Lailatul Qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan

Rappler.com
Lailatul Qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan
Apa keistimewaan malam Lailatul Qadr?

JAKARTA, Indonesia—Lailatul Qadr jika diartikan bermakna malam kemuliaan, salah satu malam di bulan Ramadan yang digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Gambaran tersebut tertuang dalam kitab suci Al-Quran surat Al-Qadr ayat 1-5.

“Sesungguhnya Kami telah mengirimkan yang demikian di Malam Kemuliaan. Dan tahukah kamu apa Malam Kemuliaan itu? Malam Kemuliaan itu lebih baik dibanding seribu bulan; ketika para malaikat beserta Sang Ruh (malaikat Jibril) turun melalui izin Tuhan mereka untuk tugas masing-masing, kesejahteraan di dalamnya sampai terbit fajar.”

Malam Lailatul Qadr merupakan malam turunnya Al-Quran dan dipercaya memiliki berbagai keistimewaan. Apa keistimewaannya? Salah satunya tertulis dalam hadist berikut.

Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘ .. Barang siapa menghayati malam Lailatul Qadr dengan mengerjakan sembahyang (dan berbagai jenis ibadah yang lain), sedang ia beriman dan mengharapkan rahmat Allah Taala, niscaya ia diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu,” demikian hadist riwayat Bukhari.

Nabi Muhammad SAW telah memberikan bocoran beberapa ciri malam Lailatul Qadr yang tertuang dalam hadist-hadistnya. Salah satunya diceritakan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini.

Keesokan hari malam Qadr matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar seperti nampan.

Berbagai ulama mengatakan bahwa Lailatul Qadr berada pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Oleh karena itu banyak umat Muslim yang melakukan ibadah i’tikaf di hari-hari menjelang Idul Fitri.

Pendapat ini didasarkan pada salah satu hadist Rasulullah SAW.

Dari Aisyah r.a., Rasulullah SAW beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda yang artinya: ‘Carilah malam Lailatul Qadr di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan,” demikian tertulis dalam hadist yang diriwayatkat oleh Bukhari dan Muslim.

Sudah siap mengejar kemuliaan malam Lailatul Qadr? —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.