5 hal yang harus diketahui sebelum berkunjung ke ajang ‘Travel Fair’

Yetta Tondang
5 hal yang harus diketahui sebelum berkunjung ke ajang ‘Travel Fair’
Cermati agenda acara untuk mendapatkan tawaran terbaik dan menarik

JAKARTA, Indonesia – Jika Anda belum memiliki agenda untuk akhir pekan ini, maka mungkin gelaran Garuda Travel Fair 2016 di Jakarta Convention Centre, 7-9 Oktober bisa menjadi masukan untuk menghabiskan waktu libur.

Tapi saya sarankan agar Anda mempersiapkan diri jika memang ingin serius berburu tiket atau paket liburan yang murah.

Ajang travel fair memang kerap menarik untuk didatangi. Tapi jangan lupa, tidak semua deal yang ditawarkan di travel fair berarti murah. Anda harus benar-benar cermat untuk melihat kesempatan. Ibaratnya, Anda harus jadi orang yang tepat di waktu yang tepat.

Saya sendiri suka bepergian dengan budget super hemat. Beberapa tahun belakangan, saya selalu aktif berburu tiket pesawat murah untuk bepergian.

Biasanya, saya datang ke travel fair untuk sekadar membandingkan harga. Saya pribadi lebih memilih untuk menanti promo lewat penjualan online.

Tapi saya tetap senang berkunjung ke travel fair, bukan semata untuk mencari tiket murah, tapi justru berbelanja aksesoris traveling dan merasakan pengalaman yang biasanya banyak disediakan di booth-booth maskapai penerbangan ternama.

Berdasarkan pengalaman saya, beberapa masukan ini mungkin bisa membantu Anda yang ingin berkunjung ke travel fair akhir pekan ini.

Datang lebih pagi

Ilustrasi oleh Adinda Maya/Rappler.com.

Semua butuh pengorbanan. Jadi jika Anda memang sungguh berniat mendapatkan deal terbaik, saya sarankan Anda bangun pagi dan pergi ke venue sebelum pintu masuk dibuka. Kenapa?. Karena dijamin Anda akan mendapatkan perlakuan prioritas.

Mulai dari cashback, extra mileage, cicilan tanpa bunga, tiket masuk gratis hingga potongan harga khusus biasanya akan diberlakukan pagi nasabah atau pemegang kartu kredit bank sponsor. Dan biasanya jumlahnya sangat terbatas. Jadi sangat disarankan untuk datang pagi hari.

Ditambah lagi jika Anda kebetulan memiliki kartu kredit atau menjadi nasabah bank tertentu yang bisanya akan bekerjasama dengan ajang travel fair, maka kemungkinan Anda mendapatkan deal terbaik akan bertambah dua kali lipat.

Untuk Garuda Travel Fair akhir pekan ini di Jakarta, banyak penawaran menarik yang tersedia jika Anda memiliki kartu kredit atau menjadi nasabah BNI. Di kota lain, ada beragam bank yang bekerjasama dengan Garuda seperti BCA, Bank Mega dan Bank Mandiri. Selengkapnya bisa dlihat di sini.

Siapkan itinerary

Ilustrasi oleh Adinda Maya/Rappler.com.

Jika Anda mendatangi ajang travel fair hanya untuk cuci mata, seperti yang sering saya lakukan, maka abaikan tips ini. Tapi jika memang Anda sudah bertekad  bulat dan memiliki rencana liburan yang pasti, maka pastinya Anda sudah menyiapkan itinerary.

Tidak harus itinerary super lengkap, tapi setidaknya Anda sudah tahu kapan akan berangkat, tanggal berapa, berapa orang yang akan berangkat dan yang terpenting, tujuannya.

Datang ke travel fair tanpa itinerary ibarat cuci mata di pusat perbelanjaan. Anda bisa bingung tersesat di lautan penawaran. Kemungkinannya hanya dua. Anda pulang setelah puas cuci mata atau malah Anda membeli tiket atau paket perjalanan secara spontan.

Pilih paket atau tiket?

Ilustrasi oleh Adinda Maya/Rappler.com.

Salah satu alasan mengapa saya jarang membeli tiket perjalanan di travel fair adalah karena saya traveler mandiri. Saya tidak pernah bepergian dengan tur. Dan menurut saya, banyak deal menarik yang ditawarkan justru dalam bentuk paket perjalanan atau tur.

Sekali lagi, soal murah atau mahal memang sangat subyektif. Yang menurut saya murah belum tentu menurut orang lain juga murah dan sebaliknya.

Karena itu, sejak awal mungkin Anda juga harus sudah menentukan, apakah akan bepergian secara mandiri atau dengan paket perjalanan. Banyak sekali deal yang bisa didapatkan dalam bentuk paket perjalanan. Mungkin Anda bisa menyeleksi agen perjalanan dengan lebih dahulu mempelajari background perusahaan mereka.

Saya jarang menemukan harga tiket fantastis super murah (tidak termasuk paket perjalanan) di travel fair. Kecuali jika ada promo gila-gilaan yang biasanya terjadi di jam-jam tertentu. Tentang itu, lanjutkan membaca ke bawah ini.

Harga “ajaib” di jam-jam tertentu

Ilustrasi oleh Adinda Maya/Rappler.com.

Ini yang menarik dari ajang travel fair. Ini pula alasan mengapa saya sarankan Anda untuk benar-benar mempelajari agenda acara. Karena biasanya, di waktu-waktu tertentu akan ada secret deal yang menawarkan paket perjalanan atau tiket perjalanan yang murah. Sangat murah.

Tak hanya berlaku untuk tiket dan paket perjalanan, ada beberapa booth aksesoris traveling juga yang memberlakukan promo serupa di jam-jam tertentu. Bayangkan Anda mendapatkan diskon 90 persen untuk koper hardcase merek ternama dalam waktu penjualan 15 menit, misalnya. Luar biasa, kan?. Ini sering terjadi di travel fair.

Tapi konsekuensinya, Anda harus meluangkan waktu yang agak panjang untuk mencoba peruntungan sebagai orang yang tepat di saat yang tepat.

Kunjungi booth maskapai penerbangan

Ilustrasi oleh Adinda Maya/Rappler.com.

Biasanya ajang travel fair yang skalanya cukup besar akan membagi area eksibisinya secara spesifik. Maskapai penerbangan atau kapal pesiar atau moda transportasi akan bergabung di satu area. Area lain dihuni banyak biro perjalanan, penyedia aksesoris perjalanan dan pameran instansi pariwisata daerah/negara tertentu.

Saya sangat menyarankan Anda mengunjungi booth maskapai penerbangan. Di sana, Anda bisa menikmati banyak pengalaman menarik. Anda bisa merasakan duduk di first class atau mencicipi makanan fine dining. Ada beberapa experience menarik lainnya yang juga biasanya disuguhkan maskapai-maskapai ini.

Di Garuda Travel Fair 2016 ini misalnya, pengunjung bisa menikmati digital experience dan merasakan sensasi duduk di Super Diamond Seat secara virtual.

Jangan lupa untuk mencatatkan nama Anda di buku tamu booth maskapai. Ini bermanfaat untuk rencana perjalanan Anda di masa depan. Data Anda akan terekam dan biasanya akan mendapatkan newsletter tentang penawaran terbaik mereka.

Saya sendiri sudah menyiapkan satu alamat email khusus untuk mendaftarkan diri di banyak newsletter maskapai penerbangan. Dengan begitu, saat ada penawaran terbaik, saya akan menjadi bagian dari orang-orang yang mengetahuinya lebih dulu.

Nah, semoga dengan beberapa tips ini, Anda bisa mendapatkan bekal terbaik sebelum berburu tiket atau paket perjalanan di ajang travel fair nanti.

Good luck!.-Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.