#Reshuffle: Dari koalisi seramping pinggang netizen hingga ‘Cersei Lannister’

Rappler Social Media Team
#Reshuffle: Dari koalisi seramping pinggang netizen hingga ‘Cersei Lannister’
Netizen membuat momentum reshuffle kabinet jilid II menjadi lebih menyenangkan dengan meme dan singkatan-singkatan kreatif.

JAKARTA, Indonesia – Kemarin, hari Rabu, 27 Juli, Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet jilid kedua. Total terdapat 13 Menteri yang digeser atau dirotasi oleh Jokowi, dengan 8 nama yang terpental.

Kami bertanya pada netizen mengenai tanggapan mereka dengan reshuffle kabinet ini.

“Koalisi ramping, seramping pinggang saya.”


Ingin menteri yang juga memperjuangkan korban kerusuhan 1998.


Dukung yang kinerjanya bagus.


Reshuffle? Enggak berpengaruh apa-apa.


Melalui Twitter, netizen bersenang-senang dengan singkatan kementerian rekaan mereka menggunakan tagar #SingkatanMenteri. Mana singkatan yang paling mewakili kamu?










Tidak hanya singkatan kementerian rekaan netizen, ada juga yang menjadikan momen pergantian menteri-menteri ini menjadi lelucon.

Anies Baswedan:


Hanya menteri laki-laki yang di-reshuffle:


Namun, meme yang termasuk paling banyak di-retweet netizen adalah buatan Indro Moektiono. Ia menggabungkan wajah Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan karakter serial Game of Thrones, Cersei Lannister.


Meskipun Cersei Lannister adalah tokoh antagonis di Game of Thrones, Indro membuatnya karena ia sangat menghormati Sri Mulyani.


Kepada Rappler, Indro juga menyebutkan kalau ia hanya iseng dan membuat meme tersebut secara spontan. Menurutnya, garis merahnya adalah epic comeback, Sri Mulyani kembali ke kabinet sebagai menteri dengan hebat. “Tentunya enggak bermaksud menyamakan Ibu Sri Mulyani dengan Cersei,” kata dia. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.