Basarnas pastikan ekor pesawat AirAsia QZ8501 telah ditemukan

Handoko Nikodemus
Basarnas pastikan ekor pesawat AirAsia QZ8501 telah ditemukan

EPA

Pencarian korban semakin sulit, Basarnas alihkan pencarian ke serpihan pesawat.

JAKARTA, Indonesia — Hasil pencarian tim gabungan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh memastikan bahwa ekor pesawat telah ditemukan. 

“Dapat saya pastikan bahwa ini adalah bagian dari ekor pesawat,” kata Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) FH Bambang Soelistyo dalam konferensi pers di kantor Basarnas, Jakarta, Rabu (7/1). 

Menurut Soelistyo, tim pencarian gabungan sudah menemukan total 12 objek sejak pencarian awal. Ekor pesawat tersebut ditemukan di sektor prioritas II. 

“Ada tulisan ‘Air’. Jadi kesimpulan saya, kita hari ini sukses mendapatkan bagian pesawat yang jadi sasaran pokok,” terang Soelistyo. 

“Oleh karena itu, bagian ekor sudah ditemukan dan posisinya di sektor prioritas tambahan ke-dua,” lanjutnya, seraya menambahkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan sejumlah objek lainnya yang telah ditemukan.

Menurut Soelistyo, tugas pokok Basarnas, sebagaimana diperintahkan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo adalah mencari korban. “Tapi dari hari ke hari, jumlah korban yang ditemukan semakin sedikit. Saya mengalihkan pencarian ke mencari objek di bawah laut,” ujar Soelistyo.  

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Rabu siang, saat ini sudah ada 40 jenazah yang ditemukan, 16 di antaranya sudah teridentifikasi. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.