Hasil F1 GP Hongaria: Lewis Hamilton tercepat, Rio Haryanto paling buncit

Rappler.com
Hasil F1 GP Hongaria: Lewis Hamilton tercepat, Rio Haryanto paling buncit
Lewis Hamilton menjadi yang tercepat di GP Hongaria, Rio haryanto finish di posisi 21

JAKARTA, Indonesia — Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses menjuarai seri GP Hongaria Formula 1 dengan melahap 70 putaran Sirkuit Hungaroring, Budapest, Hongaria, dengan catatan waktu 1 jam 40 menit 30,115 detik, pada Minggu, 24 Juli.

“Ini adalah hasil yang luar biasa untuk tim, saya berterima kasih atas semua kerja keras kalian,” kata Hamilton sesaat setelah melewati garis finish lewat radio timnya.

Hasil itu membuat Hamilton menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di GP Hongaria, sebanyak lima kali, setelah sebelumnya berbagi tempat dengan pembalap legendaris, Michael Schumacher, dengan empat kali kemenangan.

Pembalap asal Inggris itu menjuarai GP Hongaria pada musim balapan 2007, 2009, 2012, 2013, dan 2016.

Di podium, Hamilton didampingi rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg, dan pebalap Red Bull Racing-TAG Heuer, Daniel Ricciardo, di urutan kedua dan ketiga. Hamilton hanya unggul 1,977 detik dari Rosberg namun Ricciardo berjarak 27,539 detik jauhnya.

Meski memulai balapan dari posisi kedua, Hamilton segera mengambil alih pimpinan lomba sejak bendera start dikibarkan dan hanya pernah kehilangan posisinya saat ia melakukan pit stop.

Di belakang Ricciardo terdapat pembalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, dengan selisih waktu hanya 0,674 detik, kemudian di urutan kelima dan keenam terdapat rekan setim Ricciardo, Max Verstappen, serta pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen.

Selanjutnya Fernando Alonson (McLaren-Honda), Carlos Sainz (Torro Rosso), Valeri Bottas (Williams), dan Nico Hulkenberg (Force India) melengkapi posisi 7-10 dalam 10 pembalap teratas GP Hongaria 2016.

Pembalap tim Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, finish di urutan paling buncit yakni posisi ke-21 setelah pembalap McLaren-Honda, Jenson Button, gagal menyelesaikan lomba di putaran ke-60. Nasib Rio terancam berhenti dari ajang F1 di tengah musim lantaran kekurangan dana.

Hamilton geser Rosberg di puncak klasemen sementara

Berkat keberhasilan mengantongi 25 poin tambahan tersebut, Hamilton kini juga memimpin klasemen pembalap F1 dengan perolehan 192 poin menggeser rekan setimnya, Nico Rosberg (186 poin) ke urutan kedua.

Sementara Ricciardo (115 poin) naik ke urutan ketiga dengan selisih satu poin saja dari peringkat keempat, pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen (114 poin), yang di Hungaria menempati posisi keenam.

Pembalap lain yang mengalami kenaikan di klasemen adalah joki Toro Rosso, Carlos Sainz (30 poin), yang menyelesaikan GP Hongaria di urutan kedelapan dan berkat empat poin tambahan naik ke peringkat 10 klasemen sementara.

Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso (24 poin), juga mengalami kenaikan tipis dari urutan 14 ke 13, setelah menyelesaikan balapan di peringkat ketujuh.

Sementara itu pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, masih berada di dasar klasemen dan menjadi satu dari empat pebalap yang mengikuti 11 seri F1 2016 namun tak kunjung meraih poin.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.