FOTO: Menikmati indahnya lukisan dari Istana Kepresidenan

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Menikmati indahnya lukisan dari Istana Kepresidenan
Sebanyak 28 lukisan dipajang di ruang pameran utama Galeri Nasional Indonesia. Pameran akan berlangsung hingga 30 Agustus

JAKARTA, Indonesia – Istana Negara mengelar pameran lukisan bertajuk Goresan Juang Kemerdekaan, yang mulai dibuka untuk publik pada Selasa, 2 Agustus. Sebanyak 28 lukisan dipajang di ruang pameran utama Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Sebelum masuk ke ruang pameran utama, pengunjung harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Mereka juga harus menitipkan tas, tongkat selfie, dan kamera. Untuk mengambil gambar, hanya boleh menggunakan kamera ponsel.

PAHLAWAN. Lukisan 'Potret R. A. Kartini' karya Trubus Sudarsono dan 'Potret Jenderal Sudirman' karya Gambiranom. Foto oleh Ursula Florene.  

 DI DEPAN KELAMBU TERBUKA. Lukisan karya S. Sudjojono yang dibuat pada tahun 1939. Foto oleh Ursula Florene

 

RINI. Sebuah lukisan karya Ir. Sukarno yang dibuat pada tahun 1958. Foto oleh Ursula Florene.

Tak hanya pelukis dalam negeri, ada juga karya-karya dari warga negara asing dan keturunan yang menghabiskan waktu lama bergaul dengan masyarakat di tanah air. Ada Walter Spies, Rudolf Bonnet, hingga Lee Man Fong.

MARGASATWA DAN PUSPITA NUSANTARA. Lukisan karya Lee Man Fong, 1961. Foto oleh Ursula Florene.

 

KEHIDUPAN DI BOROBUDUR DI ABAD KE-9. Lukisan karya Walter Spies, 1930. Foto oleh Ursula Florene.

Tak hanya itu, ada pula sejumlah koleksi lain seperti katalog, hingga keramik.

KATALOG BUNG KARNO. Kumpulan arsip lukisan koleksi Ir. Sukarno.

 

KERAMIK. Salah satu koleksi dari Istana Negara yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia. Foto oleh Ursula Florene.

 

ARSIP FOTO. Pengunjung menikmati arsip foto Istana Negara di pameran Goresan Juang Kemerdekaan di Galeri Nasional Indonesia. Foto oleh Ursula Florene.

Pada hari pertama pembukaan untuk publik, pengunjung lumayan ramai. Ada sejumlah orang yang melakukan kegiatan sketsa bersama, hingga anak muda yang penasaran.

Arina Gunardi, seorang pengunjung berusia 22 tahun, mengaku penasaran dengan lukisan-lukisan koleksi para petinggi negara ini. “Aku mau tau, soalnya Bung Karno kan sangat suka benda-benda seni,” kata dia yang menyambangi Galeri Nasional bersama kawan kuliahnya.

MENIKMATI LUKISAN. Pengunjung menikmati lukisan 'Penangkapan Pangeran Diponegoro' karya Raden Saleh. Foto oleh Ursula Florene.

Pameran ini akan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus 2016 mendatang. Pengunjung bisa mulai mendatangi Galeri Nasional Indonesia yang berada di seberang Stasiun Gambir mulai pukul 9 pagi hingga 8 malam.

Jangan sampai ketinggalan menikmati kesenian koleksi Istana Negara ini, karena kesempatan serupa belum tentu terulang.– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!