Antoine Griezmann ‘top scorer’ Euro 2016

Rappler.com
Antoine Griezmann ‘top scorer’ Euro 2016
Griezmann mencetak 6 gol sepanjang Euro 2016, Ronaldo dan Giroud masing-masing 3

JAKARTA, Indonesia — Penyerang tim nasional Perancis, Antoine Griezmann, meraih penghargaan Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak dalam turnamen Euro 2016, Minggu, 10 Juli.

Griezmann membukukan 6 gol sepanjang turnamen ini. Ia mengungguli striker Portugal, Cristiano Ronaldo, dan rekan senegaranya, Olivier Giroud, yang sama-sama melesakkan 3 gol.

Namun ia tak mengaku bahagia atas pencapaian pribadinya ini. Sebab, timnya kalah 0-1 di final oleh Portugal.

“Mungkin nanti saya akan merasa bangga, tapi untuk saat ini, segalanya adalah tentang grup,” kata Griezmann usai lagai kontra Portugal.

(BACA: Siapa yang akan jadi ‘top scorer’ Euro 2016?)

“Saya sangat kecewa untuk kawan-kawan saya. Saya sungguh ingin memberikan mereka tropi ini, tapi saya tidak dapat mencetak gol. Ini kejam dan menakjubkan pada saat yang bersamaan,” ujarnya.

“Kami telah melewati masa-masa yang indah, dan masa-masa yang menyedihkan juga. Kami harus belajar. Tapi malam ini kami telah memberikan segala, dan kami tidak menyesal.”

Griezmann mencetak gol pertamanya pada laga kedua penyisihan Grup A melawan Albania. Selanjutnya Griezmann mencetak dua gol melawan Republik Irlandia pada babak 16 besar.

Penyerang Atletico Madrid itu juga menyumbangkan satu gol dalam laga kontra Islandia dan 2 gol saat mengalahkan Jerman pada semifinal.

(BACA JUGA: Pertarungan si nomor 7: Ronaldo vs Griezmann di final Euro 2016)

Griezmann adalah pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Euro. Seniornya di timnas Perancis, Michel Platini membukukan 9 gol pada pagelaran Euro 1984. 

Sedangkan pada Euro sebelumnya tahun 2012, penyerang Spanyol, Fernando Torres, hanya melesakkan 3 gol.

Ronaldo yang mengalami cedera dalam pertandingan final, mendapatkan penghargaan Silver Boot dengan 3 gol dan 3 assist, sedangkan Giroud menerima Bronze Boot dengan 3 gol dan 2 assist.

Renato Sanches pemain muda terbaik

Renato Sanches meraih penghargaan SOCAR Young Player of the Tournament. Foto dari uefa.com

Sementara itu pemain Portugal, Renato Sanches, meraih penghargaan SOCAR Young Player of the Tournament, atau pemain muda terbaik Euro 2016.

Penghargaan tersebut terbuka bagi semua pemain yang lahir pada 1 Januari 1994 atau setelahnya, dan dipilih oleh pengamat teknis UEFA, yang dipimpin oleh Ioan Lupescu, serta Sir Alex Ferguson, dan Alain Giresse.

Pemain kelahiran 18 Agustus 1997 ini menjadi pemain termuda dalam sejarah Euro, melewati seniornya di timnas, Cristiano Ronaldo, yang menjadi pemain termuda pada usia 19 tahun saat Euro 2004.

Penghargaan ini menjadi terobosan sensasional bagi Sanches yang bermain sebagai pemain pengganti pada empat pertandingan awal Portugal. Sanches mencetak gol pertamanya saat melawan Polandia dalam babak perempatfinal.

Pemain kelahiran Lisbon ini bermain untuk klub Jerman, Bayern Muenchen, setelah dibeli dari Benfica dengan biaya 35 juta euro. Ia memulai musim 2015/16 dari tim Eagles B.

Sanches juga pernah tampil pada UEFA Youth League, kualifikasi kejuaraan UEFA European U19 dan Liga Champions sebelum memulai debut bersama Portugal pada 25 Maret.

—Rappler.com

Baca laporan lengkap Rappler tentang Euro 2016:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.