Michael Phelps tutup karir Olimpiade dengan emas ke-23

Rappler.com
Michael Phelps tutup karir Olimpiade dengan emas ke-23

EPA

Perenang AS Michael Phelps berhasil mendapatkan medali emas terakhirnya saat menjuarai nomor 4x100 meter gaya ganti estafet putra di Olimpiade 2016

JAKARTA, Indonesia — Perenang Amerika Serikat Michael Phelps menutup karir Olimpiadenya dengan torehan emas dari nomor 4×100 meter gaya ganti estafet putra pada Sabtu, 13 Agustus waktu setempat. Medali tersebut merupakan emas ke-23 sekaligus medali ke-27 sepanjang karir renangnya di Olimpiade.

Phelps membawa AS memimpin balapan saat menjadi perenang ketiga dengan gaya kupu-kupu, sebelum akhirnya Nathan Adrian menutup pertandingan dan membawa AS menjadi juara, di depan Inggris dan Australia.

Michael Phelps dan timnya mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton bahkan sejak pertandingan belum dimulai.

Perenang pertama AS Ryan Murphy tampil gemilang dengan mencetak rekor dunia 51,85 detik. Namun Cody Miller sebagai perenang kedua disalip perenang Inggris Adam Peaty.

Namun penampilan Phelps sebagai perenang ketiga dengan gaya kupu-kupu berhasil menjadi kunci kemenangan AS, mempermudah tugas Adrian sebagai perenang keempat.

Tim AS meraih medali emas dengan torehan waktu yang memecahkan rekor dunia, 3 menit 27,95 detik, sedangkan medali perak dan perunggu diraih oleh Inggris dan Australia.

Kemenangan ini memberikan Phelps emas ke-5 nya di Olimpiade Rio, setelah menjadi juara di nomor 4×100 meter gaya bebas, 4×200 meter gaya bebas, 200 meter gaya kupu-kupu, dan 200 meter gaya ganti individual. Ia juga mendapatkan medali perak pada nomor kupu-kupu 100 meter. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.