Indonesia

Dikepung ribuan orang, Ahok serahkan pengamanan kepada polisi

Rappler.com
Dikepung ribuan orang, Ahok serahkan pengamanan kepada polisi
Sekitar lima ribu pengunjuk rasa akan menggeruduk Balai Kota DKI pada Jumat siang ini.

JAKARTA, Indonesia – Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama tetap bekerja seperti biasa di Balai Kota meskipun ribuan orang akan berunjuk rasa menentangnya hari ini.

Ahok bahkan mengatakan dirinya tidak meminta pengamanan khusus kepada kepolisian. “Kami serahkan kepada kepolisian untuk pengamanannya,” kata Ahok di Balai Kota, Jumat 14 Oktober 2016.

Saat ini sebanyak lima ribu orang yang tergabung dalam Gerakan Muslim Jakarta turun ke jalan untuk memprotes pernyataan Ahok tentang Surat Al Maidah ayat 51.

Pernyataan tersebut disampaikan Ahok saat berkunjung ke Kepulauan Seribu pada 27 September. Saat itu ia berkata, “Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa saja dalam hati kecil Bapak Ibu enggak bisa pilih saya. Dibohongin pakai Surat Al Maidah 5.”

Ucapan Ahok ini ternyata direkam dan cuplikan rekaman tersebut diunggah ke media sosial. Rekaman inilah yang kemudian membuat heboh. Banyak yang menganggapnya menghina ayat suci. Ada pula yang melaporkannya ke kepolisian. 

Ahok sendiri sudah meminta maaf. Namun sepertinya maaf saja tidak cukup. Ribuan orang siang ini bergerak ke Balai Kota untuk menyuarakan kekecewaan mereka terhadap ucapan Ahok tersebut.

Ahok belum mengetahui apakah nantinya akan ada mediasi dengan perwakilan massa atau tidak. “Nanti saja kami lihat dulu situasinya seperti apa. Kalau memungkinkan, ya mungkin bisa,” ujar Ahok.

Meskipun tidak meminta pengamanan secara khusus, namun Kepolisian tetap menempatkan ratusan personel mereka di Balai Kota. Kawat berduri dan beberapa barracuda juga sudah disiagakan. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.