Tiongkok kirim kontingen Olimpiade Rio terbesar di dunia

Rappler.com
Tiongkok kirim kontingen Olimpiade Rio terbesar di dunia

EPA

Tiongkok mengirimkan total kontingen sebanyak 711 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan staf. Mereka juga mengirimkan 38 atlet juara Olimpiade

JAKARTA, Indonesia – Pemerintah Tiongkok terkesan tidak ingin tanggung-tanggung dalam menghadapi ajang olah raga Olimpiade Rio tahun 2016. Total, mereka mengirimkan sebanyak 416 atlet ke ibukota Rio de Janeiro, Brasil pada bulan Agustus mendatang.

Di dalam tim tersebut termasuk 35 atlet yang sebelumnya sudah pernah meraih medali di ajang Olimpiade. Kontingen Tiongkok terdiri dari 160 atlet pria dan 256 atlet perempuan. Kantor berita Tiongkok, Xinhua News melaporkan mereka akan turun di 210 nomor yang tersebar di 26 cabang olah raga.

Wakil Direktur Jenderal Administrasi bidang olah raga, Cai Zhenhua mengatakan jumlah kontingen Tiongkok justru lebih banyak. Jika ditambah pelatih dan staf lainnya, maka Tiongkok mengirimkan 711 orang kontingen. Angka itu menjadikan mereka sebagai negara terbesar dalam jumlah kontingen yang dikirim.

Di antara 711 kontingen itu, terdapat 29 pelatih asing yang sengaja khusus didatangkan dari luar negeri.

Pada Senin kemarin seluruh kontingen berkumpul di Plasa Great Hall of People di pusat ibukota Beijing untuk bertemu dengan pejabat partai komunis, Lui Yunshan. Dengan mengenakan seragam khusus kontingen, para kontingen mendengarkan pesan dari Liu yang berisi agar mereka bertanding sesuai dengan kode etik olah raga.

Dalam tim kontingen Tiongkok, terdapat atlet remaja yang baru berusia 14 tahun, Ai Yanhan. Dia akan turun di cabang olah raga renang. Sementara, atlet tertua dalam kontingen yakni Chen Ying, akan turun dalam kesempatannya yang keempat kali di ajang Olimpiade.

Berdasarkan data perolehan medali, Tiongkok selalu berada di posisi teratas. Dalam Olimpiade yang digelar tahun 2008 lalu, Tiongkok sebagai tuan rumah berhasil menjadi juara umum. Sementara, saat Olimpiade London tahun 2012 lalu, mereka berhasil duduk di posisi kedua dengan meraih 88 medali yang terdiri dari 38 medali emas, 29 medali perak dan 21 medali perunggu.

Mampukah atlet Indonesia menghadapi tangguhnya atlet Tiongkok dalam ajang Olimpiade Rio mendatang? – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.