Berita hari ini: Minggu, 9 Oktober 2016

Rappler.com
Berita hari ini: Minggu, 9 Oktober 2016
Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 9 Oktober 2016

Ayam panggang Padang dan kue tart jadi kado ulang tahun Jessica

Hari ini terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Solihin, Jessica Kumala Wongso, merayakan ulang tahunnya yang ke-28 di Rumah Tahanan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Ibu Jessica, Imelda Wongso, datang menjenguk sekaligus merayakan ulang tahun putrinya itu. “Saya tadi bawakan Ayam Bakar Padang, itu kesukaanya dia,” kata Imelda usai kunjungan, Minggu 9 Oktober 2016.

Perayaan ulang tahun Jessica, Imelda melanjutkan, berlangsung sederhana. Tak ada perayaan khusus. Hanya ada pembacaan doa. “Harapannya semoga Jessica bisa segera bebas,” kata Imelda dengan kepala tertunduk.

Imelda datang bersama satu anggota tim kuasa hukum Jessica, Hidayat Bostam. Puluhan simpatisan pendukung Jessica juga ikut berkunjung. “Ada yang bawa kue tart,” kata Bostam. Baca berita selengkapnya di Tempo.

Kasus mirip Dimas Kanjeng di Janeponto, 800 orang jadi korban

 Dimas Kanjeng Taat Pribadi digiring petugas usai melakukan rekontruksi di padepokannya Desa Wangkal, Gading, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (3/10). Foto oleh Umarul Faruq/ANTARA.

Kasus serupa Dimas Kanjeng Taat Pribadi kembali ditemukan di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam kasus ini, pelaku menggunakan yayasan untuk menjaring uang para korban.

Kasus “penggandaan” uang ini diduga dilakukan Yayasan Anak Bangsa yang dikelola Nurhayati Karaeng Tene (52) dan Samdirman ]Siriwa (44). Nurhayati berperan sebagai Ketua Yayasan Anak Bangsa Provinsi Sulawesi Selatan dan Samdirman ketua cabang Kabupaten Janeponto. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka.   

“Saya memprediksikan korban yang melapor akan terus bertambah nantinya. Karena diketahui sepak terjang Yayasan Anak Bangsa sejak tahun 2013 di Kabupaten Jeneponto,” kata Kapolres Jeneponto AKBP Joko Sumarno, Minggu 9 Oktober 2016.

Pada Kamis 6 Oktober lalu korban yang melapor baru berjumlah 72 orang. Namun jumlah ini meningkat menjadi 800 orang pada Sabtu, 8 Oktober. Baca berita selengkapnya di Liputan6.

Kapolres Padang selidiki dugaan anggota DPRD pemakai sabu

Sejumlah anggota Satpol PP mengikuti tes urine saat dilakukan tes urine mendadak di Balaikota Koesomo Wicitra, Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (19/9). Foto oleh Irfan Anshori/ANTARA.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Rudy Yulianto mengatakan pihaknya akan mengklarifikasi dua pria mirip anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman yang diduga sedang menghisap sabu.

“Dua orang yang ada di gambar video itu akan kita klarifikasi, konteks klarifikasi bisa dipanggil atau kita datangi,” ujar Rudy Yulianto pada Sabtu malam, 8 Oktober 2016.

Rekaman dua pria sedang menghisap sabu beredar di media sosial setelah seseorang dengan nama akun Marsya Agustien mengunggah rekaman tersebut ke laman Facebooknya.   

“Apa pendapat anda tentang video 2 oknum DPRD Kabupaten di Sumbar sedang mengonsumsi narkoba jenis sabu,” demikian tulis Marsya Agustien dalam postingan tersebut.

Postingan yang diunggah pada 7 Oktober 2016 itu kini telah dilihat 2,9 juta kali dan telah disebar 7,600 kali. Baca berita selengkapnya di Detik.

Enam santri tewas di Bengawan Solo dipulangkan

Tim SAR menyisir perairan Bengawan Solo untuk mencari korban perahu tambang yang terbalik, di kawasan Ponpes Langitan, di Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur, Sabtu (8/10). Foto oleh Aguk Sudarmojo/ANTARA.

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf mengatakan enam jenazah santri Pondok Pesantren Langitan yang tenggelam di Perairan Bengawan Solo di daerah Lamongan, Jawa Timur, sudah dipulangkan. 

“Sejak pukul 00.30 pagi ini sudah dipulangkan,” kata Syaifullah Yusuf pada Minggu, 9 Oktober 2016.

Kelima korban tewas yang telah dipulangkan yaitu Abdullah Umar (15), M. Barikli Amri (12), M. Lujaini Dani (13), Muksin (16), dan M. Afiq Fadhil (19).

Sementara jenazah Rizki Nur Habib (15) baruakan dipulangkan siang ini atau paling lambat besok. Sebab Rizki berasal dari Deli Serdang, Sumatera Utara, sehingga memerlukan proses administrasi yang lebih lama. 

Sampai saat ini Tim SAR gabungan masih terus mencari keberadaan M. Arif Mabruri (18). Remaja asal Bojonegoro itu sampai saat ini belum ditemukan. Baca berita selengkapnya di Tempo.

Mall Cipinang Indah terbakar

Petugas berusaha memadamkan api yang melalap Gedung Dirjen Pajak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/2015).

Kebakaran terjadi di tempat perbelanjaan Mall Cipinang Indah di Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu malam. Empat orang dilarikan ke rumah sakit.

Api mulai terlihat dari lantai 1 pada sekitar pukul 00.00 wib dan langsung menyebar. Petugas pemadam kebakaran baru bisa memadamkan api tiga jam kemudian.

“Total ada 25 unit mobil pemadam kita kerahkan,” ujar Kasie Ops Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, pada Minggu, 9 Oktober 2016.

Gatot mengatakan kejadian ini menyebabkan 3 petugas pemadam dan 1 orang petugas keamanan pingsan. Tiga orang dilarikan ke RS Harum dan 1 orang mengalami luka cukup serius dilarikan ke RSCM.

Belum diketahui apa penyebab kebakaran ini dan berapa total kerugian yang diderita. Baca berita selengkapnya di Detik.

–Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.