Jokowi akan reshuffle kabinet hari ini?

Rappler.com
Jokowi akan reshuffle kabinet hari ini?
Beberapa nama Menteri yang dikocok ulang sudah beredar, di antaranya Sudirman Said. Dia bahkan seolah telah menyampaikan ucapan perpisahan melalui Twitter.

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo dilaporkan akan melakukan perombakan kabinet pada Rabu, 27 Juli. Sinyalemen akan adanya reshuffle semakin menguat saat beberapa Menteri datang ke Istana Kepresidenan pada Selasa malam.

Beberapa Menteri yang terlihat hadir antara lain Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil dan Menteri Perindustrian Saleh Husin. Mengapa Presiden Jokowi memanggil mereka?

“Hari Rabu mau ada rapat paripurna,” ujar Yuddy ketika ditanya media.

Sejumlah Menteri datang pada rentang waktu pukul 18:30 hingga 20:30. Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf “JK” Kalla sudah lebih dulu datang ke Istana Negara pada Selasa sore. JK langsung bertemu dengan Jokowi begitu tiba dari luar kota.

Apa agenda dalam rapat paripurna yang digelar hari ini pukul 15:00? Juru bicara Presiden, Johan Budi menyebut agenda rapat paripurna berisi pengarahan Presiden.

“Tetapi, saya tidak tahu bentuk pengarahannya seperti apa. Maksud dan tujuan sidang kabinet paripurna adalah mendengarkan pengarahan Presiden yang wajib didengarkan oleh semua Menteri Kabinet Kerja,” ujar Johan Budi saat dikonfirmasi pada Selasa sore, 26 Juli.

Apakah akan ada perombakan kabinet dalam sidang paripurna? Johan Budi tak memberikan jawaban pasti.

“Sepanjang yang saya tahu tidak ada yang istimewa. Bahwa Presiden memberikan pengarahan kepada Menteri-Menteri kabinet kerja kan biasa, karena itu pada hari Rabu dilakukan sidang,” katanya lagi.

Kendati begitu Menteri ESDM, Sudirman Said seolah membenarkan akan adanya reshuffle. Melalui akun Twitternya, Sudirman seakan menyampaikan ucapan perpisahan sebagai Menteri.

Selain Sudirman Said beredar nama-nama lainnya yang diisukan akan diganti, antara lain Sofyan Djalil, Anies Baswedan, Yuddy Chrisnandi, Saleh Husein dan Mohammad Natsir.

Hal lain yang menarik yakni mengenai rumor masuknya nama Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati dalam jajaran Kabinet Kerja. Perempuan yang akrab disapa Ani itu diisukan akan duduk menjadi Menteri Keuangan.

Sri Mulyani direncanakan dipanggil oleh Presiden Jokowi ke Istana pada pukul 10:00 WIB.

Jika benar dilakukan reshuffle kabinet, maka ini akan menjadi kali kedua Presiden Jokowi mengocok ulang susunan Menteri di kabinet di era pemerintahannya. Tahun lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melantik 6 Menteri baru yakni

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Darmin Nasution (menggantikan Sofjan Djalil)
2. Menteri Koordinator Bidang Maritim: Rizal Ramli (menggantikan Indroyono Susilo)
3. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan: Luhut Binsar Panjaitan (mengganti Tedjo Edhy Purdijatno) Luhut juga merangkap sebagai Kepala Kantor Staf Presiden
4. Menteri Perdagangan: Thomas Lembong (menggantikan Rachmat Gobel)
5. Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional: Sofjan Djalil (menggantikan Andrinof Chaniago)
6. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung (menggantikan Andi Widjajanto)

Siapa Menteri yang akan diganti atau dirotasi dalam reshuffle hari ini? Kita tunggu saja. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.