Michael Phelps dapatkan medali emas ke-22

Rappler.com
Michael Phelps dapatkan medali emas ke-22

EPA

Michael Phelps mendapatkan medali emas ke-22 saat memenangi 200m individual medley putra dengan waktu 1:54:66

JAKARTA, Indonesia — Atlet renang Amerika Serikat, Michael Phelps, kembali mencetak sejarah.

Ia mendapatkan medali emas ke-22 saat memenangi 200m individual medley putra dengan waktu 1:54:66 pada Kamis, 11 Agustus, waktu setempat.

Ini adalah keempat kalinya secara berturut-turut Phelps menjadi juara kelas 200m individual medley putra. Ia mengacungkan empat jari ke atas usai balapan, menunjukkan 4 kali kemenangannya.

Saingan terdekat Phelps, Kosuke Hagino dari Jepang, mendapat peringkat kedua, sedangkan Wang Shun dari Tiongkok ketiga.

Phelps sempat tertinggal di belakang atlet Brasil, Thiago Pereira, saat melakukan gaya kupu-kupu. Ia juga berada di belakang rekan senegaranya, Ryan Lochte, saat melakukan gaya dada.

Namun ia berhasil membalap para atlet lainnya menjelang akhir gaya dada dan melaju kencang di depan saat melakukan gaya bebas.

Medali emas kali ini merupakan medali Phelps yang ke-26. Sejauh ini, total medali yang ia kumpulkan terdiri dari: 22 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Sebelumnya, Phelps juga meraih 2 emas dalam kurang dari 1 jam setelah berhasil membawa Amerika Serikat menjadi juara di nomor renang gaya bebas estafet 4×200 meter putra dan individual 200m gaya kupu-kupu di Olimpiade Rio pada Rabu, 10 Agustus.

(BACA: Daftar rekor renang yang dipecahkan selama Olimpiade Rio 2016)

Phelps sempat pensiun usai Olimpiade London 2012 namun kembali terjun ke kolam renang setelah mengaku kecewa dengan penampilan tim negaranya ketika dikalahkan oleh Perancis dalam balapan 4×100 estafet putra pada kejuaraan dunia 2013. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.