DPD: Mohammad Saleh gantikan Irman Gusman

Rappler.com
DPD: Mohammad Saleh gantikan Irman Gusman
Ketua DPD ditentukan malam ini

JAKARTA, Indonesia – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Bengkulu  Mohammad Saleh terpilih sebagai Ketua DPD menggantikan Irman Gusman. Ia mengalahkan Farouk Muhammad dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas. 

Mohammad Saleh terpilih setelah mengantongi 61 suara. Sementara Gusti Kanjeng Ratu Hemas meraih 31 suara dan Farouk 23 suara. Adapun satu suara dianggap tidak sah. Dengan hasil ini Hemas menjadi wakil ketua I dan Farouk wakil ketua II. 

“Ini tentu amanah yang berat bagi saya,” kata Mohammad Saleh sesaat setelah pemilihan di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016.

Mohammad Saleh akan mengisi kursi yang ditinggalkan Irman Gusman sebagai Ketua DPD. Seperti diketahui, DPD mencopot Irman Gusman dari jabatannya sebagai Ketua pada 5 Oktober lalu. Pencopotan ini terkait dengan kasus pengaturan kuota impor gula yang diduga melibatkan Irman Gusman.

Irman dicokok penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi pada 17 September. Hanya beberapa jam setelah penangkapan, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Irman sebagai tersangka. Status tersangka inilah yang menjadi dasar bagi DPD untuk mencopot Irman dari jabatan Ketua DPD.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.