Indonesia

8 artis K-pop yang kembali dari wajib militer tahun ini

Rappler.com
8 artis K-pop yang kembali dari wajib militer tahun ini
Siapa saja idolamu yang akan kembali dari wajib militer tahun 2017 ini?

JAKARTA, Indonesia — Setiap pria di Korea Selatan diharuskan menjalani wajib militer (wamil) selama kurang lebih dua tahun. Tak terkecuali para idola, mereka terpaksa harus meninggalkan dunia hiburan untuk sementara waktu.

Setelah penantian yang terasa sangat lama, tahun 2017 ini, ada beberapa selebriti K-pop yang akan kembali dari wamil dan dapat kembali meniti karier di dunia hiburan. Siapa saja mereka?

Kim Hyun Joong

Penyanyi dan aktor Kim Hyun Joong akan kembali dari wamil pada bulan Februari. Anggota boyband SS501 ini memulai servisnya pada 12 Mei 2015 dan bertugas di daerah perbatasan di divisi ke-30 di Paju, Provinsi Gyeonggi.

Kembalinya ia dari wamil sepertinya akan menjadi perhatian, sebab kasus hukum Hyun Joong dengan mantan pacarnya masih bergulir di pengadilan.

Yunho “TVXQ”

Anggota boyband TVXQ, Yunho akan kembali ke kehidupannya sebagai masyarakat sipil pada April mendatang setelah memulai wamilnya pada 21 Juli 2015. Berada dalam militer tidak membuatnya berhenti bermusik. Ia merupakan anggota dari band militer dan mendapatkan penghargaan sebagai prajurit kelas khusus.

Setelah kembali dari wamil, banyak kegiatan yang telah menunggunya, seperti syuting untuk web drama I Order You, serta album spesial TVXQ Rise As God.

Eunhyuk dan Donghae “Super Junior”

Dua anggota Super Junior, Eunhyuk dan Lee Donghae akan kembali menghirup udara sebagai sipil tiga bulan setelah keluarnya Yunho. Eunhyuk yang bergabung dengan wamil pada 13 Oktober 2015 juga tergabung dalam grup band militer dan akan keluar pada 12 Juli.

Sementara Donghae yang wamil dua hari setelah Eunhyuk akan bebas wamil pada 14 Juli mendatang.

Changmin TVXQ dan Siwon “Super Junior”

Anggota TVXQ lainnya, Changmin, juga akan menyelesaikan wamilnya tahun ini. Bersama dengan anggota Super Junior Choi Siwon yang sama-sama memulai wamil pada 19 November 2015 lalu, Changmin akan kembali pada 18 Agustus.

Kembalinya Changmin akan menyempurnakan kembali formasi duo TVXQ.

Park Yoochun “JYJ”

Anggota JYY Park Yoochun juga akan menyelesaikan wamilnya pada bulan Agustus setelah bertugas sebagai petugas pelayanan publik di kantrok distrik Gangnam.

Lee Seung Gi

Aktor, penyanyi, dan presenter Lee Seung Gi juga akan kembali dari wamil tahun ini, tepatnya pada Oktober mendatang. Lee Seung Gi memulai wamilnya pada 1 Februari 2016 dan merilis lagu I’m Going to the Army untuk para penggemarnya. Saat ini ia bertugas sebagai angkatan khusus di Komando Khusus urusan Perang.

Di sisi lain, ada pula mereka yang akan memulai wamilnya tahun 2017 ini, antara lain anggota termuda Super Junior, Cho Kyuhyun dan anggota JYJ, Junsu.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.