Perbandingan gaji Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dan Direktur Bank Dunia

Steffi Teowira
Perbandingan gaji Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dan Direktur Bank Dunia
Gaji Sri Mulyani sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia masih lebih besar dari pendapatan Presiden Jokowi

JAKARTA, Indonesia — Indonesia menyambut kepulangan Sri Mulyani ke Tanah Air pada 27 Juli lalu. 

Sri didapuk Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk kembali memegang kendali keuangan negeri sebagai Menteri Keuangan dalam reshuffle kabinet. 

Namun, sepertinya kembalinya Sri ke Indonesia bukan karena mengharapkan gaji besar. Gaji yang akan ia terima sebagai Menteri Keuangan masih di bawah pendapatannya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia (World Bank), posisi yang harus ia tinggalkan demi panggilan negara.

Berapa gaji Sri Mulyani?

Menurut sumber dari World Bank terkait kompensasi moneter para petingginya, sebagai Direktur Pelaksana, Sri menerima gaji pokok tahunan sebesar US$409.950. 

Nominal ini belum termasuk tambahan dana pensiun sebesar US$120.566, serta bonus yang diperkirakan sejumlah US$99.659. 

Jika ditotal, jumlahnya sekitar US$630.175 per tahun atau Rp 8,25 miliar. Jika dibagi per bulannya, Sri mendapat gaji sebesarRp 687,5 juta di World Bank.

Bagaimana dengan waktunya sebagai Menkeu? Saat ini besaran total gaji pokok menteri dihitung berada di kisaran Rp 19 juta per bulan dan ini belum termasuk dana operasional yang mencapai Rp 120 juta hingga Rp 150 juta per bulan.

Artinya dalam setahun gaji menteri Rp 216 juta. Inilah kira-kira nominal yang akan diterima Sri Mulyani nanti selama mengemban tugasnya di Tanah Air.

Gaji Sri di Bank Dunia masih melebihi Presiden Jokowi

Jangankan disandarkan dengan gaji rekan sejawatnya, gaji Sri Mulyani ketika menjabat sebagai pejabat World Bank pun masih melebihi gaji presiden RI. 

Data yang Qerja kumpulkan pada 2015 menunjukkan bahwa Presiden Jokowi memperoleh gaji bulanan sebesar Rp 42 juta. Sekadar pembanding, berikut sejumlah gaji pokok bulanan para petinggi negara-negara Asia Tenggara lainnya:

Infografik oleh Qerja.com.  

—Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Qerja.com, sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji di Indonesia.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.