Berita bursa transfer sepak bola musim 2016/2017

Rappler.com
Berita bursa transfer sepak bola musim 2016/2017
Perkembangan terbaru dari bursa transfer musim 2016/2017

JAKARTA, Indonesia — Liga-liga sepakbola di Eropa musim 2015/2016 telah selesai dilaksanakan. Kini mata penggemar si kulit bundar tertuju pada bursa transfer musim 2016/2017.

Siapa yang hengkang dan siapa yang direkrut? Siapa pula pelatih yang didepak karena gagal memberikan gelar bagi klubnya musim lalu? Dan siapa penggantinya?

(BACA JUGA: Bursa transfer musim dingin Januari 2017)

Pantau berbagai berita dan rumor terkait transfer window musim 2016/2017 di sini.

Kamis, 1 September: David Luiz kembali ke Chelsea, Juventus pinjam lagi Juan Cuadrado

Chelsea dan Paris Saint-German telah mencapai kesepakatan untuk kepindahan David Luiz kembali ke klub yang bermarkas di London tersebut. Luiz sudah menyetujui hal-hal yang bersifat personal dan diperkirakan akan tiba di London, Rabu malam waktu setempat untuk serangkai tes medis. 

Nilai kontrak dikabarkan mencapai 38 juta poundsterling. Dua tahun yang lalu, Luiz hijrah dari London ke Paris dengan harga 50 juta poundsterling. Awalnya, Chelsea ragu untuk mengembalikan Luiz namun setelah gagal mendapatkan Alessio Romagnoli dari Milan dan Kalidou Kouliably dari Napoli, akhirnya pelatih Antonio Conte menyertakan Luiz dalam jejeran bek tengah.


Di hari yang sama, Juan Cuadrado dipinjamkan kembali ke Juventus selama tiga tahun. Pemain berusia 28 tahun ini sebelumnya hanya tampil sebanyak 15 kali untuk Chelsea sebelum pindah ke Turin. Chelsea pertama kali merekrut Cuadrado dari klub Serie A, Fiorentina, pada Februari 2015. 

Rabu, 31 Agustus: Sevilla pinjam Samir Nasri 


Hanya selang beberapa jam setelah peminjaman Joe Hart ke Torino diumumkan, gelandang Samir Nasri mengikuti jejak rekan setimnya. Nasri dipinjamkan ke klub Liga Spanyol, Sevilla, tepat di hari tenggat waktu bursa transfer. Mantan pemain tim nasional Perancis ini memang sudah diperkirakan akan meninggalkan City.

Manajer City, Pep Guardiola mengatakan Nasri masih memiliki masa depan di klub, setelah penampilannya sebagai pemain pengganti dalam laga melawan West Ham United pada hari Minggu, 28 Agustus yang berakhir dengan kemenangan 3-1.

Pemain berusia 29 tahun ini sempat dihubungkan dengan klub Liga Turki, Besiktas, namun lebih memilih untuk tampil di Liga Champions bersama Sevilla. Ia mengisi tempat yang ditinggalkan oleh pemain timnas Ukraina, Yevhen Konoplyanka yang dipinjamkan kepada klub Liga Jerman, Schalke 04.

Rabu, 31 Agustus: Joe Hart dipinjamkan ke Torino


Kiper nomor satu Inggris, Joe Hart, resmi dipinjamkan ke klub Serie A Torino selama satu musim penuh. Posisinya di Manchester City kini tergeser oleh Claudio Bravo yang baru saja didatangkan Pep Guardiola dari Barcelona.

Menurut laporan Sky Italia, Torino hanya akan membayar 30 persen gaji Hart, yakni sebesar 1 juta euro dari total 5 juta euro. Sebelumnya, ia telah tiba di kota Turin pada hari Selasa, 30 Agustus untuk tes medis. Hart menjadi pemain Inggris ke-34 yang bermain untuk klub Serie A setelah Perang Dunia II.

Rabu, 31 Agustus: Shkodran Mustafi resmi bergabung dengan Arsenal

Shkodran Mustafi akhirnya resmi berseragam Arsenal. Foto oleh Arsenal.com


Setelah lama dirumorkan, akhirnya Arsenal secara resmi mengumumkan pembelian bek Shkodran Mustafi dari Valencia. Bek tengah berusia 24 tahun ini tiba setelah diincar sepanjang musim panas oleh pelatih Arsenal, Arsene Wenger, dan peminjaman Calum Chambers ke Middelsbrough.

Mustafi menjadi pemain keenam yang direkrut Arsenal setelah Granit Xhaka, Rob Holding, Takuma Asano yang akhirnya dipinjamkan ke VfB Stuttgart, dan Kelechi Nwakali.

“Saya sangat bahagia. Memang memakan waktu yang tidak singkat, namun akhirnya saya berada di sini untuk menapaki langkah baru dalam karir saya. Bergabung dengan Arsenal merupakan sebuah kemajuan,” kata Mustafi seperti yang dilansir dari situs resmi Arsenal.

“Dia berada dalam usia yang tepat,” kata Wenger mengenai pemain yang menjadi bagian dari skuad timnas Jerman yang memenangkan Piala Dunia 2014 ini. “Ia memiliki pengalaman yang baik, juga merupakan pemain yang sangat fokus. Kami telah mendapatkan pemain yang hebat namun kami juga telah menyiapkan diri untuk masa depan.”

Selasa, 30 Agustus: Arsenal pinang Lucas Perez

Arsenal resmi meminang striker Lucas Perez dari Deportivo La Coruna. 

“Dia tidak hanya seorang pencetak gol. Dia adalah pemain yang mampu berkombinasi baik dengan rekan setim, yang bisa memberi bola terakhir dan membuat lari yang dahsyat,” kata pelatih Arsenal, Arsene Wenger, seperti dikutip dari situs resmi Arsenal.

Pemain berusia 27 tahun itu mencetak 17 gol dalam 36 penampilannya sepanjang musim lalu bagi Deportivo.

Selasa, 30 Agustus: Barcelona gaet Paco Alcacer

Barcelona membeli striker Paco Alcacer dari Valencia. Foto dari fcbarcelona.com

Barcelona mengumumkan telah membeli striker Paco Alcacer dari Valencia.

Pemain berusia 23 tahun itu akan dikontrak tim Catalan selama 5 tahun.

Alcacer telah mencetak 43 gol dalam 124 pertandingan untuk Valencia dan ia telah mengoleksi 13 caps bersama tim nasional Spanyol.

Minggu, 28 Agustus: Simone Zaza dipinjamkan ke West Ham


Klub Liga Inggris, West Ham United telah mengonfirmasi kepindahan Simone Zaza dari Juventus. Penyerang Italia ini dipinjamkan dengan nilai kontrak sebesar 5 juta euro. Beberapa penampilannya di Liga Inggris nanti akan mengaktifkan biaya pembelian permanen sebesar 20 juta euro dengan biaya tambahan lainnya, serta kontrak selama lima tahun pada akhir musim ini.

Zaza sebelumnya mencetak gol untuk kemenangan Juventus di Betway Cup atas West Ham pada awal Agustus. Ia mengatakan tak sabar untuk segera bermain bersama The Hammers di bawah kepemimpinan manajer Slaven Bilic. “Saya ingin berterima kasih pada semuanya yang telah menyambut saya, termasuk para penggemar dan semuanya di West Ham. Saya ingin memulai pengalaman baru dan saya rasa ini adalah pilihan yang tepat untuk saya,” kata Zaza seperti dilansir dari situs resmi West Ham United.

Sabtu, 27 Agustus: Manuel Pellegrini latih Hebei China Fortune

Mantan pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini akan melatih klub Liga Super Tiongkok, Hebei China Fortune. Foto oleh Nigel Roddis/EPA

Manuel Pellegrini yang baru saja digantikan oleh Pep Guardiola di bulan Juni, meskipun memenangkan gelar juara Liga Primer di tahun 2014 dan membawa Manchester City ke babak semifinal Liga Champions musim lalu, akan melatih klub Liga Super Tiongkok, Hebei China Fortune.

Pellegrini adalah pelatih tersohor terakhir yang melatih Liga Super Tiongkok yang kini tengah berkembang pesat, menyusul Luis Felipe Scolari dan Sven-Goran Eriksson.

Hebei kini berada di peringkat lima di Liga Super Tiongkok dengan sisa tujuh pertandingan. Skuad Hebei saat ini terdiri dari mantan penyerang Arsenal Gervinho, mantan pemain muda Chelsea Gaël Kakuta dan pemain tim nasional Argentina Ezequiel Lavezzi.

Pellegrini sebelumnya sempat mengisyaratkan ingin tetap melatih di Liga Primer, bahkan sempat ingin pensiun kalau tidak menerima tawaran yang menarik untuknya.

Kamis, 25 Agustus: Chelsea beli kiper Dinamo Zagreb Eduardo 

Skuad Chelsea besutan Antonio Conte kembali menambah anggota baru. Kiper timnas Portugal pemenang Euro 2016 Chelsea membeli Eduardo dari klub lamanya Dinamo Zagreb dalam kontrak sepanjang satu musim, untuk menjadi pelapis bagi Thibaut Courtois dan Asmir Begovic.

Kamis, 25 Agustus: Barcelona resmi miliki kiper Ajax Jasper Cillessen

Setelah kepindahan kiper Claudio Bravo diresmikan, Barcelona mengumumkan pembelian atas Jasper Cillessen dari Ajax Amsterdam.

Kiper asal Belanda tersebut bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan dengan nilai kontrak sebesar 14 juta euro.

Kamis, 25 Agustus: Kiper Barca Claudio Bravo bergabung dengan Manchester City

Tim asuhan Pep Guardiola telah resmi membeli kiper nomor satu Barcelona Claudio Bravo.

Kiper asal Chile pemenang Copa America Centenario tersebut menandatangani kontrak sepanjang empat tahun dan akan menggantikan Joe Hart sebagi penjaga gawang utama di Etihad Stadium.

Jumat, 19 Agustus: Crystal Palace beli Benteke dari Liverpool

Striker Liverpool, Christian Benteke, akan pindah ke Crystal Palace. Foto oleh Peter Powell/EPA

Crystal Palace telah menyetujui nilai kontrak senilai 27 juta poundsterling untuk striker Liverpool, Christian Benteke. Ini adalah pembelian termahal Palace sepanjang sejarah.

Liverpool sebelumnya membeli Benteke dari Aston Villa setahun lalu, namun ia tidak klop dengan pelatih The Reds, Jurgen Klopp. Ia hanya mencetak 9 gol sepanjang musim lalu.

Rabu, 10 Agustus: Kapten Wales Williams pindah dari Swansea ke Everton

Kapten tim nasional Wales, Ashley Williams, yang membantu membawa negaranya ke semifinal Euro 2016, bergabung ke Everton dari Swansea City dengan ikatan kontrak 3 tahun.

Media Inggris melaporkan Everton membayar 12 juta pound untuk mendapatkan bek tengah berusia 31 tahun itu.

Manajer Everton Ronald Koeman menyebut Williams sebagai sosok untuk membantu menyumbat pertahanan yang hanya kemasukan 55 gol di liga musim lalu. Williams melakukan 36 penampilan liga untuk Swansea ketika mereka finish di peringkat ke-12 pada musim lalu.

Selasa, 9 Agustus: John Stones bergabung dengan Manchester City

Pep Guardiola menambah skuad Manchester City-nya dengan membeli bek Everton John Stones.

Stones telah menandatangani kontrak sepanjang enam tahun dengan City seharga 47,5 juta poundsterling. Harga tersebut membuatnya menjadi bek kedua termahal dalam sejarah.

Dalam situs resmi Manchester City, Stones mengaku gembira dapat bergabung bersama klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut.

“Saya sangat senang dapat bergabung bersama City dan karena saat ini kesepakatan telah dicapai, saya sangat menantikan langkah berikutnya dalam karir saya,” katanya.

Selasa, 9 Agustus: Pogba resmi kembali ke Manchester United

Gelandang Perancis Paul Pogba telah menyelesaikan proses kepindahannya kembali ke Manchester United setelah sebelumnya pindah ke Juventus dari MU pada musim panas 2012.

“Saya sangat senang kembali bermain untuk MU, klub yang selalu memiliki tempat spesial di hati saya. Dan saya juga sangat menantikan untuk bekerja bersama Jose Mourinho, kata Pogba dalam situs resmi klub.

Pesepakbola 23 tahun ini telah bermain untuk Juventus selama empat musim, mencetak 28 gol dari 124 penampilannya bersama Bianconeri.

“Saya selalu menikmati waktu saya di Juventus dan memiliki kenangan manis bersama klub dan teman-teman saya di sana. Namun saya merasa ini saat yang tepat untuk kembali ke Old Trafford.

Sementara Jose Mourinho memang dikabarkan telah mengincarnya sejak lama untuk menjadi salah satu pemain inti dari skuad MU racikannya.

“Paul adalah salah satu pemain terbaik di dunia dan akan menjadi kunci dari tim MU yang saya bangun saat ini dan di masa depan. Ia cepat, kuat, mencetak gol, dan dapat membaca permainan lebih baik dari pada pemain-pemain yang lebih dewasa darinya,” ujar manajer asal Portugal tersebut.

Meskipun tidak disebutkan secara resmi, media-media Inggris mengatakan bahwa MU harus membayar Juventus dengan harga pemecah rekor, 89 juta pounds atau setara dengan 105 juta euro, belum termasuk biaya agen. —Laporan AFP

Selasa, 9 Agustus: Jese Rodriguez tanda tangani kontrak dengan PSG

Winger asal Spanyol Jese Rodriguez telah resmi pindah dari Real Madrid ke Paris Saint-Germain setelah menandatangani kontrak sepanjang lima tahun pada Senin, 8 Agustus, waktu setempat.

Dalam pernyataan di situs resmi PSG, pemain 23 tahun ini mengaku senang dapat bergabung dengan juara Perancis tersebut.

“Saya senang dapat bergabung dengan PSG yang telah menjadi salah satu klub paling kompetitif di Eropa,” katanya setelah menandatangi kontrak.

“Seperti PSG, saya memiliki ambisi di musim depan dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bekerja sama dengan Unai Emery.”

Bersama tim utama Real Madrid sejak musim 2011/12, Jese telah memenangkan dua gelar Liga Champions, satu Piala Dunia antar Klub, satu gelar juara Liga dan satu Piala Raja.

Minggu, 7 Agustus: Pogba jalani periksa kesehatan di MU


Paul Pogba telah mendapatkan izin dari Juventus untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di AON Training Complex. Langkah ini semakin memantapkan jalannya untuk kembali ke Manchester United.

Selasa, 2 Agustus: Leroy Sane bergabung dengan Manchester City


Gelandang Jerman Leroy Sane telah menyelesaikan kepindahannya ke Manchester City dari Schalke 04 dengan biaya transfer sebesar 37 juta Poundsterling, plus tambahan lainnya. Pemain lulusan akademi Schalke 04 ini menandatangani kontrak selama 5 tahun.

Sane, yang turut serta dalam skuad Jerman di Euro 2016, telah mencetak 8 gol dalam 33 penampilannya di Bundesliga pada musim lalu. Schalke mengakhiri musim 2015/2016 di posisi kelima Bundesliga.

Seperti dilansir dari situs resmi Manchester City, Sane mengatakan salah satu alasannya pindah ke City adalah Pep Guardiola. “Ia meyakinkan saya untuk datang ke City, saya tahu saya akan belajar banyak darinya dan ini adalah langkah selanjutnya dalam karir saya.”

“Saya mengikuti Pep di Barcelona dan Bayern Munich di mana ia telah meraih banyak prestasi dan bekerja sangat baik dengan para pemain muda.”

Manajer City, Pep Guardiola mengatakan: “Di usia 20 tahun, ia masih berkembang sebagai seorang pemain namun sudah menjadi anggota tim nasional Jerman dan saya pikir ia akan menjadi aset berharga bagi klub kami. Kami sangat senang ia memutuskan untuk bergabung dengan Manchester City.”

 

Di hari yang sama, bek Chelsea Baba Rahman bergabung dengan Schalke 04 dengan status pinjaman untuk satu musim penuh. Pemain berusia 22 tahun yang bergabung dengan The Blues dari klub Bundesliga Augsburg pada tahun lalu, gagal mendapat tempat di skuad utama. 

 

Jumat, 29 Juli: Pogba segera kembali ke Manchester United

SANG JUARA. Gelanda Perancis Paul Pogba telah membawa Juventus merebut gelar Scudetto empat musim berturut-turut. Foto oleh Giuseppe Cacace/AFP

Paul Pogba akan kembali menjadi gelandang Manchester United setelah klub tersebut mencapai kesepakatan dengan Juventus pada Jumat, 29 Juli.

Menurut laporan Dailymail, MU harus merogoh kocek senilai 100 juta poundsterling demi pemain 23 tahun tersebut. MU dan Juventus setuju untuk mengambil fee sebesar 20 persen untuk agen Pogba, Mino Raiola, dari total harga transfer.

Pogba dikabarkan akan mendapatkan gaji sebesar 290 ribu poundsterling per pekan, ditambah bonus untuk Juventus jika Pogba memperpanjang kontraknya dengan MU atau memenangkan Ballon d’Or.

Bintang Perancis tersebut meninggalkan MU pada Juli 2012 setelah manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, menolak kontrak yang diajukan Raiola. Saat itu, Juventus hanya perlu membayar kompensasi sebesar 800 ribu poundsterling untuk memboyong Pogba ke Turin.

26 Juli: Gonzalo Higuain akhirnya resmi dibeli Juventus


Setelah lama dirumorkan, Juventus resmi membeli Gonzalo Higuain dari Napoli seharga 90 juta Euro, yang akan dibayarkan dalam dua tahun. Pemain yang mengawali kariernya bersama River Plate ini telah menandatangani kontrak yang akan mengikatnya selama lima tahun.

Dengan harga yang fantastis, penyerang berusia 28 tahun ini menjadi transfer ketiga termahal dalam sejarah sepak bola dunia, setelah Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale ke Real Madrid. Pembelian Higuain juga menjadi transfer paling mahal sepanjang sejarah Serie A.

Higuain memenangkan Capocannoniere, pencetak gol terbanyak Serie A pada musim lalu setelah membukukan 36 gol untuk Napoli yang menjadi runner up liga. Hanya Higuain dan Luca Toni yang berhasil membukukan lebih dari 30 gol dalam satu musim Serie A dalam abad ini. Luca Toni mencetak 31 gol untuk Fiorentina pada musim 2005/2006.

24 Juli: Kolo Toure berlabuh di Celtic, reuni dengan pelatih Brendan Rodgers

Mantan bek Liverpool yang kontraknya habis di pengujung musim lalu, Kolo Toure, akhirnya mendapat pelabuhan terbaru di jawara Liga Skotlandia, Glasgow Celtic.

Celtic mengumumkan kedatangan Toure secara lewat situs resmi mereka. Bek asal Pantai Gading itu memiliki kontrak berdurasi satu tahun dengan Celtic.

Di sana Toure akan bertemu kembali dengan mantan pelatihnya di Liverpool yang kini menangani Celtic, Brendan Rodgers.

Toure datang ke Celtic dengan mengantongi pengalaman di tiga klub besar Liga Utama Inggris yakni Arsenal, Manchester City, dan Liverpool dengan raihan dua kali gelar juara dan tiga trofi Piala FA.

“Saya membawa Kolo ke Liverpool untuk menambah faktor pengalaman dan sesekali membantu lapangan tengah di sana,” kata Rodgers.

24 Juli: David Moyes menjadi pelatih baru Sunderland

Pelatih baru Sunderland, David Moyes. Foto dari SAFC.com

David Moyes resmi menjabat sebagai pelatih baru, Sunderland, dengan kontrak berdurasi empat tahun. Pelatih asal Skotlandia itu bertugas menggantikan posisi Sam Allardyce yang ditunjuk menjadi juru taktik Timnas Inggris.

“Kami sangat senang menyambut David Moyes di Sunderland karena dia adalah pilihan pertama kami,” kata Ellis Short, seperti dikutip situs resmi Sunderland.

Moyes, yang pernah menukangi Manchester United dan Everton, mengaku gembira bisa memimpin Sunderland dalam empat tahun ke depan. 

“Saya gembira bergabung dengan Sunderland. Saya menikmati tantangan dan tertarik dengan kesempatan ini,” kata Moyes.

Sabtu, 23 Juli: Higuain resmi pindah ke Juventus?

Gonzalo Higuain dikabarkan pindah ke Juventus dengan harga 94,7 juta euro. Foto oleh Carlo Hermann/AFP

Berdasarkan laporan Sky Sport Italia, Gonzalo Higuain dikabarkan telah mengikuti tes medis di kota Madrid, Spanyol, sebagai salah satu bagian dari proses kepindahannya ke Juventus.

Juara Liga Italia Seria A musim 2015/2016 tersebut dikabarkan merogoh kocek sebesar 94,7 juta euro untuk menebus klausul buyout dan mendatangkan penyerang tersebut dari rival mereka, Napoli.

Higuain bergabung ke Napoli dari Real Madrid pada 2013 lalu. Ia merupakan pemain yang mencetak top scorer Serie A musim lalu dengan torehan 36 gol

Saat ini belum ada pernyataan resmi dari Juventus yang sedang menjalani tur dunia mereka di Australia.

Kamis, 21 Juli: Andre Gomes bergabung dengan Barcelona


FC Barcelona dan Valencia CF telah mencapai kesepakatan yang akan membawa Andre Gomes ke ibu kota Catalunya. Dilansir dari situs resmi Barcelona, Gomes akan menandatangani kontraknya minggu depan.

Gelandang asal Portugal berusia 22 tahun ini menjadi pembelian keempat untuk Blaugrana dalam bursa transfer kali ini, menyusul Denis Suarez, Samuel Umtiti, dan Lucas Digne.

Gomes adalah lulusan akademi Porto dan Benfica. Setelah bermain dengan tim utama Benfica pada 2012, ia dipinjamkan ke Valencia pada musim 2014/2015. Di sana, pemenang Euro 2016 ini tampil dalam 75 pertandingan dan mencetak delapan gol.

Kamis, 21 Juli: Marko Pjaca tandatangani kontrak 5 tahun di Juventus

Pada Kamis, 21 Juli, gelandang asal Kroasia Marko Pjaca jalani tes medis untuk melengkapi proses transfernya ke raksasa Italia, Juventus.


Marko Pjaca telah meresmikan kepindahannya dari Dinamo Zagreb dengan nilai transfer sebesar 23 juta Euro, untuk dibayarkan selama dua tahun. Dilansir dari situs resmi Juventus, Pjaca menandatangani kontrak untuk lima tahun.

Sebelumnya, Pjaca telah mengucapkan salam perpisahan bagi para suporternya di GNK Dinamo Zagreb. Pertandingan melawan Vardar pada Selasa, 19 Juli, lalu merupakan partai terakhirnya bersama klub Krosia tersebut.

Selain Juventus, Pjaca juga diincar klub Italia lainnya, AC Milan. Namun pemain berusia 21 tahun tersebut lebih tertarik bergabung dengan Si Nyonya Besar karena ia ingin bermain di Liga Champions dan memenangkan Scudetto.

Kamis, 21 Juli: Mario Goetze kembali ke Borussia Dortmund

Mario Goetze akan segera menyelesaikan transfernya dari Bayern Munich kembali ke Borussia Dortmund, dilansir dari Sky SportsGoetze diperkirakan akan menandatangani kontrak selama 4 tahun seharga 22 juta Euro, dengan tambahan berdasarkan pencapaiannya di klub.

Borussia Dortmund dan Bayern Munich telah mengkonfirmasi kepindahan pemain yang memenangkan Jerman di final Piala Dunia 2014 melalui Twitter.



Mario Goetze mencetak 22 gol dalam 83 pertandingan untuk Dortmund pada 2009 hingga 2013, berkontribusi pada dua gelar Bundesliga dan sebuah Piala Jerman (DFB-Pokal). Kepindahannya ke Bayern Munich pada tahun 2013 lalu cukup kontroversial, karena memicu kemarahan sebagian suporter Die Schwarzgelben. Pada bulan April lalu, beberapa suporter memajang papan yang menyatakan mereka tidak akan menerima Goetze kembali.

Namun, kesepakatan ini sudah hampir diresmikan. CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge pada pertandingan persahabatan dengan Manchester City menyebutkan kesepakatan antara kedua klub akan diselesaikan pada Kamis hari ini.

Goetze hanya tampil sebanyak 14 kali di Bundesliga pada musim lalu, di bawah kepemimpinan Pep Guardiola. Pemain berusia 24 tahun ini telah memenangkan 3 gelar Bundesliga, 2 DFB-Pokal, UEFA Super Cup, dan Club World Cup bersama Bayern Munich.

Rabu, 20 Juli: Liverpool gaet bek Estonia Ragnar Klavan

Liverpool telah berhasil menyelesaikan proses transfer bek Estonia Ragnar Klavan dari klub asalnya, Augsburg, pada Rabu, 20 Juli.

Klavan telah menyetujui kontrak jangka panjang setelah lolos te medis di Melwood, Liverpool, dan dilaporkan dihargai sebesar 4,2 juta poundsterling.

Pesepakbola berusia 30 tahun tersebut telah membela Estonia lebih dari 100 kali dan telah dikenal dengan baik oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, saat ia masih menjadi pelatih Borussia Dortmund di Bundesliga.

16 Juli: N’golo Kante ke Chelsea

Skuad Antonio Conte kedatangan pemain asing kedua untuk Liga Inggris musim 2016/2017 mendatang. Pemain tengah Leicester City, N’golo Kante, kini resmi menjadi pemain Chelsea FC.

Ia baru saja menandatangani kontrak selama 5 tahun ke depan. “Saya sangat bahagia bisa bermain untuk salah satu klub terbesar di Eropa. Ini seperti mimpi menjadi nyata bagi saya,” kata pemain 25 tahun ini.

Sebelum Chelsea, Kante sudah bermain untuk klub liga Inggris lainnya, Leicester City. Ia termasuk dalam skuad yang membawa the Foxes menjuarai liga musim lalu.

Pada Euro 2016, ia juga membela tim nasional Perancis, yang tumbang di tangan Portugal.

14 Juli: Medhi Benatia lolos tes medis Juventus

Pesepak bola asal Maroko Medhi Benatia tiba di Turin, Italia, untuk menjalani tes medis tes medis sebagai syarat pindahnya ke Juventus pada Kamis, 14 Juli, waktu setempat.

Tes medis yang dilakukan di JMedical tersebut usai pada sore hari.

Benatia pindah dari Bayern Munchen dan akan bergabung bersama skuad Gianluigi Buffon dan kawan-kawan mulai musim 2016/2017 mendatang.

13 Juli: Barcelona gaet Lucas Digne dari PSG


FC Barcelona dan Paris Saint-Germain telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain berusia 22 tahun, Lucas Digne. Pemain Perancis tersebut dikontrak untuk lima musim.

Seperti dilansir dari situs resminya, Barca telah membayar 16.5 juta Euro, dengan kemungkinan tambahan sebesar 4 juta Euro berdasarkan penampilan individual Digne dan juga tim secara keseluruhan. Buy out clause Digne sebesar 60 juta Euro.

Setelah mendapat tempat di skuad utama Lille, ia dibeli oleh PSG pada tahun 2013 hingga 2015. Digne dipinjamkan di AS Roma sepanjang musim 2015/2016, menghadapi Barca di fase grup Liga Champions. Ia telah bermain dalam 148 pertandingan untuk Lille, PSG, dan AS Roma dengan 6 gol dan 13 assists.

Lucas Digne dijadwalkan tiba di Barcelona hari Kamis, 14 Juli pagi waktu setempat untuk tes kesehatan dan menandatangani kontraknya.

12 Juli: Martin Skrtel pindah ke Fenerbahce


Bek Liverpool Martin Skrtel tiba di Bandara Atatürk, Istanbul pada malam waktu setempat dengan jet pribadi untuk segera meresmikan kepindahannya ke salah satu klub terbesar Turki, Fenerbahce.

Klub yang berbasis di Istanbul tersebut mencuit foto-foto Skrtel di akun Twitter resmi mereka. Pemain timnas Slovakia tersebut berpose dengan syal Fenerbahce dan sempat berbicara ke reporter yang menyambutnya di bandara.

Skrtel berkata, “Saya tidak mengira akan banyak orang yang hadir. Saya sangat senang berada di sini dan tidak sabar untuk segera bermain di hadapan suporter Fenerbahce.” Musim lalu, Fenerbahce meraih tempat sebagai juara kedua Super Lig Turki dan akan bermain di Liga Champions pada musim 2016/2017. 

Sebelumnya, Skrtel yang kini berusia 31 tahun tidak mendapat tempat di skuad utama Jurgen Klopp, hanya tampil sebanyak 27 kali dari 63 pertandingan. Tibanya Joel Matip dari klub Schalke 04 dan penampilan Joe Gomez yang kian membaik semakin memperkecil kemungkinan Skrtel untuk mendapat waktu bermain.

12 Juli: Samuel Umtiti resmi bergabung dengan Barcelona


FC Barcelona telah membeli bek asal Perancis Samuel Umtiti dari Olympique Lyonnaise untuk 5 musim ke depan. Blaugrana telah membayar 25 juta Euro kepada pemain berusia 22 tahun tersebut, dengan buy out clause sebesar 60 juta Euro.

Samuel Umtiti akan tiba di Barcelona pada Kamis, 14 Juli siang waktu setempat untuk sesi foto. Pada Jumat pagi, 15 Juli, ia akan menjalani tes medis sebelum menandatangani kontraknya.

3 Juli: Arsenal gaet penyerang Jepang

 

 

#WelcomeTakuma #Arsenal

A photo posted by Arsenal Official (@arsenal) on Jul 3, 2016 at 3:04am PDT

 

Arsenal telah mencapai kesepakatan untuk memboyong penyerang berusia 21 tahun dari Jepang, Takuma Asano, dari klub J-League Sanfrecce Hiroshima.

Asano merupakan salah satu pemain skuad tim nasional Jepang yang akan berlaga dalam Olimpiade Rio pada Agustus mendatang.

“(Asano adalah) seorang penyerang berbakat dan memiliki masa depan yang gemilang,” kata manajer Arsenal, Arsene Wenger, di situs resmi klub.

3 Juli: Batshuayi bergabung dengan Chelsea

Michy Batshuayi resmi menandatangani kontrak sepanjang lima tahun bersama Chelsea. Penyerang asal Belgia tersebut pindah dari klub lamanya, Marseille, dengan perkiraan harga senilai 32,9 juta poundsterling.

Batshuayi bergabung bersama dua rekan senegaranya yang telah bersama Chelsea lebih dulu.

“Eden Hazard dan Thibaut Courtois telah mengatakan pada saya banyak hal baik tentang klub. Dan dengan kehadiran [pelatih] Antonio Conte, sekarang adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk menjadi pemain Chelsea,” katanya. 

3 Juli: Leicester gaet Mendy dari Nice

Juara Liga Primer musim lalu, Leicester City, telah mencapai kesapakatan dengan mantan gelandang U-21 Perancis, Nampalys Mendy, dari Nice. Mendy setuju untuk menandatangani kontrak sepanjang empat tahun.

Pemain berusia 24 tahun yang membantu Nice finish di posisi empat Ligue 1 musim lalu dikabarkan dihargai sebesar 16 juta euro.

“Saya sangat senang bisa bergabung di Leicester City. Tim baru saja melewati musim yang menakjubkan dan sangat menyenangkan bisa berada di sini,” kata Mendy.

2 Juli: Manchester United resmi beli Henrikh Mkhitaryan 

Henrikh Mkhitaryan resmi bergabung dengan Manchester United. Akun twitter Borussia Dortmund mengumunkan hal tersebut lewat akun Twitter resminya.

Pemain 27 tahun asal Armenia ini menjadi atlet non-Inggris ketiga yang dibeli klub Setan Merah tahun ini. Sebelumnya, MU di bawah pimpinan Jose Mourinho telah merekrut Zlatan Ibrahimovic dan Eric Bailly.

1 Juli: Manchester City resmi gaet Nolito

Penyerang Spanyol Manuel Agudo Duran yang dikenal dengan nama Nolito resmi bergabung dengan Manchester City. 

Kabar tersebut diumumkan langsung lewat situs resmi City pada Jumat, 1 Juli.

“Sang penyerang Spanyol bergabung bersama The Blues dari Celta Vigo di mana ia mencetak 39 gol dalam 103 pertandingan,” demikian tertulis dalam pernyataan resmi klub.

Nolito resmi pindah dari Celta Vigo dan menandatangani kontrak empat tahun dengan klub Inggris tersebut.

Saat debutnya di Celta Vigo pada 2013, penyerang 29 tahun ini memberikan kenangan manis bagi timnya. Lewat tendangan sudutnya, ia memaksa Cristiano Ronaldo membuat gol bunuh diri dan memberikan kemenangan pertama Celta Vigo atas Real Madrid  selama 40 tahun terakhir.

30 Juni: Zlatan Ibrahimovic umumkan kepindahannya ke Manchester United

Time to let the world know. My next destination is @manchesterunited #iamcoming

A photo posted by IAmZlatan (@iamzlatanibrahimovic) on


Kabar yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Striker berkebangsaan Swedia, Zlatan Ibrahimovic, mengumumkan kepindahannya ke Manchester United melalui akun Instagramnya, @IAmZlatan.

Ibrahimovic hanya mengunggah logo klub asal Manchester tersebut dengan tulisan: “Saatnya untuk dunia tahu. Destinasi saya yang berikutnya adalah Manchester United.”

Tentunya ini sudah tidak menjadi kejutan lagi, mengingat rumor kepindahannya ke Old Trafford seakan hanya menunggu konfirmasi saja.

Sebelumnya, Ibrahimovic berencana mengumumkan “pengumuman besar” pada 7 Juni, namun tidak ada yang terjadi hari itu. Ia mengatakan “Akan ada pengumuman besar pada tanggal 7. Itu akan menjadi bom besar musim panas ini.”

Zlatan Ibrahimovic akan pindah ke MU dari Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer, kontraknya habis pada tanggal 30 Juni 2016. Pelatih baru MU Jose Mourinho dikabarkan berencana menjadikan Ibrahimovic sebagai pemain pertama.

28 Juni: Sadio Mane bergabung dengan Liverpool

Penyerang Senegal Sadio Mane telah resmi bergabung bersama Liverpool setelah klub lamanya, Southampton, mencapai kesepakatan kontrak jangka panjang yang tidak diumumkan besarannya pada Selasa, 28 Juni.

Media Inggris ramai mengatakan bahwa nilai transfer Mane mencapai 30 juta poundsterling. Jika rumor tersebut benar, pemegang rekor hattrick tercepat di Liga Primer tersebut merupakan pemain termahal Liverpool ketiga, setelah Andy Caroll (35 juta pounds) dan Christian Benteke (32,5 juta pounds).

“Hari ini merupakan hari yang besar dan saya sangat senang dapat bergabung dengan salah satu klub terbesar di Eropa,” kata Mane seperti dikutip dari situs resmi klub.

Musim lalu, penyerang yang baru berusia 24 tahun ini menjadi kunci prestasi Southampton yang berhasil berada di posisi enam klasemen Liga Primer Inggris, dua peringkat di atas Liverpool.

27 Juni: Dani Alves bergabung dengan Juventus

Setelah delapan tahun berkarir bersama Barcelona, bek asal Brasil Dani Alves akhirnya berlabuh di Juventus.

Alves tiba di Turin, Italia, pada Minggu, 26 Juni waktu setempat, untuk mengikuti tes medis bersama juara bertahan Serie A tersebut.

Simak pesan pemain 33 tahun ini untuk para penggemar barunya di Italia.

23 Juni: Jamie Vardy perpanjang kontrak di Leicester

Vardy mengenakan gips biru untuk melindungi pergelangan tangan kanannya yang sudah tiga kali retak. Foto oleh EPA

Juara Liga Utama Inggris, Leicester City, mengumumkan kesepakatan perpanjangan kontrak dengan penyerang andalannya, Jamie Vardy. Penyerang berusia 29 tahun itu menandatangani kontrak baru yang berdurasi empat tahun, dan menepis rumor ia akan bergabung dengan Arsenal.

“Kedua belah pihak berharap pengumuman ini akan menghentikan spekulasi yang belakangan bermunculan terkait masa depan Jamie dan memastikan komitmen jangka panjangnya bersama Leicester,” demikian pernyataan Leicester seperti dikutip dari situs resmi klub.

Vardy belakangan santer dikabarkan bakal hijrah ke Stadion Emirates, London, untuk bergabung dengan The Gunners.

Musim lalu Vardy mencetak 24 gol dalam 36 kali penampilan yang membantu Leicester meraih gelar Liga Utama Inggris pertama mereka. Vardy bergabung dengan Leicester pada musim 2012-2013 dan saat ini telah mencetak 49 gol dalam 133 kali penampilan.

Saat ini Vardy tengah membela tim nasional Inggris di putaran final Piala Eropa 2016. Baca profil Jamie Vardy di sini.

21 Juni: Alvaro Morata kembali ke Real Madrid

Real Madrid telah resmi memberitahukan kepada Juventus bahwa klub Spanyol tersebut akan mengaktifkan hak pembelian kembali Alvaro Morata pada bursa transfer kali ini.

Dalam perjanjian saat kepindahan Morata dari Madrid ke Juventus, tertulis bahwa Real Madrid dapat membeli kembali penyerang Spanyol tersebut dengan harga 30 juta euro. Sebelumnya, Juventus membeli Morata pada pertengahan 2014 lalu. Ia telah bermain bersama Juventus sebanyak 93 pertandingan dan mencetak 27 gol.

Dalam pernyataan resmi klub, Morata akan segera bergabung bersama tim utama Real Madrid dalam latihan pra-musim di bawah asuhan Zinedine Zidane.

17 Juni: Nicolas Gaitan resmi bergabung dengan Atletico Madrid

Gelandang Argentina Nicolas Gaitan resmi pindah ke runner-upLiga Champions musim lalu, Atletico Madrid, dari Benfica dengan kesepakatan harga senilai 25 juta euro.

Pesepakbola berusia 28 tahun tersebut saat ini sedang bertanding membela negaranya di Copa America Centenario.

Gaitan bermain selama enam musim di Benfica, mencetak 41 gol di 252 pertandingan dan berhasil meraih gelar juara liga sebanyak tiga kali sekaligus mencapai babak final Liga Europa di tahun 2013 dan 2014. Sebelum bergabung dengan Benfica, ia pernah bermain untuk klub Boca Junior.

 

13 Juni: Miralem Pjanic telah menyelesaikan tes medis di Juventus

Gelanda asal Bosnia, Miralem Pjanic, dikabarkan akan segera hengkang dari klub lamanya AS Roma untuk bergabung bersama juara Serie A musim 2015/2016 Juventus.

Pjanic telah menyelesaikan tes medis di pusat kesehatan milik Juventus di Kota Turin pada Senin, 13 Juni. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari klub mengenai kesepakatan pindahnya gelandang berusia 26 tahun tersebut.

8 Juni: Bek Pantai Gading Eric Bailly pindah ke Manchester United

Pemain bertahan asal Pantai Gading, Eric Bertrand Bailly telah resmi pindah ke Manchester United dari Villareal. Bailly menandatangani kontrak empat tahun dengan opsi perpanjangan hingga dua tahun kemudian.

Kabar tersebut telah diumumkan secara resmi oleh klub Inggris tersebut lewat situsnya.

Bailly adalah bek berusia 22 tahun yang telah bermain untuk Villareal sebanyak 47 kali sejak bergabung pada 29 Januari 2015 lalu.

5 Juni: Ibrahimovic akan lakukan ‘pengumuman besar’ hari Selasa

PECAHKAN REKOR. Striker PSG Zlatan Ibrahimovic merayakan golnya ke gawang Olympique Marseille dalam laga Liga Prancis pada 4 Oktober 2015. Foto oleh Ian Langsdon/EPA

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Zlatan Ibrahimovic mengungkapkan bahwa akan ada “pengumuman besar” Selasa, 7 Juni, waktu setempat, di tengah spekulasi kepindahannya ke Manchester United.

Berbicara kepada stasiun televisi Swedia, Fotbollskanalen, setelah timnasnya menang 3-0 melawan Wales, Ibrahimovic berkata, “Akan ada pengumuman besar pada tanggal 7. Itu akan menjadi bom besar musim panas ini. Banyak hal yang akan terjadi bersama kabar ini, oleh karena itu semoga Anda semua menikmatinya.”

Striker yang akan bebas transfer 30 Juni nanti ketika kontraknya dengan PSG telah habis, tidak memastikan tujuan berikutnya. 

Namun satu sumber yang dekat dengan Manchester United mengatakan bahwa Setan Merah sudah melewati kemajuan dalam pembicaraan untuk mendatangkan bintang Swedia itu dalam kontrak berdurasi satu tahun.

Pelatih baru MU pun, Jose Mourinho, dikabarkan sangat kepincut oleh Ibrahimovic dan berencana merekrutnya sebagai pemain pertama.

4 Juni: Leicester City boyong kiper Jerman, Ron-Robert Zieler

Leicester City memboyong kiper tim nasional Jerman, Ron-Robert Zieler, dengan kontrak empat tahun dari tim Hannover 96.

Namun, nilai untuk mendatangkan Zieler tidak diungkap.

Zieler (27 tahun), salah satu kiper cadangan pasukan Manuel Neuer di tim nasional Jerman yang memenangi Piala Dunia 2014, akan bersaing memperebutkan posisi starter di Leicester dengan kiper nomor satu Foxes saat ini, Kasper Schmeichel. 

“Senang rasanya bisa datang ke Leicester dan bergabung dengan klub ini setelah mereka mengalami musim yang sangat hebat,” kaya Zieler setelah menandatangani kontrak yang akan berlaku hingga 2020.

3 Juni: Dani Alves tinggalkan Barcelona

Bek kanan Brazil, Dani Alves, menyatakan terima kasih kepada Barcelona setelah dia mengumumkan akan meninggalkan klub tersebut setelah membawa klub asal Catalan itu meraih dua gelar musim lalu.

Alves (33 tahun), yang ikut memenangi 23 gelar bersama Barca, kini menjadi agen bebas.

Ia tidak mengisyaratkan rencana akan berlabuh ke klub mana, namun agennya mengatakan bahwa Alves telah bertemu perwakilan klub juara Liga Italia, Juventus, serta beberapa klub Eropa lainnya.

“Saya pergi namun akan kembali karena saya juga merupakan pendukung Barcelona seperti yang lain,” kata Alves.

“Saya bangga, bekerja keras dan beruntung bisa memakai kaos klub terbaik dunia dalam satu dekade yang menyenangkan, saya ucapkan terima kasih kepada para pemain dan pelatih,” katanya.

2 Juni: Gundogan jadi pemain baru pertama Manchester City musim depan

Manchester City memboyong gelandang Ilkay Gundogan dari Borussia Dortmund dengan kontrak empat tahun.

Gelandang tim nasional Jerman itu menjadi pemain pertama yang digaet pelatih baru The Citizens, Pep Guardiola, sejak dia menggantikan Manuel Pellegrini.

Pemain berusia 25 tahun tersebut, yang sudah 16 kali membela Jerman dan mengoleksi empat gol, mengonfirmasikan kabar itu dalam sebuah video yang diunggah di Twitter resmi City.

“Halo, suporter City. Kalian sudah lama meng-tweet-ku dan saya secara resmi mengumumkan bahwa saya sekarang pemain Manchester City. Sampai jumpa,” kata Gundogan yang kontraknya dengan Dortmund akan berakhir pada Juni 2017.

Gundogan, yang sudah bermain di 157 pertandingan selama lima tahun merumput bersama Dortmund, menambahkan di mcfc.co.uk: “Saya senang bisa bergabung dengan Manchester City.” 

2 Juni: Mantan bos Chelsea, Di Matteo, menjadi pelatih Aston Villa

Mantan bos Chelsea, Di Matteo, menjadi pelatih Aston Villa. Foto dari avfc.co.uk

Aston Villa telah menunjuk mantan bos Chelsea, Roberto Di Matteo, sebagai manajer baru mereka.

Pria berusia 46 tahun yang pernah membesut West Bromwich Albion dan Schalke, menggantikan Remi Garde, yang dipecat Villa pada Maret sebelum mereka terdegradasi dari Liga Inggris.

Mantan rekan setimnya di Chelsea, Steve Clarke, akan menjadi asisten barunya.

Mantan gelandang timnas Italia ini pernah memenangi Liga Champions saat menjadi manajer Chelsea pada 2012.

31 Mei: Radja Nainggolan tolak pindah ke Chelsea, tapi bersedia pindah ke MU

Radja Nainggolan saat merayakan golnya ke gawang Inter Milan, pada 19 Maret 2016. Foto oleh Riccardo Antimiani/EPA

Pemain AS Roma yang memiliki darah Indonesia, Radja Nainggolan, dikabarkan menolak kesempatan untuk bergabung dengan Chelsea. Tapi ia tak menutup kemungkinan untuk pindah ke Manchester United — jika ada yang menawari.

The Sun memberitakan pemain timnas Belgia ini rumornya diincar pelatih baru Chelsea asal Italia, Antonio Conte, untuk memperkuat lini tengah The Blues.

Media memberitakan klub asal London, Inggris, itu menawarkan 27 juta poundsterling untuk Nainggolan, namun Roma meminta 35 juta poundsterling.

Gazetta dello Sport melaporkan bahwa pemain berusia 28 tahun itu mengatakan lebih suka bermain di Serie A, daripada harus pindah ke Chelsea. Namun, ia bersedia pindah ke Liga Primer jika Manchester United memberinya penawaran. 

Nainggolan dikabarkan tertarik dengan gaya kepelatihan manajer baru Setan Merah, Jose Mourinho.

30 Mei: Marcus Rashford tandatangani kontrak 4 tahun di MU

Marcus Rashford cetak gol kemenangan Manchester United atas Manchester City pada 20 Maret 2016. Foto dari Facebook

Penyerang belia Manchester United, Marcus Rashford, menyetujui kontrak baru berdurasi empat tahun bersama Setan Merah.

Pemain 18 tahun itu tampil pertama kali pada Februari silam dan mampu menunjukkan performa gemilang, yang berpuncak pada gol perdananya untuk tim nasional Inggris sekaligus sebagai rekor pencetak termuda untuk negaranya.

Kinerjanya telah diakui oleh United, dan kedua belah pihak sudah menyepakati kontrak dengan gaji 25.000 poundsterling per pekan yang membuatnya akan bermain untuk MU hingga 2020.

Kesepakatan baru tersebut naik signifikan dibandingkan gaji lamanya senilai 1.500 poundsterling per pekan, sekaligus menunjukkan Rashford ada dalam rencana pelatih baru MU, Jose Mourinho.

27 Mei: Jose Mourinho tandatangani kontrak jadi pelatih Manchester United

Jose Mourinho dilaporkan telah menandatangani kontrak menggantikan Louis van Gaal sebagai pelatih baru Manchester United. Foto oleh Will Oliver/EPA

Jose Mourinho dilaporkan telah menandatangani kontrak sebagai pelatih baru Manchester United.

Sky Sports melaporkan Mourinho bertemu dengan bos Manchester United, Ed Woodward, di sebuah hotel di London untuk melakukan penandatanganan kontrak.

Dalam pertemuan itu, The Special One — julukan Mourinho — mengenakan jas hitam dengan dasi berwarna merah dan hitam, yang melambangkan Setan Merah.

Mantan pelatih Chelsea tersebut diharapkan akan mengembalikan MU ke masa kejayaan setelah akhir musim 2015/2016 di bawah kepelatihan Louis van Gaal.

26 Mei juga merupakan hari yang bersejarah bagi Mou ketika ia untuk pertama kalinya memenangkan gelar Liga Champions bagi klub asal Portugal, Porto. Sejak itulah namanya mulai diperhitungkan sebagai pelatih elite di dunia. Selengkapnya di Rappler.com.

26 Mei: Meski terdegradasi, Benitez tandatangani kontrak 3 tahun di Newcastle

MEMBUAT KESALAHAN. Foto diambil pada 4 Oktober lalu, saat Rafael Benitez memimpin Real Madrid dalam pertandingan melawan Atletico Madrid. Foto oleh Javie Soriano/AFP

Rafael Benitez menandatangani kontrak tiga tahun untuk tetap melatih Newcastle United setelah menyetujui untuk mewujudkan hasrat mereka agar secepatnya kembali ke Liga Utama Inggris.

Benitez yang musim lalu menangani Real Madrid dikontrak oleh Newcastle pada Maret silam untuk membawa tim ini keluar dari zona degradasi, namun misi itu gagal dia capai.

Manajer asal Spanyol berusia 56 tahun itu hanya memenangkan tiga dari 10 pertandingan yang dia pimpin sehingga Newcastle finish pada urutan 18 atau dua poin di bawah rival sekota yang berhasil bertahan di Liga Utama Inggris, Sunderland, yang menempati posisi 17.

“Saya senang sekali tetap di Newcastle United,” kata Benitez yang pernah membawa trofi Liga Champions untuk Liverpool pada 2005.

26 Mei: Tak diinginkan di Milan, Balotelli kembali ke Liverpool

AC Milan tak perpanjang masa peminjaman Mario Balotelli. Foto oleh EPA

Penyerang asal Italia, Mario Balotelli, kembali ke Liverpoolsetelah AC Milan tidak memperpanjang masa peminjamannya.

Semusim di Milan, Balotelli hanya mampu mengemas satu gol dalam 20 penampilan. Akibat penampilan buruknya, nama pemain temperamental tersebut pun tidak diikutsertakan dalam skuat Italia untuk Piala Eropa 2016.

Padahal bulan lalu, Balotelli pernah sesumbar ia tidak akan kembali ke Liverpool karena tidak merasa bahagia di klub Inggris itu.

“Saya ingin tetap berada di Milan. Saya tidak ingin kembali ke Liverpool. Saya tidak pernah berbahagia berada dan bermain di Liverpool. Di sini Milan punya uang,” katanya.

23 Mei: Manchester United resmi pecat Louis van Gaal

LVG OUT. Manajer Manchester United Louis van Gaal akhirnya dipecat dari jabatan yang telah dipegangnya selama dua tahun. Foto oleh Lindsey Parnaby/AFP

Louis van Gaal (LVG), akhirnya resmi dicopot dari jabatannya di Manchester United, setelah The Red Devil gagal masuk ke zona Liga Champions pada klasemen Liga Inggris musim lalu.

Padahal, dua hari sebelum pemecatan, manajer asal Belanda tersebut berhasil membawa pulang trofi FA Cup ke Old Trafford — yang pertama buat Setan Merah dalam 12 tahun terakhir.

“Saya kecewa tidak dapat menyelesaikan kontrak tiga tahun yang sebelumnya telah disepakati,” kata van Gaal.

21 Mei: Sinclair tinggalkan Liverpool, pergi ke Watford

Penyerang muda Liverpool, Jerome Sinclair, pindah ke Watford. Foto dari liverpoolfc.com

Penyerang muda Liverpool, Jerome Sinclair, telah menandatangani kontrak bersama Watford. Ia menyudahi kebersamaan selama empat tahun bersama The Reds.

Penyerang berumur 19 tahun kelahiran Birmingham itu pindah ke Vicarage Road dengan kontrak empat tahun. 

Sinclair bergabung dengan klub berjuluk The Hornets dengan status bebas transfer dan akan diperkenalkan dengan tim barunya pada 1 Juli. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.