Latihan Kedua MotoGP: Lorenzo tercepat, Pedrosa cedera di Sirkuit Motegi

Patty Pasion
Latihan Kedua MotoGP: Lorenzo tercepat, Pedrosa cedera di Sirkuit Motegi
Dani Pedrosa mengalami cedera tulang selangka.

 

JAKARTA, Indonesia – Juara dunia dari tim Movistar Yamaha Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat dalam latihan kedua yang berlangsung di Sirkuit Motegi,  Jepang, Jumat 14 Oktober 2016.

Lorenzo mencatatkan waktu 1 menit 45.151 detik, lebih cepat 0,053 detik dari joki Ducati Andrea Dovizioso yang berada di tempat kedua. Tempat ketiga diisi Maverick Vinales dari Suzuki dengan waktu 1 menit 45.248 detik.

“Motorku bekerja dengan baik dan aku dalam kondisi yang baik, jadi aku sangat termotivasi untuk menjadikan ini balapan yang baik,” ujar Lorenzo pada Jumat, 14 Oktober.

Adapun jagoan Tim Repsol Honda Marc Marquez hanya menempati peringkat keempat dengan catatan waktu 1 menit 45.303 detik. Marquez sempat terjatuh. Beruntung ia masih bisa menembus urutan keempat.

Setidaknya catatan Marquez lebih bagus dari The Doctor alias Valentino Rossi yang hanya finish di peringkat ketujuh dengan waktu 1 menit 45.532 detik. “Sore ini menjadi latihan yang sulit karena kami mencoba ban tipe keras,” ujar Rossi.

Namun nasib Rossi tidak lebih sial dari Dani Pedrosa. Pembalap Repsol Honda ini mengalami crash dengan Eugene Laverty dari tim Aspar hingga terjatuh cukup keras dari motornya. Akibat insiden ini, tulang selangka Pedrosa patah.

Laverty langsung dilarikan ke rumah sakit setempat sementara Pedrosa dipulangkan ke Spanyol untuk menjalani perawatan. Pedrosa akan digantikan oleh test rider Hiroshi Aoyama, kata ofisial tim.

“Aku sedang berada dalam out-lap dari putaran terakhirku ketika sejenak aku kehilangan kendali ban belakang memasuki tikungan 11, dan ketika ban-nya kembali, itu melontarkanku ke udara,” kata Pedrosa. Ia akan menjalani operasi di Barcelona pada Sabtu ini.

Menghitung peluang Marquez

Marc Marquez akan memperbesar peluang mengamankan gelar musim ini jika ia berhasil meraih podium pertama di Jepang pada hari Minggu, 16 Oktober.

Sebab kemenangan di Motegi akan membuat koleksi poin Marquez menjadi 273. Sementara jika Rossi finish di urutan kedua, total poinnya akan menjadi 216 poin. Selisih poin keduanya menjadi 57 poin.

Sementara musim ini hanya tinggal menyisakan tiga balapan lagi. Artinya, tambahan poin maksimal yang bisa diraih Rossi hanya 75 poin. Peluang Rossi meraih gelar musim ini akan semakin kecil jika ia finish di urutan ketiga atau bahkan keempat. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Patty Pasion

Patty leads the Rappler+ membership program. She used to be a Rappler multimedia reporter who covered politics, labor, and development issues of vulnerable sectors.