Presiden Kolombia Juan Manuel Santos raih Nobel Perdamaian 2016

Rappler.com
Presiden Kolombia Juan Manuel Santos raih Nobel Perdamaian 2016
Penghargaan tersebut diberikan berkat upaya Presiden Santos untuk menghentikan perang sipil yang telah berlangsung di Kolombia selama lebih dari 50 tahun

JAKARTA, Indonesia — Komite Nobel telah memutuskan untuk memberikan penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2016 kepada Presiden Kolombia Juan Manuel Santos di Oslo, Norwegia, pada Jumat, 7 Oktober.

Penghargaan tersebut diberikan berkat upaya Presiden Santos untuk menghentikan perang sipil yang telah berlangsung di Kolombia selama lebih dari 50 tahun, menewaskan 220.000 jiwa, serta membuat lebih dari 6 juta orang mengungsi.

“Penghargaan ini juga dapat dilihat sebagai tribut untuk masyarakat Kolombia yang, walaupun dalam kondisi berat dan di bawah tekanan, tidak pernah menyerah pada perdamaian,” demikian tertulis dalam pernyataan persnya.

Presiden Santos merupakan Presiden Kolombia ke-32 yang menjabat sejak 2010. Sebelum menjadi presiden, Santos bekerja sebagai Menteri Pertahanan pada 2006 hingga 2009, Menteri Keuangan dan Kredit Publik pada 2000 hingga 2002, serta menjabat sebagai Menteri Perdagangan Luar Negeri sejak 1991 hingga 1994. —Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.