Bangtan Boys, boy band Korea yang paling banyak dibicarakan di Twitter

Rappler.com
Bangtan Boys, boy band Korea yang paling banyak dibicarakan di Twitter
Diikuti oleh EXO-K, Seventeen, Ikon, NCT dan GOT7

JAKARTA, Indonesia – Beberapa tahun bekakangan, fenomena K-Pop di Indonesia semakin merebak. Semakin hari semakin banyak penggemar K-Pop yang muncul. Pembicaraan soal K-Pop pun belum mereda, termasuk yang terjadi di ranah platform media sosial Twitter.

Menurut data riset Twitter di tahun 2015, sebanyak 30 persen pengguna di Indonesia mencari pilihan musik atau menemukan lagu-lagu baru K-Pop di Twitter.

Dalam proses penarikan data percakapan dari pengguna Twitter yang dirangkum selama sepuluh bulan terakhir, tercatat Bangtan Boys (BTS) menjuarai posisi puncak sebagai boy band K-Pop yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Enam boy band Korea ini memuncaki peringkat boy band yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Hasil ini didapat dari rangkuman percakapan pengguna Twitter selama sepuluh bulan terakhir. Infografis oleh Adinda Maya/Rappler.com.

Menyusul BTS, ada EXO-K di posisi kedua, Seventeen (posisi ketiga), Ikon (posisi keempat), NCT (posisi kelima) dan GOT7 (posisi keenam).

Dari data ini bisa dibuktikan bahwa status BTS sebagai pendatang baru tidak menghalangi mereka untuk bersaing dengan para boy band senior yang sudah terlebih dahulu meniti karier.

Banyak penggemar BTS yang ternyata menunjukkan minat mereka yang tinggi dengan mencari informasi seputar idola mereka lewat Twitter. Begitu pula halnya dengan EXO-K.

Selama satu bulan terakhir saja, setidaknya ada sebelas juta mention yang menyebutkan masing-masing akun BTS (@BTS_twt) dan EXO-K (@smtownexok) secara global.

Dan seperti halnya fenomena boy band Korea, masing-masing grup pasti memiliki personel andalan yang lebih diminati penggemar.

Berdasarkan data Twitter, tiga anggota BTS yang paling banyak dibicarakan adalah V, Jungkook dan Jimin.

Sementara untuk EXO-K ada Chanyeol, Baek Hyun dan Kai.

Selain BTS, boy band EXO-K juga menjadi salah satu boy band yang paling banyak dibicarakan di twitter. Foto dari akun twitter @smtownexok.

Tak hanya itu, Twitter pun menelusuri fakta bahwa dari semua topik pembicaraan penggemar BTS dan EXO-K di Twitter, topik seputar peluncuran lagu, video klip baru atau perayaan ulang tahun salah satu personel menjadi topik yang paling diminati penggemar.

Salah satu keunggulan media sosial, termasuk Twitter adalah untuk mendekatkan idola dengan penggemar mereka. Akan semakin banyak kesempatan untuk berkomunikasi bagi para penggemar dengan idolanya.-Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.