FIFA minta Kongres PSSI digelar 10 November

Rappler.com
Pro kontra terkait lokasi Kongres PSSI selesai sudah. Begitu juga tanggal pelaksanaan kongres setelah FIFA turun tangan.

KONGRES PSSI. Jumpa pers pengumuman hasil verifikasi nama-nama calon Ketua Umum, Wakil dan anggota Exco PSSI oleh KP PSSI, Sabtu 10 September. Foto: Akun Twitter resmi PSSI.

JAKARTA, Indonesia – Sebuah surat elektronik (e-mail) masuk ke alamat milik Deputi IV Kemenpora Gatot S Dewa Broto. Pengirimnya adalah Sekjen FIFA, Fatma Samoura. Di dalam attachment-nya, ada gambar sebuah surat bernomor SG/Ini. 

Surat tersebut adalah balasan dari pertanyaan sekaligus pemberitahuan dari PSSI perihal kongres. Dalam isi surat tersebut, diumumkan bahwa FIFA menyetujui adanya perubahan venue Kongres, dari Makassar menjadi Jakarta.

Perubahan dilakukan setelah otoritas sepak bola dunia itu menerima permohonan sekaligus pemberitahuan sebelumnya dari PSSI. Meski tak dijelaskan secara eksplisit, namun disebutkan perubahan venue itu dikarenakan permintaan dari Executive Committee PSSI.

Tak hanya venue, waktu pun berubah karena ada permintaan penundaan tersebut. 

“Pada konteks ini, kami telah menerima pemberitahuan dari PSSI. Bahwa Exco telah memutuskan untuk menunda kongres. Dari awalnya 17 Oktober, menjadi 10 November di ibu kota negara,” bunyi surat dari FIFA.

FIFA menjelaskan bahwa PSSI memiliki alasan terkait mengapa waktu kongres harus dimundurkan. Alasan itu dianggap cukup rasional untuk diterima, yakni pertimbangan tentang logistik Kongres.

‎Itu berarti, dalam surat dari PSSI kepada FIFA, yang dikirimkan Jumat, 14 Oktober dini hari, terungkap bahwa sebenarnya mereka dalam rapat Exco Kamis 13 Oktober malam di Kuningan, Jakarta, telah memastikan dan menyepakati pemunduran jadwal Kongres. 

Padahal, saat jumpa pers usai rapat Exco, Plt Ketum Hinca Panjaitan dan Sekjen Azwan Karim, tak menyinggung sedikit pun, perihal pemunduran jadwal kongres.

Penundaan ini dipastikan menjadi yang terakhir karena ditegaskan oleh FIFA, tak boleh ada lagi pergantian tanggal kongres biasa ini.

“Kami juga menganggap telah selesai, bahwa tidak ada lagi penundaan melebihi 10 November untuk pelaksanaan kongres biasa PSSI (2016) ,” bunyi paragraf lain di surat tersebut.

Sikap FIFA ini sudah final apabila terjadi hal yang tak diinginkan, sampai ada penundaan lagi, maka FIFA ‎biasanya akan bertindak keras, ujungnya bisa saja ada sanksi. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.