Cara membedakan kartu BPJS asli dan palsu

Rappler.com
Cara membedakan kartu BPJS asli dan palsu
Lakukan hal-hal ini agar tidak tertipu saat membuat kartu BPJS Kesehatan

JAKARTA, Indonesia — Setelah kasus vaksin palsu, muncul kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) palsu pada pekan lalu.

BPJS Kesehatan adalah jaminan asuransi bagi seluruh warga Indonesia. Pemerintah mewajibkan berbagai institusi untuk menyediakan fasilitas ini bagi para pegawai untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan mereka di masa depan. 

Namun, ada oknum-oknum yang menyalahgunakan niat baik ini. Hal ini bermula ketika seorang pengguna kartu melaporkan ke pihak berwajib, bahwa kartu miliknya tidak dapat digunakan di sebuah rumah sakit di Cimahi, Jawa Barat.

(BACA: Modus penipuan tersangka pembuat kartu BPJS palsu)

Saat dicek, nomor register pada kartu ternyata tidak menyimpan data si pemilik kartu.

Warga tersebut adalah salah satu dari ratusan warga Desa Kertajaya, Kabupaten Cimahi, yang mendaftar secara kolektif menggunakan jasa relawan kesehatan untuk mendapatkan kartu BPJS.

Relawan kesehatan dari Yayasan Rumah Peduli Dhuafa itu menyebut program ini adalah subsidi bagi warga miskin dan mengutip biaya pembuatan sebesar Rp 100,000. Polisi kini telah menetapkan 2 orang sebagai tersangka pemalsuan kartu.

Agar Anda dan keluarga beserta kerabat terhindar dari penipuan seperti itu, berikut adalah cara cepat untuk mengidentifikasi kartu BPJS palsu:

Kartu BPJS Asli Palsu
Gambar latar Kepulauan Indonesia Tidak ada/Polos
Tulisan di belakang Ada 3 peraturan pemakaian Ada 8 peraturan pemakaian
Print tulisan Jelas Buram
Barcode Rapi Berantakan

Sumber: Situs PanduanBPJS.com.

Kenali perbedaan kartu BPJS asli dan palsu. Foto dari panduanbpjs.com

Namun, perlu diingat bahwa Anda sendiri perlu berhati-hati dalam proses pembuatan kartu BPJS Kesehatan. Hindari calo saat mendaftar. Dianjurkan untuk mendaftar online  www.daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online untuk menghindari pemalsuan.

Untuk memastikan status sebagai pemegang BPJS, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi mobile Android BPJS Kesehatan yang bisa diunduh melalui Google Playstore. 

Anda juga dapat langsung menghubungi pusat informasi melalui layanan Call Center 24 jam BPJS Kesehatan di 1-500-400 atau nomor regional yang tercantum di laman BPJS.

Anda juga bisa mengecek validitas kartu ke Kantor Layanan Operasional Kabupaten setempat yang terdaftar di laman BPJS. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.