Portugal vs Wales lebih dari persaingan Ronaldo dan Bale

Rappler.com
Portugal vs Wales lebih dari persaingan Ronaldo dan Bale
Ini adalah pertama kali dalam sejarah Wales mencapai babak semifinal Euro 2016

JAKARTA, Indonesia — Tim nasional Wales mengukir sejarah. Untuk pertama kalinya di Piala Euro, Wales sukses melangkah sejauh babak semifinal.

Portugal akan menjadi lawan mereka di babak empat besar ini yang akan digelar pada 7 Juli. Wales masuk ke semifinal usai mencatat kemenangan bersejarah atas Belgia dengan skor 3-1 pada Jumat, 1 Juli.

Penyerang timnas Wales, Gareth Bale, menegaskan semifinal Euro 2016 ini adalah pertandingan antara negaranya melawan Portugal, bukan duel individu antara ia dengan rekan setimnya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Bagaimanapun publik dan media tetap akan menyoroti persaingan Bale dan Ronaldo — keduanya adalah pemain termahal dunia dalam sejarah sepak bola. Namun Bale tampak tak peduli soal pertempuran pribadinya dengan Ronaldo. Karena menurutunya, hasratnya adalah menciptakan sejarah untuk Wales. 

“Ini adalah Portugal versus Wales, tidak lebih dari itu,” kata Bale ketika ditanya soal Ronaldo, seperti dikutip dari ESPN, pada Sabtu, 2 Juli.

Ronaldo akan bertemu rekan setimnya di Real Madrid, saat Portugal berhadapan dengna Wales di semifinal Euro 2016. Foto dari Facebook

“Ini di tangan kami sekarang. Kami harus terus melakukan yang telah kami lakukan dan kami akan tetap berpegang pada itu,” kata mantan striker Tottenham Hotspur itu.

Wales hanya merasakan turnamen besar pada Piala Dunia 1958 di Swedia, namun dikalahkan Brasil 1-0 lewat gol Pele pada perempatfinal.

Namun kini, tim asuhan Chris Coleman berhasil mengejutkan kritikus saat membungkam Belgia di Lille, Perancis, melalui gol dari kapten Ashley Williams, Hal Robson-Kanu, dan Sam Vokes.

“Kami sangat bangga atas apa yang tim 1958 lakukan,” kata Bale. “Mereka memiliki beberapa pemain yang luar biasa.

“Tapi kami selalu berbicara bahwa ini waktu kami untuk bersinar, dan kami telah melakukan itu. Ini akan menjadi hari yang menakjubkan, kami sudah membuat sejarah dan mudah-mudahan bisa membuat lebih banyak.”

Bale menambahkan, “Kami menikmati berada di sini, kami menikmati perjalanan. Sudah waktunya dan kami menatap laga semifinal.”

Salah satu kendala bagi Wales saat menghadapi Portugal adalah absennya jenderal lini tengah, Aaron Ramsey, akibat akumulasi kartu kuning. Ramsey telah menyumbang satu gol dan empat assists untuk mendorong Wales sampai ke semifinal. —Rappler.com

Baca laporan Rappler tentang Euro 2016:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.