Menjadi turis satu hari di Jakarta

Johana Purba
Menjadi turis satu hari di Jakarta

AFP

Berikut referensi wisata sehari penuh yang kami rancang untuk Anda yang memiliki waktu singkat di Jakarta

Ada begitu banyak tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi ketika Anda berwisata di Jakarta. Namun, jika Anda hanya memiliki waktu satu hari, ini tempat-tempat yang bisa bisa menjadi referensi. 

Disarankan untuk melakukan kegiatan di bawah ini pada hari Minggu, karena biasanya pada hari ini jalanan di Ibu Kota relatif lebih lengang sehingga Anda bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus. 

07:00 – 08:00: Car-Free Day. Anda tidak perlu ikut berolahraga. Cukup jalan-jalan santai dan menikmati pusat kota yang bebas polusi. Anda juga bisa menyaksikan acara-acara hiburan gratis, seperti pertunjukan musik atau bahkan tes kesehatan gratis. Selain itu, CFD adalah jendela sosial untuk Anda mengamati dan menikmati interaksi sosial masyarakat dari berbagai kalangan. 

08:00-10:00: Kelelahan setelah CFD? Nikmati sarapan Anda di Kedai Kopi Oey yang berlokasi di Jalan Sabang. Resto bercita rasa dan interior peranakan ini dimiliki oleh pakar kuliner Bondan Winarno. Kopi Oey menawarkan menu sarapan seperti bubur ayam dengan teh hangat, roti bakar Perancis, roti taloea ala Bukit Tinggi, dan tentunya aneka kopi. Nikmati sarapan sehat dengan suasana yang nyaman. Anda masih bisa ngobrol diiringi musik keroncongan yang merdu. 

10:00-11:00: Silakan mengarah ke Taman Suropati, Menteng, untuk ngadem dan melihat pertunjukan Taman Suropati Chamber (@TamSurChamber) Mereka adalah sekumpulan musisi yang berlatih di taman tersebut, membawakan lagu-lagu daerah. Tujuan mereka adalah melestarikan lagu-lagu daerah, dan tanpa disadari, ikut menghibur pengunjung taman suropati.

11:00-13:00: Menuju Petak Sembilan. Di kawasan Petak Sembilan alias Pecinan ini, Anda bisa mengunjungi sejumlah kuil, misalnya kelenteng Dharma Bhakti, Klenteng Tao Se Bio, atau Gereja Maria Fatima. Semuanya berada di kawasan yang sama. Layaknya kawasan pecinan, Anda bisa menemukan berbagai toko yang menjual sandang maupun pangan. Ada pula aneka rumah makan khas peranakan, baik halal maupun non-halal. Salah satu di antaranya adalah Mie Kangkung Petak Sembilan yang memiliki menu favorit bihun goreng, kangkung, dan laksa.

Turis lokal sedang berbelanja di kawasan Pecinan, Jakarta Barat. Banyak tujuan wisata yang dapat dikunjungi di daerah ini, mulai dari toko makanan hingga pakaian. Foto oleh Romeo Gacad/AFP

13:00-14:00: Lepas dari Petak Sembilan, mari menuju ke kawasan Pancoran Glodok dan mampir ke kedai kopi legendaris Tak Kie. Kedai kopi ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan menawarkan menu es kopi yang terkenal. Harganya jauh di bawah kedai kopi Amerika, namun bercita rasa orisinil. Kedai kopi Tak Kie belum buka cabang, dan tutup pukul 14:00. Jadi, sempatkan untuk ngopi di sini sebelum Anda berkeliling di tempat lain. 

14:00-15:00: Menara Syahbandar. Anda bisa melewatkan Museum Fatahillah karena lokasi ini terlalu ramai. Langsung saja menuju Menara Syahbandar di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Anda beruntung jika bisa naik ke atas menara pandang dan menyaksikan panorama ibu kota dari atas menara. Ini bisa menjadi pengalaman yang menggetarkan, apalagi sambil membayangkan masa-masa keemasan pelayaran jaman dahulu. 

15:00-16:00: Pelabuhan Sunda Kelapa masih tetap berdiri dan digunakan untuk pelabuhan bongkar muat komoditas dalam negeri. Awak kapalnya ramah. Mereka membuka kapalnya untuk tamu. Anda bisa naik dan melihat ke dalam kapal. Pelabuhan Sunda Kelapa kaya akan sejarah dan bisa menjadi objek foto yang apik untuk koleksi Anda.

Menikmati Minggu senja di Monas dengan bersepeda bersama keluarga. Foto oleh Romeo Gacad/AFP

16.00.17.00: Tugu Monumen Nasional (Monas). Enaknya menghabiskan senja di Monas. Pada Minggu sore, suasana di area Monas tidak terlalu ramai. Anda bisa duduk-duduk menikmati suasana sekitar sembari memandangi puncak Monas yang terbuat dari emas. Beristirahatlah sejenak sebelum Anda berkeliling Jakarta kembali.

17:00-18:30: Jika Anda mencari lokasi dinner with a view dan tidak ada masalah dengan uang, silakan kunjungi Skye di Grand Indonesia atau Gaia di Keraton, Plaza Indonesia. Makan malam di ketinggian dengan pemandangan kota Jakarta dapat menutup hari Minggu Anda. 

19:00-20:00: Anda masih belum lelah dan mau berpetualang? Coba “Night at the Museum”. Cari akses untuk berkunjung ke Museum Nasional, atau yang lebih dikenal sebagai Museum Gajah, di malam hari. Anda dapat menghubungi pengelola museum di (021) 3868171-72 atau sapa Twitter-nya di @museumnasional.

Selamat menjelajahi kota Jakarta. Have a nice weekend! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.