Gempa 5,3 SR landa Mentawai

Rappler.com
Gempa 5,3 SR landa Mentawai
Gempa tidak berpotensi tsunami.

JAKARTA, Indonesia — BMKG melaporkan gempa bumi dengan kekuatan 5,3 SR di laut dengan kedalaman hiposentrum 34 km pada 98 km tenggara, Kepulauan Mentawai, pada Selasa, 21 Juni.

Kejadian berlangsung pukul 21:23 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Sumber gempa berasal dari jalur subduksi pada pertemuan lempeng Hindia Australia dan Lempeng Eurasia,” kata Kabid Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, lewat siaran pers.

Mentawai merupakan daerah yang rawan tinggi gempa dan tsunami.

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Daerah (BPBD), camat, dan masyarakat di sekitar Mentawai, guncangan gempa terasa kuat selama kurang lebih 20 detik di Siberut barat daya.

Gempa terasa cukup keras di Tua Pejat selama kurang lebih 15 detik. Masyarakat setempat sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Saat ini kondisi sudah kondusif kembali dan belum ada dampak laporan kerusakan.

Intensitas gempa III-IV MMI di Tua Pejat, III MMI di Siberut dan II MMI di Kota Padang. Dengan skala intensitas gempa dirasakan seperti itu diperkirakan tidak akan menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan.-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.