Berantas pungli, Kemenkopolhukam bentuk satgas khusus

Rappler.com
Berantas pungli, Kemenkopolhukam bentuk satgas khusus
Satgas khusus yang diberi nama saber pungli akan beroperasi secara resmi pekan depan

JAKARTA, Indonesia – Pasca operasi tangkap tangan pungli di Kementerian Perhubungan, Presiden Joko “Jokowi” Widodo semakin bertekad untuk memberantas praktik tersebut hingga ke akarnya. Oleh sebab itu, Jokowi meminta Kemenpolhukam untuk membentuk satuan tugas khusus agar menghilangkan praktik pungli.

Menkopolhukam, Wiranto menyebut institusinya akan memberi nama resmi satgas itu saber pungli atau sapu bersih pungli.

“Presiden mengharapkan pungli bisa disapu bersih dari kehidupan bangsa yang lagi membangun. Oleh karena itu, nama resminya adalah saber pungli, bukan pemberantasan atau penanggulangan tapi sapu bersih pungli,” ujar Wiranto yang ditemui di Istana Kepresidenan pada Rabu, 12 Oktober.

Dia menyebut pungli tidak sepatutnya diberikan tempat di Indonesia, sehingga masyarakat dapat menikmati hak-haknya dan terlindungi dari berbagai upaya pelanggaran hukum yang merugikan mereka.

“Diprediksi satgas akan rampung dalam satu minggu dan mulai beroperasi secara resmi,” tutur politisi dari Partai Hanura itu.

Dalam hal struktural, Wiranto menjelaskan Kemenkopolhukam akan bertindak sebagai penanggung jawab operasi. Pada praktiknya, kementerian dan lembaga lain yang mempunyai kaitan dengan tindak pelanggaran itu juga akan dilibatkan.

“Penggerak utamanya tetap dari Polri,” kata dia lagi.

Selain itu, satgas saber pungli juga akan membuka pengaduan masyarakat secara online sehingga bisa langsung ditangani. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.