5 hal tentang Rami Malek

Rappler.com
5 hal tentang Rami Malek
Bintang ‘Mr. Robot’ ini baru saja memenangkan Emmy pertamanya sebagai aktor terbaik dalam serial televisi

JAKARTA, Indonesia – “Tolong katakan kepadaku kalau kalian melihatnya,” ujar Rami Malek yang mengambil referensi dari adegan halusinasi yang dialami oleh karakter Elliot Alderson yang diperankannya di serial Mr. Robot.

Namun, ia memang terlihat terkejut ketika menerima piala Emmy untuk kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series, pada Minggu, 18 September waktu Los Angeles.  

Mr. Robot adalah serial yang menceritakan seorang hacker dan teknisi keamanan cyber Elliot Alderson yang menderita social anxiety disorder dan clinical depression. Alderson direkrut oleh anarkis yang diketahui sebagai “Mr. Robot”, diperankan oleh Christian Slater, untuk bergabung dengan kelompok hacktivists yang bertujuan menghapus semua hutang dengan menyerang perusahaan besar, E Corp.

Serial yang dibuat oleh Sam Esmail ini memperoleh enam nominasi di Emmy Awards 2016, di antaranya Oustanding Drama Series dan Outsanding Writing for a Drama Series dan berhasil membawa pulang piala untuk kategori Outstanding Music Composition for a Series dan aktor terbaik lewat Malek.

Setelah kategori aktor terbaik lama didominasi oleh aktor kulit putih, kemenangan Malek membawa harapan bahwa Hollywood semakin menerima keberagaman. “Waktu telah berubah,” katanya seperti dikutip dari E!. 

Seperti apa perjalanan karier Rami Malek sebelum akhirnya menjadi aktor terbaik Emmy Awards 2016?. Simak di bawah ini.

Keluarga Mesir-Amerika

 

Rami Malek lahir di Los Angeles, California, 35 tahun yang lalu, dari orang tua yang berasal dari Mesir. Almarhum ayahnya pernah menjadi pemandu tur di Kairo dan ibunya seorang akuntan.

Malek dibesarkan dalam agama Koptik Ortodoks. Ia memiliki saudara kembar identik bernama Sami yang berbeda hanya 4 menit dan seorang kakak perempuan yang berprofesi sebagai dokter.  Dalam cuplikan di atas, Rami Malek membawa Sami ke Jimmy Kimmel Show.

Bersekolah dengan sesama aktor

Malek bersekolah di Notre Dame High School di Sherman Oaks, California, bersama Kirsten Dunst dan Rachel Bilson, yang populer berkat perannya di serial The OC. Dunst adalah juniornya dan berada di kelas teater musikal yang sama dengan Malek. Ia meraih gelar Sarjana Seni (Bachelor of Fine Arts) di tahun 2003 dari University of Evansville di Indiana, AS.

Mulai dari televisi

Rami Malek boleh saja menjadi salah satu aktor paling populer saat ini. Tapi, layaknya aktor yang baru merintis kariernya, peran pertamanya di Hollywood bisa dibilang cukup kecil. Di tahun 2004, Malek mendapat peran sebagai Andy, salah satu anggota kelompok belajar Lane di serial Gilmore Girls. Andy hanya memiliki 3 baris dialog di episode 11, musim keempat Gilmore Girls yang berjudul In The Clamor and the Clangor yang bisa disaksikan di atas.

Setahun setelahnya, Malek mendapat keanggotaan di Screen Actors Guild atas penampilannya sebanyak dua episode di drama perang Over There karya Steven Bochco. Di tahun yang sama, ia mendapat peran sebagai Kenny di serial komedi, Fox, The War at Home.

Tahun 2010, Malek mendapat peran sebagai pengebom bunuh diri Marcos Al-Zacar di musim kedelapan 24 dan meraih pujian untuk perannya sebagai Corporal Merriell ‘Snafu’ Shelton di miniseri HBO, The Pacific. Terkesan dengan penampilannya, produser eksekutif The Pacific, aktor Tom Hanks memberikannya peran di film Larry Crowne, rilis pada Juli 2011. 

Debut layar lebar sebagai Firaun

Di tahun 2006, Malek tampil untuk pertama kali di layar lebar dalam film komedi Night at the Museum yang dibintangi oleh Ben Stiller. Ia berperan sebagai Firaun Ahkmenrah dan kembali untuk peran ini pada sekuelnya, Night at the Museum: Battle of the Smithsonian (2009) and Night at the Museum: Secret of the Tomb (2014).

Selain itu, ia juga tampil sebagai Benjamin, anggota perkumpulan vampir (coven) Mesir dalam film The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 2 (2012).

Model video game

Malek sudah tak asing lagi dengan dunia video game. Tahun 2004, ia mengisi suara untuk ‘karakter tambahan’ video game Halo 2, namun namanya tidak dicantumkan di kredit. Hingga akhirnya di 2015, Malek tampil sebagai Josh, salah satu karakter utama game horor Until Dawn yang dirilis untuk PlayStation 4 on August 25, 2015. Uniknya, tidak hanya menyumbangkan suaranya, ia juga direkam gerakannya (motion capture) untuk game ini. -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.