Rp 5 miliar bagi atlet Indonesia yang dapat emas di Olimpiade Rio 2016

Rappler.com
Rp 5 miliar bagi atlet Indonesia yang dapat emas di Olimpiade Rio 2016
Rp 2 miliar untuk medali perak dan Rp 1 miliar untuk perunggu


JAKARTA, Indonesia — Kementerian Pemuda dan Olahraga menjanjikan bonus uang sebesar Rp 5 miliar kepada atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang medali emas dari Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, pada 5-21 Agustus nanti.

Jumlah tersebut lebih besar 5 kali lipat dari bonus untuk medali emas pada Olimpiade 2012 di London, Inggris.

Sedangkan peraih medali perak di Olimpiade Rio akan diganjar Rp 2 miliar (Rp 400 juta pada Olimpiade London) dan perunggu Rp 1 miliar (Rp 200 juta pada Olimpiade London). 

“Apresiasi untuk atlet peraih medali sudah disetujui. Nilainya cukup besar, yaitu emas Rp 5 miliar, perak Rp 2 miliar dan perunggu Rp 1 miliar,” kata Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Broto, saat pelepasan rombongan besar kontingen Indonesia di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta, pada Rabu, 27 Juli.

Namun tidak ada ada atlet Indonesia yang meraih medali emas pada Olimpiade London 2012. Indonesia hanya membawa pulang 1 medali perak dan 1 medali perunggu untuk cabang olahraga angkat besi.

Uang bonus Rp 5 miliar bagi peraih medali emas itu menjadi stimulus agar atlet yang berjuang di Brasil bisa menunjukkan kemampuan terbaik.

Peraih medali emas juga akan mendapat tunjangan hidup per bulan sebesar Rp 20 juta. Untuk peraih medali perak sebesar Rp 15 juta dan medali perunggu Rp 10 juta.

Indonesia pada Olimpiade 2016 diperkuat 28 atlet dari tujuh cabang olahraga. —Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.