Berantas pungli, KPK siap pasok informasi ke Polri

Rappler.com
Berantas pungli, KPK siap pasok informasi ke Polri
Maraknya pungli karena lemahnya pengawasan internal.

JAKARTA, Indonesia – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif mengatakan pihaknya siap menyuplai infomasi tambahan kepada Polri untuk memberantas praktik-praktik pungutan liar alias pungli.

“KPK berharap bahwa kejadian (di Kementerian Perhubungan) tidak terulang lagi di kementerian dan lembaga lain. Jika terjadi akan berurusan dengan satgas yang dibentuk di Polri,” kata Laode di Jakarta, Kamis 13 Oktober 2016.

Menurut Laode maraknya praktik pungli karena lemahnya pengawasan internal yang dilakukan kementerian. Sehingga terkesan terjadi pembiaran terhadap praktik-praktik pungutan liar.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Mabes Polri menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di kantor Kementrian Perhubungan pada Selasa, 11 Oktober 2016.

Operasi tangkap tangan yang dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan itu berhasil mengungkap praktik pungli di lantai 6 dan 12 Gedung Kementerian Perhubungan.

Total uang tunai hasil pungli yang berhasil dikumpulkan hari itu mencapai Rp 61 juta. Polisi juga berhasil mengamankan rekening tabungan sebesar Rp 1 miliar.

“OTT dilakukan di lantai 5 dan 6. Dari situ kami kembangkan ada aliran dana ke lantai 12 di ruangan kasie dan kasubdit dirjen perhubungan laut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono. –dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.