Merchandise jas Donald Trump ternyata buatan Indonesia

Rappler.com
Merchandise jas Donald Trump ternyata buatan Indonesia
Selain di Indonesia, banyak produk Trump yang diproduksi di luar AS seperti di Bangladesh, India, Meksiko dan Tiongkok

JAKARTA, Indonesia – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald J. Trump, seolah menarik kembali kalimatnya sendiri. Dalam kampanyenya, dia berulang kali menyampaikan akan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi warga Amerika.

Tetapi, pada kenyataannya dia masih kerap ke luar negeri untuk mencari tenaga kerja murah. Atau membawa tenaga kerja asing untuk dibawa masuk ke Negeri Paman Sam dengan tujuan agar bisa dibayar rendah.

Salah satu contohnya ketika media Buzzfeed berhasil membuktikan jas Donald Trump dibuat di luar Amerika. Jas tersebut dijual di situs Amazon dengan nama Donald J. Trump Signature Collection. Dalam keterangannya, produk itu dijelaskan sebagai barang yang ‘dibuat di Amerika Serikat’ sekaligus ‘diimpor’.

Kok bisa? Buzzfeed kemudian memesan dua buah jas tersebut untuk memecahkan tanda tanya. Setelah dicek, jas Donald J. Trump Signature Collection itu dibuat di Indonesia!

Ini merupakan fakta yang bertolak belakang dengan pernyataanya saat kampanye yang kerap mengkritik pekerjaan seharusnya diberikan kepada warga AS dan bukan direbut penduduk asing.

Tiga jenis jas

Setelah ditelusuri ternyata ada beberapa jas yang dikategorikan ‘diimpor’ sekaligus ‘dibuat di AS’. Setidaknya ada tiga jenis jas, yaitu:

Donald Trump Men’s Two-Button Side-Vent Striped Suit dihargai US$145.29 – US$279.99 atau sekitar Rp 1,9 juta – Rp 3,7 juta.

Donald Trump Men’s Two-Piece Windowpane Suit dihargai US$158.35 – US$279.99 atau sekitar Rp 2 juta – Rp 3,7 juta.

Sementara, Donald Trump Men’s Two-Piece Suit With Two-Button Side Vent Jacket and Pant – yang berdasarkan persamaan deskripsinya sepertinya merupakan jas yang ditemukan Buzzfeed dibuat di Indonesia – dihargai US$158.37 – US$279.99 atau sekitar Rp 2 juta – Rp 3,7 juta

Hampir tak ada yang buatan Amerika Serikat

Selain Indonesia, hampir semua merchandise Donald Trump dibuat di luar Amerika Serikat seperti di Bangladesh, India, Tiongkok, dan Meksiko. Ini bukan kali pertama, produsen Donald J. Trumo Collection terbukti tidak membuat semua produknya di dalam negeri.

Pada Maret 2016, Robert Z. Lawrence – profesor perdagangan dan investasi internasional di Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy, Universitas Harvard – menulis bahwa dari sekian banyak produk merchandise Donald Trump, hanya beberapa yang dibuat di Amerika Serikat.

Dasi, jaket olahraga, kancing pergelangan tangan jas (cufflink), bingkai kacamata adalah buatan Tiongkok. Kemeja Donald J. Trump yang tergolong murah bagi warga AS dibuat di Bangladesh. Kemeja yang lebih mahal dikategorikan ‘diimpor’.

Lawrence menambahkan merk Ivanka Trump, putri dari Donald Trump, juga serupa. Dari 838 produk Ivanka yang diiklankan di situsnya, tidak ada yang tampak dibuat sepenuhnya di AS. Sebanyak 628 dikategorikan ‘diimpor’ dan 354 secara spesifik dibuat di Tiongkok.

 

Sayangnya, baik perwakilan perusahaan Trump atau situs Amazon, tidak ada yang bersedia menjawab ketika diminta komentar. – Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.