5 hal tentang aktor ‘Star Trek’ Anton Yelchin

Rappler.com
5 hal tentang aktor ‘Star Trek’ Anton Yelchin
Anton Yelchin meninggal dunia karena kecelakaan di usia 27 tahun

JAKARTA, Indonesia—Berita duka kembali menyelimuti dunia hiburan. Aktor pemeran Pavel Chekov dalam film franchise Star Trek, Anton Yelchin, meninggal dunia pada Minggu, 19 Juni, dalam kecelakaan tunggal di Los Angeles, Amerika Serikat.

Aktor bernama lengkap Anton Viktorovich Yelchin yang baru berusia 27 tahun ini ditemukan meninggal oleh temannya, terjepit di antara pagar pembatas dengan mobilnya yang masih hidup.

Berikut lima hal tentang aktor Anton Yelchin yang mungkin belum kamu ketahui.

Pindah ke AS karena tekanan agama dan politik

Yelchin lahir pada 11 Maret 1989 di Leningrad, Uni Soviet (kini St. Petersburg, Rusia). Keluarganya beragama Yahudi, yang membuat mereka mendapatkan tekanan agama dan politik di Uni Soviet pada masa itu.

Bahkan Yelchin pernah mengatakan bahwa kakek dan neneknya mengalami penindasan yang membuatnya tidak dapat mengerti apa yang Stalin (presiden Uni Soviet) lakukan.

Akhirnya, keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada September 1989, saat Yelchin masih berusia enam bulan, setelah mendapatkan status suaka dari pemerintah AS.

Lahir dari pasangan atlet seluncur

Kedua orang tuanya, Irina Korina dan Viktor Yelchin, merupakan pasangan atlet seluncur yang menjadi bintang di Leningrad Ice Ballet selama 15 tahun.

Irina dan Viktor bahkan sempat menjadi pasangan nomor tiga nasional, namun sempat dilarang bertanding dalam Olimpiade Musim Dingin pada 1972 karena alasan yang tidak jelas. Mungkin karena mereka Yahudi, tetapi mungkin juga karena mereka tidak diizinkan keluar Uni Soviet.

Pernah menjadi pemain band

Sejak kecil, Yelchin merasa tidak terlalu berbakat dalam figure skating, profesi kedua orang tuanya. Ia sempat menjadi anggota band bernama The Hammerheads, namun tidak lama kemudian grup tersebut bubar.

Namun Yelchin tetap suka bermain gitar dan seorang penggemar berat jenis musik akustik blues.

Memulai akting dari usia 9 tahun

Yelchin memulai karier aktingnya saat masih berusia sembilan tahun lewat film independen berjudul A Man is Mostly Water. Beberapa peran di awal karirnya antara lain sebagai Jackson dalam A Time for Dancing, sebagai Milo dalam Delivering Milo, sebagai Tommy Warshaw dalam House of D, dan mendapatkan peran sebagai Jacob Clarke dalam serial mini karya Steven Spielberg Taken.

Terkenal sejak film ‘Alpha Dog’

Namanya mulai diperhitungkan sebagai aktor setelah membintangi film Alpha Dog bersama aktor Bruce Willis dan Justin Timberlake pada tahun 2007.

Ia memerankan Zack Mazursky, seorang korban penculikan dan pembunuhan. Koran USA Today mengatakan penampilan Yelchin dalam film tersebut “sangat menawan”.

Perannya inilah yang membuat sutradara JJ Abrams tertarik untuk mengajaknya bermain sebagai Chekov dalam film remake Star Trek pada 2009.—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.