Rumah pengurus Golkar Papua dibom

Banjir Ambarita
Rumah pengurus Golkar Papua dibom
Pengeboman diduga terkait dengan Pilkada yang akan digelar di Jayapura.

 

JAYAPURA, Indonesia – Rumah kediaman Pelaksana Tugas Sekretaris Umum Partai Golkar Provinsi Papua Martinus Anton Werimon dibom orang tak dikenal pada Kamis, 13 Oktober 2016.

Akibat ledakan tersebut, rumah yang berlokasi di Komplek BTN Skyline Kotaraja, Jayapura, mengalami kerusakan di bagian pagar, lantai, atap seng, serta kaca belakang.

Satu unit mobil Toyota Avanza Veloz yang sedang diparkir di dekat rumah juga mengalami retak pada bagian kaca. “Ini merupakan teror nyata dan keamanan saya terancam,” kata Werimon beberapa saat setelah kejadian. 

Werimon menduga teror bom yang ditujukan kepadanya terkait dengan Pilkada Kota Kayapura yang kini sedang berlangsung. “Ini pasti berkaitan dengan tahapan Pilkada Walikota dan wawalikota Jayapura,” katanya. 

Sebab, sehari sebelum ledakan, dirinya menghadiri sidang penetapan bakal calon walikota dan wakil walikota Jayapura di Kantor Panwaslu Kota Jayapura. “Saat itu saya sudah terima ancaman lisan dengan kata akan dicari dan dibunuh.”  

Meski mendapat ancaman, Martinus tetap beraktivitas dengan menggelar rapat partai. “Saat pulang ke rumah, saya langsung istirahat, nah sementara tidur anak saya memanggil karena mendengar suara ledakan,” tuturnya. 

Saat keluar rumah, ia langsung tercium bau belerang. “Setelah saya cek, ternyata pagar, lantai rumah, atap seng sudah berlubang. Bahkan kaca mobil belakang mobil retak,” Martinus melanjutkan. 

Kapolresta Jayapura AKBP Tober Sirait mengatakan pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi serta melakukan olah TKP. “Kediaman korban sementara di beri garis polisi,” kata AKBP Tober. 

Tober mengaku belum mengetahui motif pelaku karena pelakunya masih dicari. Dari keterangan beberapa saksi, ada 2 orang melintas dari lokasi kejadian dengan sepeda motor. “Ada orang melintas pelan-pelan di depan rumah korban, lalu tidak berapa lama terdengar suara ledakan dan motor itu kemudian melaju kencang,” kata Tober. 

Beberapa barang bukti yang telah diamankan yaitu potongan-potongan plastik berwarna biru yang bagian ujungnya hangus terbakar, plastik bening berbau belerang, serta bekas lelehan besi. — Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.