simak kisah-kisah mereka di bawah ini.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.